Munas XI BMPS Tahun 2018: Ki H. Drs. Suparwanto, MBA, MM dan Romo Dr. Mbula Darmin Vinsensius, OFM Terpilih Sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal

TORAJA, DNT News – Salah satu tujuan Munas XI Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) dengan Ketua Panitia Dr Ir Adrianus Parenden MM yang digelar Selasa-Sabtu, 27 November 2018-01 Desember 2018, di Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan pemilihan pengurus baru yakni anggota Pengawas, Ketum dan Sekjen, serta fungsionaris BMPS Pusat pada masa bakti 2018-2023.

Setelah Panitia Nominasi melaporkan tugasnya dengan mengumumkan sejumlah tokoh pendidikan yang terjaring sebagai bakal calon, maka Sidang memeriksa “kepatutan dan legitimasi” para bakal calon satu persatu. Hasil yang diperoleh terdapat 3 (tiga) orang calon Ketum dan 5 (lima) orang calon Sekjen.

Calon Ketum adalah Drs Jerry Rudolf Sirait, Ki H Dr Saur Panjaitan, dan Ki H Drs Suparwanto MBA MM. Pada saat itu Jerry Rudolf Sirait dan Saur Panjaitan mengundurkan diri, tidak bersedia menjadi calon. Akhirnya secara aklamasi Munas menetapkan Ki H Suparwanto (petahana) sebagai Ketum.

Munas XI BMPS Tahun 2018 dipimpin 5 (lima) orang Majelis Sidang dan didampingi (terpisah) Sekretaris Persidangan Drs Jerry Rudolf Sirait
Para peserta Munas XI BMPS Tahun 2018 dengan serius dan tekun mengikuti setiap tahapan acara pemilihan pengus baru

Calon Sekjen adalah H Iwan Ruswandi SE MM, Drs Jerry Rudolf Sirait, Ki H Dr Saur Panjaitan, Dr Daniel Yusmic P FoEkh, dan Romo Dr Mbula Darmin Vinsensius OFM. Pimpinan Sidang atas sepengetahuan peserta Munas dan seikhlas yang bersangkutan, Jerry Rudolf Sirait dinyatakan tidak bisa lagi menjadi calon karena sudah 2 periode sebagai Sekum/Sekjen. Iwan Ruswandi (Wasekjen) dan Saur Panjaitan (Sekjen Tamansiswa) tidak bersedia.

Pimpinan Sidang Dr Ir Adrianus Parenden MM dan atas persetujuan Peserta Munas menganjurkan agar Romo Dr Mbula Darmin (MNPK/Katolik) dan Daniel Yusmic (MPK/Kristen) mengadakan musyawarah mufakat. Keduanya bersama Majelis Sidang dan Ketum Terpilih mengadakan pembicaraan secara tertutup.

Drs Jerry Rudolf Sirait (tengah) bersama Pdt Soleman Allolinggi STh MSi (Sekjen Gereja Toraja) dan Pdt D Sangka Pasisungan STh MSi (Ketua Majelis Pertimbangan Gereja Toraja)
Drs Jerry Rudolf Sirait dan Istri diabadikan setelah membacakan ikrar peserta Munas XI BMPS tahun 2018, di Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan

Berdasarkan hasil musyawarah mufakat, Pimpinan Sidang mengumumkan bahwa Daniel Yusmic memberi kesempatan kepada Romo Dr Mbula Darmin sebagai Sekjen. Setelah kesepakatan itu diumumkan kepada Peserta Munas maka secara aklamasih terpilihlah Sekjen Baru, Romo Dr Mbula Darmin Vinsensius OFM.

Selanjutnya Munas memilih dan menetapkan formatur yang terdiri dari perwakilan organisasi induk anggota BMPS Pusat (Tamansiswa, MPK/Kristen, MNPK/Katolik, Yayasan Kemala Bhayangkari, dan BKPP Patra), BMPS Provinsi (Tuan rumah, Indonesia Bagian Barat/Sumbar; Indonesia Bagian Tengah/Jawa Barat, Indonesia Bagian Timur/NTT), dan seorang Pengurus Demisioner/Sekjen. Formatur dipimpin oleh Ketum Terpilih sebagai Ketua Formatur dan Sekjen Terpilih sebagai Sekretaris Formatur. Hasil kerja Formatur sah dan mengikat sesuai ketentuan dalam tata tertib.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 139/Desember 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 139/Desember 2018

Rapat Formatur berlangsung dengan penuh persahabatan dan kekeluargaan. Formatur melaksanakan tugas dan tanggung-jawab berdasarkan AD/ART BMPS dan Tata Tertib Munas & Tata Tertib Pemilihan Pengawas dan Pengurus BMPS. Dua organ yakni Pengawas dan Pengurus dibicarakan dengan cermat.

Peserta berharap semua organisasi induk anggota BMPS Pusat yang aktif ada wakilnya di Kepengurusan BMPS Pusat. Pengawas dipercayakan kepada Drs Jerry Rudolf Sirait sebagai Ketua, dua wakilnya yakni Dr H Muhir Subagia MPd dan Drs H Achlan Husein, serta beberapa orang anggota.


Di hadapan peserta Munas, Majelis Sidang melantik dan mengukuhkan kepengurusan baru yakni Drs Jerry Rudolf Sirait (Ketua Pengawas); Ki H Drs Suparwanto MBA MM (Ketum Pengurus); dan Romo Dr Mbula Darmin Vinsensius OFM (Sekjen Pengurus).

Setelah mengakhiri rangkaian persidangan Munas, Majelis Sidang melalui Pimpinan Sidang mengembalikan Palu Sidang kepada Pengurus BMPS Pusat yang diterima Ketum Baru dan selanjutnya menutup Munas XI BMPS Tahun 2018 secara resmi.

Malam hari 30 November 2018 seusai Wisata Munas, Bupati Toraja Utara Dr Kalatiku Paimbonan bersama Ibu Ny Linda Paimbonan Sumilat MSi mengundang Peserta Munas, Pengurus Lama dan Baru, serta Panitia menghadiri jamuan makan malam di rumah dinas. Dalam jamuan makan malam yang amat familiar itu ikut juga Para Pandu Munas yakni 30 orang mahasiswa/i Universitas Kristen Indonesia Toraja (UKI Toraja). (AAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel