Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing: Meresmikan Gedung Perkuliahan Sekolah Tinggi Bibelvrouw (STB) HKBP

LAGUBOTI, DNT News – Data membuktikan bahwa lembaga pendidikan HKBP jauh lebih baik dari kampus swasta lainnya di Sumatera Utara dikarenakan beberapa faktor. Ketika menjabat Ketua STT HKBP, saya salah seorang dipilih Departemen Agama menjadi assesor di Sumatera Utara, yang akhirnya bermuara pengurusan akreditasi ke BAN (Badan Akreditasi Nasional).

Hal ini dikatakan Ompui Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing, dalam bimbingan pastoral ketika meresmikan gedung baru perkuliahan Sekolah Tinggi Bibelvrouw (STB) HKBP, Kamis 31 Mei 2018, di Laguboti, Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara.

“Pendidikan Teologi, STT, STB, STGH, dan STD dengan berbagai upaya yang dilakukan, telah resmi menjadi Sekolah Tinggi. Upaya selanjutnya adalah akreditasi dari BAN PT. Nilai Akreditasi sudah diperoleh STT sejak saya masih menjabat Ketua. Walaupun STB saat ini belum terakreditasi, tetapi pasti akan kita peroleh,” katanya.

Disampaikannya, salah satu upaya untuk persiapan pengakreditasian dari BAN PT tersebut telah dilaksanakan dengan baik yang dipimpin Inang Biv R br Sihombing. “Kami dari Pusat mengucapkan terima kasih atas kegigihan yang sangat luar biasa dari para dosen, panitia, mahasiswa, para donatur, dan pemerintah,” ujarnya.

Barisan prosesi diikuti Ompu i Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing, Pelayan Ibadah, Wakil Bupati Tobasa Ir Hulman Sitorus MM, Panitia, dan para Dosen
Ompu Boru Mantasia br Siahaan menggunting Pita Peresmian Gedung Perkuliahan Sekolah Tinggi Bibelvrouw (STB) HKBP

Ephorus HKBP Pdt Dr  Darwin Lumbantobing mengenang ketika menjadi Staff Khusus dimana saat pulang selalu membawa Pete dengan alasan Ompu i Ephorus sangat senang makan Pete. Taman dan pohon yang berbuah dipelihara dengan baik.

“Mahasiswi STB harus memberikan penataan, penampilan, dan peningkatan kualitas semakin baik. Berdirinya bangunan ini menuntut keseriusan para mahasiswi untuk belajar agar menjadi relevan dan bermutu pendidikan. Sehingga dapat melahirkan pelayan yang berkualitas,” urainya.

Pada akhir bimbingan pastoralnya, Ompui Ephorus HKBP menekankan sehubungan dengan sambutan Wakil Bupati Ir Hulman Sitorus MM tentang Orientasi Kesehatan, yang tahun ini, 01 Agustus 2018, tepat 100 tahun Rumah Sakit HKBP Balige.

Tak lupa Ompui Ephorus mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak. Juga memberikan salam kepada pemerintah, para donatur termasuk keluarga Dr Sutan Raja DL Sitorus, donatur lainnya, para alumni, dan berbagai pihak yang telah mensukseskan pembangunan gedung tersebut.

Ompu i Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing bersama Wakil Bupati Tobasa Ir Hulman Sitorus MM, Direktur STB, Praeses Distrik IV Toba, Pelayan, Dosen meninjau ruangan perkuliahan

Sebelumnya, Ir Hulman Sitorus MM, Wakil Bupati Tobasa dalam sambutannya mengajak seluruh mahasiswi Bibelvrouw untuk membawa perubahan di Tobasa dengan memulai dari lokasi kampus. “Saya akan katakan. Bila siapa saja yang membutuhkan bunga, datanglah ke Kompleks Rumah Bupati dan ke Kompleks STB HKBP. Di sana ada banyak bunga,” katanya.

Menurutnya, Kampus STB ini menjadi kompleks percontohan keindahan dan membawa perubahan di tengah masyarakat. “Pemerintah tak bisa bekerja sendiri. Oleh karena itu, marilah kita bekerjasama. Iman dan kehidupan nyata harus sejalan supaya berbuah. Kampus ini kami yakini akan semakin baik dengan selesainya gedung ini,” imbuhnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU Edisi 133/Jui 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU Edisi 133/Juni 2018

Peresmian tersebut diawali dengan prosesi yang diikuti Pelayan Ibadah Praeses Pdt Mangantar Tambunan MTh (Pengkhotbah) dan Pdt Josua Siahaan MTh (Liturgist), Wakil Bupati Tobasa Ir Hulman Sitorus MM, Para Dosen STB, Para Pendeta, yang disambut dengan Tortor Batak.

STB ini merupakan tempat pendidikan para pelayan perempuan dengan jumlah mahasiswa 164 orang yang diikuti dari berbagai denominasi gereja.

Gedung baru dengan luas bangunan 540 meter ini dibangun sejak September 2016 menghabiskan dana total Rp 1,8 M (dikoodinir oleh Tukang Silitonga). Terdiri dari 2 lantai dengan 6 ruangan masing-masing luas 9 x 10 meter dan dilengkapi dengan ruang serbaguna.


Dengan bermodalkan sumbangan dari para Alumni STB yang didukung perhatian Pimpinan HKBP, sehingga memperoleh berbagai dukungan di antaranya dari almarhum Dr Sutan Raja DL Sitorus sebanyak 3 ruangan, para Sahabat STB, dukungan dari Pemkab Tobasa Rp 150 juta, dan dukungan dari Presiden RI Joko Widodo sebanyak Rp 200 juta.

Turut hadir juga Penatua dan Pendeta HKBP Laguboti Godung yang mendukung perkembangan STB semakin baik. Sementara alumni STB diwakili Biv Bungapola Simanjuntak (Kepala Ebenezer Sinaksak) yang mengajak para mahasiswa untuk memakai kesempatan tempat pendidikan tersebut dengan baik. (Yan)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel