Pdt. Agustinus Nainggolan, STh: Memimpin Rombongan Wisata Rohani Ke Jerusalem Selama 12 Hari

JAKARTA, DNT News – Jerusalem merupakan salah satu kota tertua di dunia yang terletak di sebuah dataran tinggi di Pegunungan Yudea antara Laut Tengah dan Laut Mati. Melihat lokasi geografis kota ini, tak ayal jika menjadi lokasi wisata favorit, khususnya untuk wisata rohani. Kota ini pun tak pernah sepi bagi masyarakat dunia yang ingin menghabiskan waktu liburan sembari wisata rohani.

Hal inilah yang mendorong Pdt Agustinus Nainggolan STh, Pendeta Ressort HKBP Sola Gratia Ressort Kayu Mas Jakarta Timur, sebagai Spiritual Councelor (Pembimbing Rohani) rombongan wisata rohani Holyland Mesir-Jerusalem selama 12 hari, Minggu 03 Juni 2018 hingga Kamis 14 Juni 2018.

Rombongan wisata rohani yang berziarah dan berlibur ini berjumlah 37 orang berasal beberapa denominasi gereja yakni Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) 9 orang, Gereja Kristen Ambon (GKA) 16 orang, Gereja Katholik 2 orang, dan Gereja Kristen Indonesia (GKI) 10 orang.

Untuk membuat perjalanan dan ziarah lebih nyaman dan menyenangkan, mereka menggunakan jasa Christmas (Holyland Journey Consorsium) dengan Alfin sebagai Tour Leader (Pemimpin Wisata) yang sudah berpengalaman 65 kali membawa wisata rohani ke Jerusalem.

Pdt Agustinus Nainggolan STh bersama rombongan tiba di Jerusalem
Pdt Agustinus Nainggolan STh bersama rombongan tiba di Gereja Pater Noster Jerusalem

Dengan keberadaan Tour Leader oleh Alfin dan juga pelayanan khusus Spiritual Councelor oleh Pdt Agustinus Nainggolan STh selama perjalanan, peserta sangat bersukacita dengan tidak mendapatkan kesulitan dalam berkomunikasi atau mendapatkan informasi.

Pada perjalanan wisata ini dilakukan 5 (lima) kali ibadah dipimpin Spiritual Councelor Pdt Agustinus Nainggolan STh. Ibadah di Gereja Sampah (St Simon The Tanner) Bukit Mukhatam (Selasa 05 Juni 2018). Ibadah di Sumur Mara-Elim (Rabu 06 Juni 2018). Ibadah Minggu dengan perjamuan kudus di Pray Room Diamond Hotel, Bethlehem, Bukit Sion (Minggu 10 Juni 2018). Mujizat di Kana dengan berdoa bersama 9 pasangan suami istri (Senin 11 Juni 2018). Ibadah penutup di Gunung Nebo (Rabu 13 Juni 2018).

Pdt Agustinus Nainggolan STh bersama rombongan tiba di Bethlehem
Pdt Agustinus Nainggolan STh bersama Istri br Lumbantobing dan orang tua Pdt Sadim Nainggolan SmTh

Perjalanan wisata rohani selama 12 hari. Minggu 03 Juni 2018, pukul 23.00 WIB, hari pertama, berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Cairo melalui Dubai. Senin 04 Juni 2018, diantar menuju Old Cairo melihat Gereja Gantung (Hanging Church), Gereja Abu Serga, dan Sinagoge Ben Ezra. Selasa 05 Juni 2018, mengunjungi Giza melihat Pyramid Raja Cheeps, dan Chepren, Mekurinos, Spinx, mengunjungi Gereja Sampah (St Simon The Tanner) di Bukit Mukhatam.

Rabu 06 Juni 2018, melewati Terusan Suez, Mata Air Mara, Elim, dan kota Sharm El Sheikh sebuah kota pantai indah di tepi Laut Merah. Kamis 07 Juni 2018, menuju ke St Catherine hingga mendaki ke Gunung Sinai dengan menggunakan Unta dan berjalan kaki. Jumat 08 Juni 2018, menuju perbatasan Taba Border, Bethlehem melalui Jerusalem melewati Sodom dan Gomora.


Sabtu 09 Juni 2018, menuju Gereja Kelahiran Kristus, Padang Gembala di Bethlehem, Jerusalem melihat Bukit Zaitun, Kapel Kenaikan, Gereja Pater Noster, menyusuri Jalan Minggu Palem sampai Gereja Dominus Flevit, Taman Getsemani, dan Garden Tomb. Minggu 10 Juni 2018, mengunjungi Kolam Bethesda, Gereja Santa Anna, Via Dolorosa sampai ke Gereja Golgota, Tembok Ratapan, Bukit Sion mengunjungi Ruang Perjamuan Terakhir, Makam Raja Daud, Gereja St Peter Galicantu, Yerikho, Bukit Pencobaan, Pohon Zakheus, menuju Qumran dengan menikmati Laut Mati. Senin 11 Juni 2018, dari Jerusalem menuju kota Haifa di kaki Gunung Karmel, Gereja Stella Maris, Nazareth, kota Kana.

Selasa 12 Juni 2018, menuju Gunung Tabor, Capernaum, Tabgha, Gereja Primat Petrus, Danau Galilea, Bukit Sabda Bahagia, dan Sungai Yordan. Rabu 13 Juni 2018, menuju perbatasan ke negara Jordania, Gunung Nebo, kota Amman, hingga diantar menuju airport untuk kembali ke Tanah Air melalui Dubai. Kamis 14 Juni 2018, hari terakhir, pada malam hari pukul 23.00 WIB, tiba di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dengan membawa kenangan manis untuk diceritakan kepada sanak saudara. (HIT)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel