Mr. Spirit Saut Sitompul, MSi, CEM: Murah Hatilah Memaafkan Orang Berbuat Salah Kepada Anda

JAKARTA, DNT News – Siapa kita? Profesional yang memiliki 3M: Mau (Karakter Mulia); Mampu (Kompetensi Unggul); Mengabdi (Kontribusi Tinggi). Siapa kita? Pribadi yang berkarakter Pancasila. Apa Komitmen kita? Hidup berdampingan dengan damai dan rukun.

Kutipan ini disampaikan Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM, Ethos Master dan Motivator Nasional, terkait “Murah Hatilah Memaafkan Orang Berbuat Salah Kepada Anda”. “Ketika seseorang merasa dilecehkan orang lain, bagaimanakah sikap orang yang dilecehkan terhadap yang melecehkan?” katanya sambil bertanya.

Menurutnya, terdapat tiga pilihan sikap orang yang dilecehkan terhadap yang melecehkan. Pertama, membalas kembali untuk melecehkan orang yang melecehkannya. Kedua, bersedia memaafkan jika yang melecehkan minta maaf. Ketiga, rela memaafkan yang melecehkan tanpa harus minta maaf.

“Dari sisi karakter, jika seseorang memilih sikap 1 dan 2 berarti dia masih perlu berjuang naik kelas. Sebab pilihan 1 dan 2 merupakan kategori karakter lemah. Namun bagi yang memiliki karakter kuat akan memilih sikap 3, tanpa berpikir panjang untuk memaafkan orang yang melecehkannya,” terangnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU Edisi 134/Juli 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU Edisi 134/Juli 2018

Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM yang merupakan Ketua Dewan Pendiri “International Motivator Association Indonesia” (IMAS) ini mengingatkan untuk terus berlatih meningkatkan “kecerdasan spiritual” (sifat Ilahi) dalam hidup agar memiliki karakter atau akhlak mulia.

“Jadilah pribadi yang murah hati dengan memiliki sifat memaafkan atau mengampuni orang yang berbuat salah kepada anda,” imbuhnya.

Dia pun mengakui, tidak dapat disangkal bahwa benar merupakan sikap yang tak lazim dari segi logika, orang yang salah dimaafkan tanpa minta maaf. Tetapi hal itu merupakan sikap yang benar dan mulia dari “kecerdasan spiritual” (rohaniah).

“Kita memaafkan orang yang salah tanpa minta maaf, bukan berarti melemahkan rohani dan jiwa. Namun sejati dan utamanya adalah untuk memuliakanNya yakni Tuhan Yang Maha Esa,” tegasnya.


Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM, Pendiri dan Ketua “Arete Event Organizer” ini mengajak untuk hidup tidak dengan akar kepahitan. Tetapi penuh damai dan persaudaraan sejati di mana pun bekerja dan beraktivitas.

“Mari kita bekerja dan menciptakan suasana nyaman dan teduh di lingkungan pekerjaan atau di mana pun menjalankan kegiatan kehidupan setiap hari. Selamat menyambut bulan Juli 2018 ini dan beraktivitas dengan cara sehat yakni penuh SOS. Semangat, Optimis, Sukacita. Salam Etos: Bigger, Higher, Better. Lebih Besar, Lebih Tinggi, dan Lebih Baik,” pungkasnya. (HT)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel