Mr. Spirit Saut Sitompul, M.Si, CEM: Milikilah Komitmen Yang Benar Dalam Bekerja

JAKARTA, DNT News – Siapa kita? Profesional yang memiliki 3M: Mau (karakter mulia); Mampu (kompetensi unggul); Mengabdi (kontribusi tinggi). Komitmen adalah perjanjian (keterikatan) diri untuk melakukan suatu misi pekerjaan atau aktivitas tertentu.

Hal ini dikatakan Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM, Ethos Master dan Motivator Nasional, sebagai pesan etos terkait memiliki komitmen yang benar dalam bekerja. “Setiap orang pasti memiliki komitmen melakukan pekerjaan sesuai dengan nilai atau sesuatu yang berharga baginya,” katanya.

Disampaikannya, ada (tiga) model komitmen untuk melakukan pekerjaan. Pertama, Mencintai: seseorang memiliki komitmen untuk melakukan pekerjaan karena mencintai pekerjaannya. Kedua, Kewajiban: seseorang memiliki komitmen untuk melakukan pekerjaan karena menganggap pekerjaan sebagai kewajiban. Ketiga, Takut Kehilangan: seseorang berkomitmen melakukan pekerjaan karena takut kehilangan atau pemutusan hubungan pekerjaan.

“Marilah bijak memilih komitmen dalam melakukan pekerjaan. Hak kita untuk memilih satu dari ke-tiga komitmen di atas. Namun setiap komitmen yang kita pilih akan berpengaruh terhadap derajad kebahagiaan dalam bekerja,” ujarnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 146/Juli 2019
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 146/Juli 2019

Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM yang merupakan Ketua Dewan Pendiri “International Motivator Association Indonesia” (IMAS) ini menyampaikan bahwa ketika melakukan pekerjaan karena takut kehilangan pekerjaan, maka ketika bekerja cenderung mengalami rasa cemas. Kualitas pekerjaan bisa tak mencapai standar. Perasaan cemas akan mengurangi konsentrasi pikiran dalam bekerja.

Ketika melakukan pekerjaan karena kewajiban, maka akan terbatas melakukan inovasi (terobosan) untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa. Sebab orang tersebut hanya berpatokan pada ketentuan standar.

“Untuk itu kita harus sadari dan yakini bahwa pekerjaan, profesi, bisnis, jabatan, dan aktivitas mulia saat ini diberikan kepada kita karena wujud cinta dari Sang Pencipta kepada kita masing-masing. Oleh karena itu, marilah melakukan pekerjaan sepenuh komitmen karena kita mencintai pekerjaan tersebut,” tegasnya.


Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM, Pendiri dan Ketua “Arete Event Organizer” ini mengingatkan bahwa terdapat 5 (lima) kekuatan dari mencintai pekerjaan, profesi, bisnis, dan jabatan yakni Pertama, menghadirkan dan membuat proses pekerjaan sebagai ibadah kepada Sang Pencipta. Kedua, bahagia, senang, dan nikmat melakukan seluruh proses kerja. Ketiga, rela belajar dan sangat detail dalam menguasai pekerjaan itu. Keempat, proaktif melakukan inovasi/terobosan produk yang lebih bermutu dari sebelumnya. Kelima, dengan tulus dan rela berkorban memberikan kontribusi yang terbaik kepada perusahaan, mitra kerja, dan stakeholder perusahaan lainnya.

“Tetaplah berikan cinta untuk melakukan pekerjaan kecil, sedang, dan besar. Dengan demikian kita telah memuliakan Sang Pencipta melalui pekerjaan, profesi, jabatan, bisnis itu,” ucapnya.

“Selamat menyambut bulan Juli 2019 dengan berkarya penuh SOS (Semangat, Optimis, dan Sukacita). Salam Etos: BHB (Bigger, Higher, Better) Semakin Besar, Semakin Tinggi, dan Semakin Baik,” pungkasnya. (HT)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel