MUKI (Majelis Umat Kristen Indonesia): Refleksi Awal Tahun 2019 Berkomitmen Mempertahankan dan Mengembangkan Eksistensi, Visi, dan Aksi

JAKARTA, DNT News – MUKI berkomitmen dalam mempertahankan dan mengembangkan EVA (eksistensi, visi, dan aksi) serta melanjutkan perjuangan dan pelayanan di bumi Indonesia. Selain mitra kerja dengan/bagi gereja dan jemaat, lembaga gerejawi, serta lembaga keumatan Kristen lainnya pada semua aras, MUKI adalah mitra kerja, bahkan mitra kritis, bagi/dengan pemerintah dan masyarakat umum lainnya.

Hal ini tertulis dalam Refleksi Awal Tahun 2019 MUKI dan ditanda-tangani Ketum Djasarmen Purba SH dan Sekjen Pdt Drs Zega Mawardi MTh yang disampaikan pada Syukuran Awal Tahun 2019 Keluarga Besar MUKI (Majelis Umat Kristen Indonesia), beberapa waktu lalu, di Hotel Bunga-bunga, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

“MUKI yang pada pendirian diketahui dan didukung sepenuhnya oleh ketujuh lembaga gerejawi aras nasional di DKI Jakarta, fokus dan pengarus utamaannya adalah di antaranya pada upaya pemberdayaan umat dan pengkaderan. MUKI berketetapan-hati (committed) untuk memperjuangkan hak-hak konstitusional umat Kristen di republik ini dalam kesetaraannya dengan umat agama lain,” katanya.

Syukuran Awal Tahun 2019 Keluarga Besar MUKI
Dari ki-ka: Anton Situmeang, Drs Jerry Rudolf Sirait, Laksda TNI (Purn) Drs Bonar Simangunsong MSc, dan Pdt Gomar Gultom MTh

Dalam refleksi tertulis itu ditegaskan bahwa tahun 2019 adalah Tahun Konsolidasi bagi MUKI yakni konsolidasi organisasi, ide dan program, jejaring, serta kerja-sama. Dalam kaitan dengan konsolidasi organisasi, Ketum menyebutkan bahwa MUKI sudah ada berada di 31 provinsi dan di 210 kabupaten/kota.

“Mudah-mudah dalam tahun 2019 ini MUKI sudah ada berada di 34 provinsi dan minimal 25 persen plus 1 kabupaten/kota di semua provinsi, legitim (legitimasi sebagai perkumpulan berbadan hukum) dan aktif,” ujarnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 141/Februari 2019
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 141/Februari 2019

Dalam kaitan dengan konsolidasi jejaring, selain dengan pemerintah (pusat dan daerah) jejaring dan sinergitas ditumbuh-kembangkan dengan lembaga gerejawi. Sebagai misal, MUKI sudah diundang MPH-PGI menghadiri Sidang MPL termasuk menghadiri Sidang MPL-PGI yang dimulai tanggal 27 Januari 2019, di Bogor.

Sebagaimana disebutkan, MUKI adalah mitra kerja bagi/dengan gereja, jemaat (termasuk gereja yang berskala nasional yang berhimpun di PGI, PGPI, PGLII, serta gereja berskala  internasional. Seperti Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Bala Keselamatan, Persekutuan Gereja-gereja Baptis, dan Gereja Orthodox), lembaga gerejawi aras nasional, wilayah dan lokal (seperti PGI, PGPI, dan PGLII), dan lembaga keumatan lainnya (seperti GSKI/kesiswaan, GMKI/kemahasiswaan, GAMKI/kepemudaan, PWKI/kewanitaan, PIKI/inteligensi, MPK/sekolah, BK-PTKI/perguruan tinggi, PELKESI/pelayanan kesehatan, dan FORKRIST/partisipasi politik non partai. “MUKI adalah mitra kerja bagi semuanya, tetapi MUKI bukanlah super-body,” sebutnya.


Drs Jerry Rudolf Sirait anggota Pengawas MUKI mengatakan keseriusan MUKI dalam pelayanan tampak pada pelantikan Pengelola LBH MUKI (Lembaga Bantuan Hukum MUKI). Hal ini sangat tepat sekali sebab masalah hukum dan HAM amat mengemuka/menonjol saat ini. “Sering sekali dalam persoalan hukum dan politik di republik ini justru yang “kena ketapel” adalah gereja/jemaat dan warga jemaat yang sering tanpa diduga. Aneh tapi itu adalah fakta/kenyataan,” katanya.

Dia berharap lembaga yang dipimpin Theresia Purba ini dapat merealisasikan tugas dan tanggungjawabnya sebagai lembaga advokasi hukum (HAM) dan tanpa distorsi dan tidak terkontaminasi. Terlihat Sekjen ‘muka berseri-seri’ mendampingi Ketum sewaktu melantik Pengelola LBH-MUKI menandai optimisme MUKI atas berdirinya lembaga ini. Warga MUKI mengapresiasi DPP-MUKI atas berdirinya LBH-MUKI.

“Tidak itu saja, keseriusan MUKI tampak pula dengan sudah berdirinya Koperasi MUKI dan Cybermukifriends. Pada saat ini kami juga memperkenalkan website dan portal MUKI.OR.ID yang digunakan sebagai sarana informasi MUKI,” katanya. (BK)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel