Pdt. Dr. Luhut P. Hutajulu, M.Th: Bagaimana Kita Menghadapi Virus Corona yang Menyebar ke Seluruh Dunia?

JAKARTA, DNT News – Alkitab sebenarnya sudah meramalkan bagaimana wabah penyakit akan bermunculan di akhir zaman ini. Yesus sendiri menjelaskan kepada murid-muridNya tentang berbagai peristiwa yang akan terjadi di akhir zaman. Di mana-mana akan terjadi gempa bumi yang hebat, bahaya kelaparan, dan wabah penyakit.

Hal ini dikatakan Pdt Dr Luhut P Hutajulu MTh, Pendeta Pensiunan HKBP, dalam surat elektoniknya ke dalihannatolunews.com terkait bagaimana kita menghadapi virus Corona yang menyebar ke seluruh dunia?

“Namun apakah kita akan dibiarkan binasa oleh wabah penyakit yang belum ada vaksinnya ini? Tidak, Alkitab juga sudah memberikan kita cara supaya terhindar dari wabah penyakit di akhir zaman ini dengan memberikan kita petunjuk pola hidup sehat. Salah satunya adalah petunjuk pola makanan taman eden yang terdiri dari buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran,” katanya.

Disampaikannya, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan baru-baru ini menanggapi berita wabah virus Corona dengan memberikan saran bagi masyarakat bahwa virus ini bisa dicegah dengan kondisi badan yang sehat dan imunitas yang baik. “Maka lakukan perilaku hidup sehat dan Germas setiap hari. Virus Corona dan banyak virus lainnya, yang menjangkiti manusia melalui konsumsi daging hewan,” ujarnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 154/Maret 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 154/Maret 2020

“Oleh sebab itu tidaklah aman untuk terus mengkonsumsi daging hewan saat ini. Keadaan ini sungguh memprihatinkan dan mencemaskan. Wabah Corona telah menjadi ancaman serius yang perlu segera diantisipasi dan diatasi bagi banyak negara saat ini. Meskipun negeri kita Indonesia secara geografis letaknya jauh dari kota Wuhan, namun mungkin saja kita tetap merasa was-was,” lanjutnya.

Pdt Dr Luhut P Hutajulu MTh yang merupakan dosen program Pascasarjana (S2) Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta ini menyampaikan bahwa pergerakan manusia dari wilayah yang terkontaminasi mungkin saja turut membawa masuk virus itu ke tanah air. “Menurut pengumuman, sudah ada dua orang yang terkena virus Corona di Indonesia. Sekarang mereka sedang dirawat di RS Sulanti Saroso dan laporan terakhir ada tanda-tanda kesembuhan. Kita doakan mereka berdua segera sembuh,” pintanya.


Dia pun mengutip nats Matius 10:28: Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka. “Artinya, mewaspadai Corona dapat dilakukan dengan cara takut kepada Tuhan,” sebutnya.

Pada akhir suratnya, Pdt Dr Luhut P Hutajulu MTh yang juga penulis rubrik rohani di Majalah DALIHAN NA TOLU ini pun mengajak untuk mendoakan agar para korban memperoleh anugerah Allah dan kesembuhan; mereka yang dikarantina dapat tenang dan mendapatkan suplai bahan makanan; paramedis dapat mengobati korban dan tubuh dapat kebal dari virus; para peneliti mampu menciptakan bagi pengobatan dan pencegahan; para pemangku kebijakan membuat peraturan menjamin keamanan setiap warga dari ancaman virus.


“Seraya berdoa, kita juga bisa menahan diri untuk tidak menyebarluaskan informasi virus Corona yang belum bisa diklarifikasi kebenarannya. Meski mungkin maksud kita baik untuk menginformasikan orang terkasih, namun bisa saja yang terjadi malah kepanikan. Inilah salah satu tindakan sederhana yang dapat kita lakukan untuk menolong membuat keadaan lebih baik,” ucapnya.

“Janganlah lupa untuk menerapkan pola hidup sehat, sebagaimana dikatakan oleh Menteri Kesehatan RI. Tubuh dan pola hidup yang sehat dapat menolong kita meminimalisir potensi terinfeksi virus Corona. Pemerintah RI melalui Kementerian Kesehatan menyediakan layanan informasi terkait virus Corona di nomor 021-5210411 dan 081212123119. Silakan menghubungi nomor ini, jika Anda membutuhkan,” pungkasnya. (MAR)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel