Pantai Pasifik Porsea: Tempat Wisata Berpasir Putih di Pinggir Danau Toba Dapat Menenangkan Pikiran

JAKARTA, DNT News – Pantai Pasifik Porsea merupakan sebuah dataran berpasir putih yang menghadap langsung ke Danau Toba. Dari tempat ini bisa terlihat hamparan luas perairan Danau Toba yang berwarna kebiruan. Permukaan airnya yang berombak akibat tiupan angin menghadirkan suasana seperti di pinggir laut, padahal berada di tepi danau.

Seperti pernah diberitakan detiktravel, Danau Toba merupakan danau tekto-vulkanik yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba jutaan tahun lalu memiliki panjang mencapai 100 km dan lebar hingga 30 km. Danau yang memiliki panorama indah ini menjadi danau terbesar se-Asia Tenggara sehingga ada traveler mengatakannya sebagai lautan kecil.

Karena luasnya ini, banyak tempat yang bisa dikunjungi wisatawan untuk melihat langsung keindahan alam Danau Toba tersebut. Selain Pulau Samosir dan Parapat yang sudah terkenal juga ada Pantai Pasifik Porsea yang memiliki pemandangan dan keunikan tersendiri.

Edison Manurung SH MM beserta teman di Pantai Pasifik Porsea menikmati keindahan panorama Danau Toba

Pantai Pasifik Porsea berada di Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara ini memiliki pasir cantik berwarna putih dengan tekstur agak kasar yang dapat memanjakan mata. Pasir yang sudah ada sejak dahulu kala ini, kemungkinan merupakan hasil letusan Gunung Toba jutaan tahun yang lalu itu.

Lokasi ini cukup sempurna sebagai daerah tujuan wisata dimana terhindar dari kebisingan suara kendaraan yang melintas di jalur lintas Sumatera di Porsea. Sepanjang jalan menuju pantai yang berjarak sekitar 3 kilometer dari kota Porsea ini hanya terdengar kicauan burung pada hamparan sawah.

Porsea sendiri merupakan kota kecil yang menjadi penghubung antara Parapat, Balige, dan Asahan. Tempat ini bisa dicapai dalam waktu kurang satu jam dari Parapat dan juga sekitar satu jam dari Bandara Silangit.

Sopo Marpikkir di Pantai Pasifik Porsea yang juga berfungsi sebagai rumah makan
Pantai Pasifik Porsea tempat wisata bermain sepeda air dan mendayung sampan

Jadi, jika ingin melihat pemandangan alam Danau Toba dari sudut yang berbeda, cobalah dari tempat ini dengan menikmati pasir putih yang dapat menenangkan pikiran karena dijamin asyik dan tidak akan menyesal.

Tiket masuk ke Pantai Pasifik Porsea sangat terjangkau hanya Rp 2.000 untuk sepeda motor dan sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada. Fasiltasnya pun cukup lengkap seperti lapangan parkir, toilet, tempat duduk santai berbentuk bangku beton berpayung, rumah adat, dan rumah makan. (DT)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel