Mr. Spirit Saut Sitompul, MSi, CEM: Seorang Pemimpin Hendaklah Fokus Pada Solusi

JAKARTA, DNT News – Siapa kita? Profesional yang memiliki 3M: Mau (karakter mulia); Mampu (kompetensi unggul); Mengabdi (kontribusi tinggi). Radical Statement: “Saya Bahagia, Saya Kerja Keras, Saya Bisa, Saya Sukses”.

Hal ini dikatakan Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM, Ethos Master dan Motivator Nasional, terkait seorang pemimpin hendaklah fokus pada solusi. “Jadilah pemimpin yang fokus pada solusi dimana salah satu cirinya yakni ‘Pemimpin Sang Pemenang’ yang memiliki karakter moral baik dan karakter kinerja unggul,” katanya.

“Pemimpin Sang Pemenang mengandung arti yakni tidak hanya jujur dalam bekerja, tetapi harus menjadi pekerja keras yang tangguh,” sambungnya.

Dikatakannya, ciri pemimpin yang fokus pada masalah memiliki kebiasaan dengan mengeluhkan 7M yakni Man (anak buah), Material (bahan baku), Money (uang/modal), Machine (peralatan), Methods (metode kerja), Menutes (waktu kerja), dan Market (pasar/pelanggan).

“Sementara, ciri pemimpin berkarakter sang pemenang selalu fokus pada solusi. Selain itu dalam menyikapi masalah, dia selalu menerima dan mensyukuri, bijak dan waspada, positif dan konstruktif, serta gigih dan pantang mundur,” ungkapnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 141/Februari 2019
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 141/Februari 2019

Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM yang merupakan Ketua Dewan Pendiri “International Motivator Association Indonesia” (IMAS) ini mengajak agar fokus pada solusi dan jika ada masalah di perusahaan atau institusi segera mencari solusinya.

Disampaikannya, untuk memecahkan masalah terdapat lima langkah. Pertama, mengidentifikasi dan merumuskan masalah. Masalah adalah perbedaan antara rencana dengan realisasi yang didukung fakta. Misalnya: Rencana penjualan Rp 5M, Realisasi Rp 4M. Maka terdapat Deviasi Rp 1M. Rumusan masalahnya target penjualan tidak tercapai Rp 1M. Kedua, mencari sebab-sebab timbulnya masalah. Ketiga, mencari solusi atau alternatif pemecahan masalah. Keempat, memilih solusi terbaik dengan membandingkan aspek biaya, waktu, praktis, dan mutu. Kelima, menerapkan solusi terbaik yakni siapa melaksanakan, melakukan apa, dan kapan dilaksanakan.


Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM, Pendiri dan Ketua “Arete Event Organizer” ini mengingatkan bahwa apa pun masalah yang dihadapi harus menyikapinya dengan positif, optimis, dan menawarkan solusi terbaik.

“Masalahnya tidaklah penting. Namun sikap kita terhadap masalah itu adalah segala-galanya. Kita pasti bisa,” tegasnya.

“Selamat menyambut bulan Februari 2019 dengan SOS (Semangat, Optimis, dan Sukacita). Salam Etos: BHB (Bigger, Higher, Better) Semakin Besar, Semakin Tinggi, dan Semakin Baik,” pungkasnya. (HT)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel