Mr. Spirit Saut Sitompul, MSi, CEM: Kiat Meningkatkan Karier Profesional

JAKARTA, DNT News – Kompetensi dapat menghantarkan seseorang ke puncak karier, tetapi untuk tetap bertahan ditentukan karakternya. Dalam realitas kehidupan, seorang karyawan di perusahaan, ada yang cepat melejit kariernya ke jenjang lebih tinggi namun ada juga yang melambat bahkan stagnan.

Hal ini dikatakan Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM, Ethos Master & Motivator Nasional, ketika berbincang dengan dalihannatolunews.com, terkait meningkatkan karier. “Ada berbagai pendekatan untuk meningkatkan karier. Pada dasarnya setiap kompetensi unggul dan karakter mulia merupakan jalan menuju pencapaian karier ke jenjang lebih tinggi,” katanya memberikan solusi.

Menurutnya, ada lima kiat yang merupakan sharing pengalaman pribadinya untuk meningkatkan karier dalam pekerjaan.

Pertama, Kompetensi merupakan kemampuan pengetahuan dan keterampilan seseorang dalam bidang pekerjaannya. Ketika seseorang tidak menguasai konsep dan tidak terampil melakukan pekerjaan, akhirnya tidak efisien dan hasilnya di bawah standar yang mengakibat kerugian bagi perusahaan.

Kedua, Disiplin merupakan ketaatan dan komitmen melakukan seluruh aturan, norma, perilaku budaya kerja, dan kebiasaan positif lainnya di perusahaan. Disiplin harus dijaga dalam kehadiran dengan datang sebelum waktu jam kerja dimulai dan pulang setelah selesai jam kerja.

Majalah Bulanan DALIHAN NA TOLU edisi 127/Desember 2017

Ketiga, Integritas merupkan keutuhan antara suara hati nurani dengan pikiran, perkataan, dan perbuatan. Orang jujur belum tentu memiliki integritas, tetapi orang yang memiliki integritas pasti orang jujur. Bekerjalah dengan penuh integritas dengan benar, baik ketika diawasi maupun tak diawasi atasannya. Bagi karyawan yang memiliki integritas, pemimpin tertinggi bukanlah manusia, tetapi Tuhan yang diyakininya.

Keempat, Prestasi merupakan hasil kerja yang dicapai seorang karyawan sama dengan  target yang ditetapkan perusahaan. Prestasi tinggi adalah hasil kerja yang melebihi target perusahaan. Prestasi menjadi sangat penting meningkatkan karier, karena perusahaan bukanlah lembaga sosial. Jadi keberlangsungan perusahaan tergantung dari produk dihasilkan karyawan dan merupakan inti dari proses bisnis.

Kelima, Human Relation merupakan hubungan tulus dan harmonis antara pimpinan dengan karyawan, karyawan dengan karyawan, karyawan dengan pelanggan dan stakeholder lainnya. Karena walau sudah memiliki keunggulan kompetensi, disiplin, integritas, dan prestasi kerja yang unggul ternyata belum cukup.

Pada akhir perbincangan Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM mengungkapkan fakta adanya karyawan memiliki kompetensi dan prestasi unggul tetapi mengalami kendala dalam karier. “Mengapa demikian? Karena human relation dengan atasan dan sesama karyawan kurang harmonis,” tegasnya.

Sementara di lain pihak, ada juga karyawan kompetensi dan prestasi biasa-biasa, tetapi karier terus meningkat. “Mengapa demikian? Karena mampu membangun hubungan yang jujur, tulus, dan penuh persahabatan dengan atasan, rekan kerja, dan para pelanggan,” pungkasnya. (Fantoro)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel