Parsadaan Simanjuntak Sitolu Sada Ina (PSSSI) Banjarbaru Kalsel: Gelar Wisata dan Aksi Peduli Lingkungan di Pantai Asmara

BANJARBARU, DNT News – Memasuki tahun 2019, baru-baru ini Punguan Simanjuntak Sitolu Sada Ina Banjarbaru Kalimantan Selatan melakukan rangkaian acara mulai Pesta Bona Taon berupa syukuran kemudian melakukan wisata keluarga besar di Pantai Asmara, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Acara  wisata keluarga ini dirangkai dengan aksi peduli lingkungan di sekitar pantai serta diadakan berbagai perlombaan yang disesuaikan dengan thema “Happy and Funny” agar terbentuk hubungan yang tetap erat antar keluarga PSSSI Boru Bere Ibebere Banjarbaru dan sekitarnya.

Penasehat PSSSI Banjarbaru L Simanjuntak menjelaskan maksud serta tujuan wisata dan aksi peduli lingkungan yakni melalui kegiatan ini diharapkan terbentuk kekompakan di antara keluarga PSSSI Banjarbaru serta memiliki budaya bersih.

Sementara Amos Silitonga ST MMT koordinator kegiatan Wisata dan Aksi Peduli Lingkugan ini berupaya mengemas acara dengan semeriah mungkin. Melalui tim kecil, beberapa permainan benar-benar dinikmati oleh peserta. Tim permainan berusaha mengatur pola yang dimainkan yaitu adanya pembentukan kerjasama, kejujuran, dan serius tapi santai.

Keluarga besar Parsadaan Simanjuntak Sitolu Sada Ina (PSSSI) Banjarbaru Kalimantan Selatan menggelar “Wisata Keluarga dan Aksi Peduli Lingkungan”
Keluarga besar Parsadaan Simanjuntak Sitolu Sada Ina (PSSSI) Banjarbaru Kalimantan Selatan melakukan aksi bersih-bersih di sekitar Pantai Asmara

Untuk memudahkan mengenali anggota rombongan di antara ribuan pengunjung wisata, seluruh anggota diminta mengenakan pakaian bernuansa merah mulai anak-anak hingga yang dewasa. Salah satu misi pada kegiatan ini adalah adanya aksi kebersihan, karena itu anggota rombongan tidak diperkenankan membawa air minum kemasan plastik serta harus membawa peralatan makan sendiri dari rumah. Panitia sudah menyiapkan air minum dalam wadah sebagai salah satu siasat mengurangi sampah plastik. Peraturan tidak tertulis tersebut dimaklumi dan diikuti oleh masing masing keluarga.

Kemeriahan acara ini kalau boleh dibilang sebagai pesta pantai punguan marga sungguh sangat terasa, karena dibarengi juga dengan acara santai nyanyi yang didominasi lagu-lagu Batak mulai tembang kenangan hingga lagu yang kekinian bersahut-sahutan dengan suara deburan ombak di pantai.

Kebersamaan dalam melakukan aksi bersih pantai juga tidak ada ubahnya seperti di rumah sendiri. Setiap anggota dengan satu aba-aba langsung memunguti sampah yang bertebaran di area pantai.


Pemandangan aksi peduli lingkungan ini begitu indahnya dimana kelompok keluarga berwarna pakaian merah terlihat secara bersama-sama melakukan aksi peduli lingkungan yang dapat ditiru oleh anak-anak yang kelak sebagai generasi penerus.

Deburan ombak dan tiupan angin yang mengalun sepoi-sepoi menjadi kenikmatan yang tak akan terlupakan oleh keluarga besar PSSSI Banjarbaru, karena kegiatan ini baru kali pertama dilakukan dengan kemasan yang sangat apik dipadukan antara hiburan, perlombaan, nyanyi, dan aksi peduli lingkungan.

Konon sebagaimana penuturan warga asli setempat dengan logat bugis yang kental, baru pertama ini ada kegiatan orang Batak (Punguan Simanjuntak Sitolu Sada Ina) melakukan aksi bersih-bersih di sekitar Pantai Asmara sekaligus menghaturkan terima kasih karena akan menjadi inspirasi kepada rombongan berikutnya yang berkunjung ke pantai asmara. (RS)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel