Mr. Spirit Saut Sitompul, MSi, CEM: Membangun Karakter Unggul Bangsa Sejak Anak Balita

JAKARTA, DNT News – Siapa kita? Profesional yang memiliki 3M: Mau (Karakter Mulia); Mampu (Kompetensi Unggul); Mengabdi (Kontribusi Tinggi). Pembentukan Katakter Unggul Bangsa adalah panggilan seluruh orang tua di rumah, para pendidik, pemimpin, dan seluruh masyarakat.

Kutipan ini disampaikan Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM, Ethos Master dan Motivator Nasional, terkait ”Membangun Karakter Unggul Bangsa Sejak Anak Balita”. “Tahun 2045 Indonesia genap 100 tahun. Diharapkan penduduk Indonesia usia produktif menjadi bonus demografi,” katanya.

Bonus demografi diartikannya setiap pribadi anak bangsa memiliki kompetensi unggul, karakter mulia, dan memberikan kinerja yang bermanfaat bagi kehidupan seluruh khalik (ciptaan). “Kita percaya hal ini akan terwujud, asal mau membina karakter anak atau cucu sejak saat ini sampai seterusnya secara berkelanjutan,” ujarnya.

Menurutnya, terdapat tiga cara terbaik untuk membangun karakter unggul bangsa.
Pertama, Auditori. Ucapkan kata-kata yang membuat anak-anak semangat. Misalnya: Nak, kamu anak yang bersemangat, pintar, hebat, pasti bisa, dan kata-kata positif lainnya. Selain itu ajarkanlah kepada anak-anak budaya persahabatan dengan sesama anak bangsa, apa pun latar belakangnya.

Kedua, Visual. Orang tua dan guru memperlihatkan perilaku positif agar ditauladani anak di rumah dan sekolah yakni perilaku jujur, disiplin, peduli, toleransi, kerja keras, dan perilaku mulia lainnya.

Ketiga, Kinestetik. Didik agar anak-anak di rumah dan sekolah berlatih perilaku positif, yakni melakukan perbuatan yang bermanfaat bagi sesama manusia dan lingkungan hidup.

“Apa pun status, pekerjaan, jabatan, marilah kita bersama-sama membangun karakter unggul anak bangsa ini melalui lingkungan rumah, sekolah, dan sosial lainnya,” terangnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 135/Agustus 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 135/Agustus 2018

Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM yang merupakan Ketua Dewan Pendiri “International Motivator Association Indonesia” (IMAS) ini berpesan, mengeluh tentang perilaku anak bukanlah solusi tetapi membimbingnya dengan menginternalisasi nilai-nilai yang positif adalah cara yang terbaik. Seperti kata orang bijak: “Pohon ketika kecil bisa dibentuk, ketika besar akan rapuh.”

“Sekali lagi mari kita bimbing anak-anak dengan nilai-nilai yang positif. Jadilah sahabat anak di rumah dan di sekolah. Anak lebih bijak dididik menjadi anak yang bersahabat dari pada anak penurut. Sebab anak penurut belum tentu anak yang bersahabat, tetapi anak yang bersahabat pasti memiliki komitmen melakukan kesepakatan bersama,” imbuhnya.


Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM, Pendiri dan Ketua “Arete Event Organizer” ini mengucapkan selamat membangun karakter bangsa di rumah, sekolah, dan lingkungan sosial lainnya. “Saya pun bersama tim akan terus memperkuat etos kerja para profesional di negeri ini. Doaku sukses untuk sahabat-sahabatku semua memberikan yang terbaik,” serunya.

“Marilah kita sambut bulan Agustus 2018 ini dengan beraktivitas secara sehat yakni penuh SOS. Semangat, Optimis, Sukacita, agar mengalir hormon endorphin dan dophamin. Salam Etos: Bigger, Higher, Better. Lebih Besar, Lebih Tinggi, dan Lebih Baik,” pungkasnya. (HT)

Komentar (1)

One Comment on “Mr. Spirit Saut Sitompul, MSi, CEM: Membangun Karakter Unggul Bangsa Sejak Anak Balita”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (1)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel