Pdt. Tigor Sitanggang, MTh: Diteguhkan Menjadi Pendeta HKBP Ressort Citra Raya, Cikupa, Tangerang, Distrik XXI Banten

BANTEN, DNT News – Seorang pendeta melayani di sebuah gereja HKBP umumnya berlangsung selama 4 (empat) tahun. Setelah masa periode pelayanannya berakhir, maka dia akan pindah bertugas di tempat lain dan pendeta yang baru pun datang untuk menggantikannya.

Pergantian seperti ini merupakan hal yang lumrah di sebuah Gereja HKBP atau institusi lain. Masa periode akan terus berlangsung secara periodik, sehingga seorang pendeta bisa melayani di beberapa tempat secara bergantian.

Hal ini juga lah yang terjadi di Gereja HKBP Ressort Citra Raya, Cikupa, Tangerang, Distrik XXI Banten, Minggu Advent I, tanggal 02 Desember 2018, pukul 10.00 WIB, dengan tema “Pengharapan Akan Datangnya Mesias.”

Pdt Tigor Sitanggang MTh/br Pasaribu diteguhkan Pdt Robert Pandiangan MTh menjadi Pendeta HKBP Ressort Citra Raya Distrik XXI Banten
Pdt Tigor Sitanggang MTh/br Pasaribu menyampaikan Hata Patujolo setelah diteguhkan menjadi Pendeta HKBP Ressort Citra Raya Distrik XXI Banten

Pada hari itu dilakukan acara peneguhan (mangojakhon) Pdt Tigor Sitanggang MTh/br Pasaribu yang datang dari HKBP Ressort Sarolangun, Distrik XXV Jambi menjadi Pendeta HKBP Ressort Citra Raya yang dirangkai dengan pemberangkatan (parborhathon) Pdt Wesly Panjaitan yang akan mengikuti tugas belajar. Acara ini dipimpin Pdt Robert Pandiangan MTh, Praeses HKBP Distrik XXI Banten.

Pada acara peneguhan, terlebih dahulu Majelis Pekerja Sinode Distrik (MPSD) XXI Banten membacakan tugas Pendeta Ressort sesuai Aturan dan Peraturan HKBP 2002 Setelah Amandemen Kedua, dan membacakan Surat Keputusan Ephorus HKBP.

Pdt Tigor Sitanggang MTh/br Pasaribu diserahkan ke Huria setelah diteguhkan menjadi Pendeta HKBP Ressort Citra Raya Distrik XXI Banten
Pdt Tigor Sitanggang MTh/br Pasaribu diabadikan dengan mertua PF Pasaribu/br Siahaan dari Jambi (ketiga dan keempat kanan belakang) beserta keluarga lainnya

Setelah itu Pdt Robert Pandiangan MTh meneguhkan dengan mengatakan: “Hamu Pdt Tigor Sitanggang, nunga ditangihon hamu Surat haputusan ni Ompu i Ephorus HKBP, dohot Ulaon ni Pandita Ressort hombar tu Aturan dohot Peraturan ni HKBP. Antong na manungkun ma ahu nuaeng di hamu di jolo ni Huria on dohot di jolo ni Tuhanta Jesus Kristus Raja ni Huria. Na olo do hamu paojakon gabe Pandita Ressort Citra Raya? Jala na olo do hamu mamelehon dirimuna mangulahon ulaon i hombar tu Aturaan dohot Peraturan ni HKBP?

Pdt Tigor Sitanggang MTh menjawab: “Nao olo do ahu, sai didongani asi ni roha ni Debata ma ahu patupahon saluhutna i.”

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 139/Desember 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 139/Desember 2018

Pdt Robert Pandiangan MTh sambil berjabat tangan mengatakan: Marhitehite Goar ni Debata Ama dohot Goar ni AnakNa Tuhan Jesus Kristus dohot Goar ni Tondi parbadia, huojakhon ma hamu Pdt Tigor Sitanggang gabe Pandita Ressort HKBP Citra Raya Distrik XXI Banten. Sai didongani, dipargogoi, jala diparbisuhi Tuhan Debata ma hamu mangulahon saluhut ulaon ni Tuhanta i, bahen sangap di GoarNa. Jala gabe pasupasu ma hamu di huria nang portibion. Didongani jala dipargogoi ma nang dohot Inang mandongani dohot tumangianghon hamu di angka ulaon i. Amen.

Setelah itu Praeses menyerahkan Pdt Tigor Sitanggang MTh ke huria dan memimpin doa agar Tuhan selalu menggenapi, memberikan kemampuan, kesehatan, keteguhan hati, dan semangat bagi pelayanannya.


Acara berlanjut dengan penyampaian Hata Horas dari Pdt Wesly Panjaitan, Hata Patujolo dari Pdt Tigor Sitanggang MTh. Kemudian Hata Horas Borhat dohot Panjanghonon dari Mewakili Huria HKBP Sarolangun Jambi, Mewakili Ruas HKBP Se-Ressort Citra Raya, Mewakili Parhalado HKBP Ressort Citra Raya, dan Uluan HKBP Distrik XXI Banten.

Setelah acara ibadah peneguhan dan pemberangkatan tersebut dilanjutkan dengan acara ramah tamah. Acara juga diisi dengan berbagai sambutan dan kata panimpuli (penutup) dari Praeses HKBP Distrik XXI Banten. (YAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel