Mr. Spirit Saut Sitompul, MSi, CEM, Ethos Master dan Motivator Nasional: Berlatihlah Terus Membentuk Karakter Unggul Dalam Diri

JAKARTA, DNT News – Jika satu nilai perilaku yang  positif, bila sering dipikirkan, diucapkan, dan dilakukan akan terbentuk menjadi karakter positif atau unggul. Karakter berasal dari bahasa Yunani, Charassein artinya mengukir. Karakter bisa juga berarti “to mark” atau “menandai”.

Kutipan ini disampaikan Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM, Ethos Master dan Motivator Nasional, terkait “Berlatihlah Terus Membentuk Karakter Unggul Dalam Diri”. “Apakah yang diukir atau ditandai? Jawabnya: Otak, jiwa, dan pikiran manusia,” katanya.

Disampaikannya, cara mengukir otak, jiwa, dan pikiran manusia adalah dengan melakukan pembiasaan dan atau merespons sesuatu dengan nilai dasar yang sama. Misalnya dengan selalu positif.

Adanya orang berkarakter mulia-unggul atau buruk-lemah adalah karena berlaku hukum pembiasaan. “Apa yang sering diulang-ulang akan kuat, dan apa yang jarang diulang-ulang akan lemah atau lupa. Orang yang biasa di lingkungan positif dan menyikapi sesuatu selalu dengan positif akan terbentuk karakter mulia-positif, unggul dalam dirinya. Sebaliknya juga demikian,” ungkapnya.

Disarankannya, saat ini telah memiliki karakter. Jika karakter unggul itu adalah buah dari pembiasaan sejak kecil, maka harus dikenali dan disadari karakter masing-masing. Sebab karakter menentukan posisi karier, jabatan, pelayanan, dan cara mengelola bisnis atau komunitas.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU Edisi 132/Mei 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU Edisi 132/Mei 2018

Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM yang merupakan Ketua Dewan Pendiri “International Motivator Association Indonesia” (IMAS) ini mengajak agar terus memperkuat karakter mulia-unggul dalam diri dan lingkungan keluarga dengan cara. Pertama, memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar dimampukan untuk berperilaku suci atau mulia. Kedua, Visual dengan menyikapi hal positif yang dilihat. Ketiga, Auditori dengan memperkenalkan pesan positif dan menyikapi dengan positif setiap perkataan yang didengar. Keempat, melakukan perbuatan baik dan menyikapi positif setiap perbuatan yang dilihat. Kelima, menetapkan sistim diri yakni Do (anjuran menulis status yang bernilai positif) dan Don’ts (larangan mengobarkan postingan yang negatif).

“Janganlah kita menghindar terhadap masalah yang terjadi, tetapi marilah kita ubah menjadi peluang. Peluang apa? Peluang untuk berlatih tetap positif guna membentuk katakter unggul,” tegasnya.


Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM, Pendiri dan Ketua “Arete Event Organizer” ini menekankan sesuatu yang tak sampai membunuh adalah menguatkan dengan berlatih karakter mulia, positif, unggul, mengajarkan, dan menauladankan di lingkungan keluarga, perusahaan, komunitas, dan masyarakat umum.

“Selamat beraktivitas dan mari kita sambut bulan Mei 2018 ini dengan cara sehat yakni penuh SOS (Semangaaat, Optimis dan Sukacita). Salam Etos: Bigger, Higher, Better. Lebih Besar, Lebih Tinggi, dan Lebih Baik,” pungkasnya. (HT)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel