Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing: Awali Tahun 2019 Kunjungi Gereja Tertua HKBP Pangaloan Pahae

PAHAE, DNT News – Mengawali tahun 2019 Ompu i Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing melakukan kunjungan pastoral, Minggu 06 Januari 2019, ke HKBP Pangaloan di Pahae Tapanuli Utara. Ephorus HKBP menyampaikan salam Selamat Natal dan Tahun Baru kepada seluruh jemaat dan pelayan HKBP yang berada di Distrik II Silindung ini.

Ompu i Ephorus HKBP didampingi Pendeta HKBP Ressort Jati Asih Pdt Jason Simanjuntak STh MM serta dua orang staf Pdt Alter Pernando Siahaan dan Samuel Sinambela. Mereka tiba sekitar pukul 09.45 WIB yang langsung disambut Pendeta HKBP Ressort Pangaloan Pdt Frans Jogi Sidabutar STh bersama para Sintua. Suasana keakraban tercipta dan membicarakan perkembangan gereja yang sedang dalam proses penyelesaian pembangunan.

HKBP Pangaloan merupakan induk dari Ressort Pangaloan yang terdiri dari 5 huria dengan jumlah jemaat sekitar 607 keluarga. Kelima huria itu adalah HKBP Pangaloan, HKBP Pagaran, HKBP Parikmatia, HKBP Sitoluama, dan HKBP Simarpinggan. Para jemaat dilayani Pdt Frans Jogi Sidabutat STh sebagai Pendeta Ressort, Biv Martalina Sihite SMis, dan Gr Roganda Sipahutar.

HKBP Pangaloan menjadi bukti sejarah kekristenan sebagai gereja tertua yang berdiri tahun 1862 bersamaan dengan HKBP Sigompulon Pahae Julu. Gereja ini berada tepat di bawah atau di lereng bukit barisan. Pada tahun 2011 gereja ini pernah diguncang gempa berkekuatan 5,5 SR sehingga mengalami kerusakan berat. Kerusakan akibat gempa saat itu juga terlihat pada pada jalan, rumah ibadah, rumah warga, sekolah, infrastruktur, dan kelumpuhan komunikasi.

Gereja HKBP Pangaloan di Pahae Tapanuli Utara berdiri tahun 1862

Sejak saat itu, gereja terus berbenah untuk membangun kembali fisiknya. Kini wajah gereja secara utuh telah terlihat megah dan indah, walaupun masih dalam tahap finishing. Sekitar 5 tahun sudah gereja ini terus membangun dan belum selesai. Satu hal yang patut disyukuri, jemaat sangat antusias dan tetap optimis dapat menyelesaikan pembangunan gereja ini.

Ibadah pukul 10.30 WIB diikuti seluruh jemaat dan pelayan HKBP Pangaloan. Ibadah dipimpin Ompu i Ephorus HKBP sebagai pengkotbah dengan liturgist diperankan Pdt Frans Jogi Sidabutar STh. Gr Roganda Sipahutar sebagai pembaca warta jemaat. Ephorus menyampaikan Firman yang dikutip dari Yakobus 4:13-17 dengan mengajak jemaat untuk menata kehidupan sesuai dengan Firman Tuhan.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 140/Januari 2019
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 140/Januari 2019

Dikatakannya, Tuhan menyapa jemaat dengan FirmaNya hari itu agar tetap percaya kepadaNya. Hendaknya tidak seorang pun seolah-olah mengetahui apa yang terjadi ke depan, padahal sama sekali tidak tahu apa yang akan terjadi dalam hidupnya. “Tuhanlah yang menentukan kehidupan kita. Bukan berarti tidak perlu ada rencana dalam hidup, tetapi kita mau menyampaikan rencana dan kerinduan kita kepada Tuhan. Karena Tuhan lah sumber berkat itu,” katanya.

“Bila Tuhan berkehendak, apapun akan terjadi. Sedangkan Tuhan Yesus saja berdoa. Dia mengajarkan kita untuk menyampaikan permintaan kepada Allah Bapa di dalam namaNya dengan pernyataan yang sangat jelas. Bukan kehendakku yang terjadi tetapi kehendakMu lah yang terjadi,sambungnya.


Ompu i Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing mengingatkan bahwa dalam menjalani kehidupan jangan hanya melihat ke depan, tetapi sesekali menatap ke belakang. Bukan hanya melihat ke atas, tetapi juga melihat ke bawah dan sekitar. Karena ada banyak realita yang membuat mampu bersyukur kepada Tuhan.

“Itu sebabnya kita hendaknya bersyukur. Tuhan itu sungguh baik kepada kita. Bukan hanya ke depan, bukan hanya ke atas, tetapi ke semua arah kehidupan. Sehingga kita melihat dan merasakan kebaikan Tuhan. Kita pernah membenci, pernah tidak senang kepada orang lain, bahkan pernah berdosa, tetapi kita juga pernah dan terus menerima berkat Tuhan hingga hari ini. Marilah kita percaya kepada Tuhan untuk menjalani tahun 2019 ini dengan penuh semangat dan sukacita,” tutupnya.

Pada ibadah itu, Ompu i Ephorus melayankan Sakramen Baptisan Kudus kepada Anak dari Keluarga Pdt Frans Jogi Sidabutar STh. Seusai ibadah, terlihat para jemaat mengabadikan momen sukacita bersama Ompu i Ephorus dengan foto bersama. Setelah itu diadakan acara ramah tamah sekaligus syukuran keluarga Pendeta HKBP Ressort Pangaloan di rumah dinas. (AL)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel