Munas XI BMPS Tahun 2018: Menghasilkan Keputusan Penting dan Strategis Menyongsong Tahun Emas Kemerdekaan Indonesia 2045

TORAJA, DNT News – Pengukuhan pembukaan Munas XI BMPS (Badan Musyawarah Perguruan Swasta) dilakukan Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Dr Nurdin Abdullah, Rabu 28 November 2018 pagi, di hadapan sekitar 5.000 orang, di Lapangan Bakti, Rantepao. Dia didamping Bupati Toraja Utara Dr Kalatiku Paembonan, Ketum dan Sekjen BMPS Pusat, Ketum dan Sekum Panitia, serta lainnya.

Pada pembukaan itu terlihat hadir Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintahan Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Tana Toraja, Sekjen Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja, alim ulama, tamu undangan dan warga masyarakat, penyelenggara dan pengelola Perguruan Swasta setempat, serta Pimpinan BPJS.

Persiapan dan kesiapan PanPel amat luar biasa yang terlihat dari rangkaian acara pada pengukuhan pembukaan. Banyak atraksi seni dan marching band yang “didedikasikan” untuk Munas oleh peserta didik Sekolah dan Madrasah Swasta di Toraja Utara. Begitu juga tarian massal yang dilakonkan berbagai komunitas, para guru, dan peserta didik di lingkungan BMPS.

Paduan suara massal yang terdiri dari peserta didik terpilih dari semua Sekolah/Madrasah Swasta se-Toraja Utara menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”, Hymne BMPS “Gema Cempaka Putih”, Mars BMPS “Cerdaskan Hidup Bangsa”, dan beberapa lagu daerah.

Gubernur Sulawesi Selatan Prof Dr Nurdin Abdullah hendak mengukuhkan Munas XI BMPS Pusat dengan memukul gong
Drs Jerry Rudolf Sirait tampil mengenakan pakaian khas Batak (puak Toba) pada pengukuhan pembukaan Munas XI BMPS

Para peserta upacara yang mengenakan pakaian khas/adat daerah masing-masing turut menciptakan keagungan acara. Hampir semua peserta Munas mengenakan pakaian khas/adat daerah. Itulah kekayaan dan kejayaan budaya etnis/suku di nusantara yang merupakan konstruksi budaya Indonesia.

Ketum BMPS Pusat mengenakan pakaian adat Toraja (tuan rumah) sementara Sekjen dan Ny Mutiara Sirait br Siregar mengenakan pakaian khas Batak (puak Toba). Bendum mengenakan pakaian khas Jawa Tengah dan suaminya Ir H Prananta Jaya Barus mengenakan pakaian khas Batak (puak Karo).

Diabadikan sebagian peserta Munas XI BMPS Pusat Tahun 2018 dengan penuh sukacita dan bahagia yang datang dari berbagai daerah
Drs Jerry Rudolf Sirait (Ketua Pengawas), Ki H Drs Suparwanto MBA MM (Ketua Umum), dan Romo Dr Mbula Darmin Vinsensius OFM (Sekretaris Jenderal)

Sebelumnya, pembukaan Persidangan Munas dilakukan pada malam hari, Selasa 27 November 2018, di Toraja Misiliana Hotel, di Rantepao. Persidangan dibuka Ketum BMPS Pusat Ki Drs H Suparwanto MBA MM didampingi Sekjen BMPS Pusat Drs Jerry Rudolf Sirait.

Dalam pembukaan persidangan juga tampak duduk di Meja Sidang yakni Dr Muhir Subagia MPd (Sekretaris Pengawas), Dr H Sugito MPd (Ketua), Drs H Achlan Husen (Ketua), H Iwan Ruswandi SE MM (Wasekjen), Drs H Wartono (Wasekjen), dan Hj Sri Enggarwati SE MBA (Plt Bendum).

Setelah perkenalan dan rool call yang dipimpin Ketum dan Sekjen, Munas dinyatakan memenuhi quorum dan sah mengambil keputusan. Munas XI BMPS Tahun 2018 mengambil tema “Pendidikan Nasional Membentuk Martabat dan Citra Bangsa”. Sub-tema “Tanggung-jawab dan Peranan Sekolah-sekolah/Madrasah-madrasah Swasta Menyongsong Tahun Emas Kemerdekaan Indonesia (2045)”.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 139/Desember 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 139/Desember 2018

Dalam Munas itu terdapat beberapa keputusan/ketetapan penting dan strategis. Pertama, Rencana Strategis (Renstra) BMPS. Kedua, GBPK & RAPB Tahun  2018-2023. Ketiga, Tema dan sub-tema 5 (lima) tahunan BMPS selama 2018-2023. Keempat, Pernyataan Sikap dan Rekomendasi Munas XI BMPS Tahun 2018. Kelima, Kajian tentang Regulasi dan Kebijakan Pemerintah yang “Menyulitkan “Sekolah/Madrasah Swasta”. Keenam, Struktur Organisasi dan Susunan Personalia  Pengawas dan Pengurus BMPS Pusat.

Selanjutnya, Ketujuh, Rancangan Penyempurnaan AD/ART BMPS yang dipercayakan Munas kepada Kepengurusan Baru untuk pengkajian lebih lanjut dengan crusial point penyempurnaan terkait BMPS berbadan hukum perkumpulan dan aspirasi BMPS Kabupaten/Kota agar memiliki hak suara di Munas BMPS. Kedelapan, Munas XII BMPS Tahun 2023 ditetapkan di Jakarta dengan BMPS Provinsi DKI Jakarta sebagai penyelenggara. (AAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel