Peluncuran dan Diskusi Buku The Ma’ruf Amin Way: Ekonomi Keadilan, Keumatan, dan Kedaulatan Menuju Kesejahteraan

JAKARTA, DNT News – Dalam Kongres Ekonomi Umat (KEU) yang diselenggarakan MUI tahun 2017, saya telah mengungkapkan tentang pentingnya ekonomi syariah, kemitraan, dan redistribusi asset. Ekonomi syariah berlandaskan nilai-nilai Islam dalam praktek berekonomi.

Hal ini dikatakan KH Ma’ruf Amin sebagai Keynote Speaker pada Peluncuran dan Diskusi Buku “The Ma’ruf Amin Way” yang ditulis Sahala Panggabean (Penulis Koperasi Indonesia Penyelamat Ekonomi Bangsa 2018) dan Anwar Abbas (Penulis Bung Hatta dan Ekonomi Islam 2010), yang digelar Jumat 01 Februari 2019 pagi, di Smesco Convention Hall, Jln Gatot Subroto Kav 94, Pancoran, Jakarta Selatan.

“Semua gagasan yang sudah disampaikan dalam acara KEU rupanya telah diperkukuh dan dipertajam oleh dua sahabat yang sekaligus penulis buku ini yakni Sahala Panggabean dan Anwar Abbas. Mereka adalah pelaku koperasi dan penggerak organisasi kemasyarakatan yang memiliki perhatian besar terhadap ekonomi keumatan,” katanya.

Bedah Buku dan Diskusi menghadirkan KH Ma’ruf Amin, Sahala Panggabean MBA, Adiwarman Azwar Karim dengan moderator Chandra Saritua MBA
KH Ma’ruf Amin dan Sahala Panggabean MBA diabadikan dengan para penerima buku “The Ma’ruf Amin Way”

Sebelumnya Sahala Panggabean MBA dalam sambutannya mengatakan KH Ma’ruf Amin adalah salah seorang pemikir Islam yang memiliki perhatian besar terhadap ekonomi umat. Pada tahun 2017, MUI yang diketuainya menyelenggarakan KEU dan menelorkan gagasan The Ma’ruf Amin Way.

“Ide ini berawal dari keresahan semakin tingginya ketimpangan kepemilikan asset, kurangnya keberpihakan pemerintah terhadap ekonomi rakyat, merajalelanya praktik ekonomi yang tidak berlandaskan nilai moral, dan lainnya. Untuk itu perlu suatu terobosan cara berpikir tata kelola dan praktik kehidupan ekonomi di dalam masyarakat Indonesia,” katanya.

Menteri Koperasi UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyerahkan izin operasional dan pembukaan cabang Nasari Syariah kepada Chandra Saritua MBA
Sahala Panggabean MBA dan Ibu Tetty br Situmorang diabadikan dengan Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM, Bakwan Pakpahan, dan lainnya

Pada saat itu dilakukan Bedah Buku dan Diskusi menghadirkan KH Ma’ruf Amin, Sahala Panggabean MBA, dan Adiwarman Azwar Karim. Moderator diperankan Chandra Saritua MBA (Ketua Koperasi Mandiri Syariah).

Buku “The Ma’ruf Amin Way” yang merupakan The New Indonesia Economics Perspective “Keadilan Keumatan Kedaulatan” diluncurkan KH Ma’ruf Amin didampingi Sahala Panggabean MBA dan Tim Penulis. Peluncuran tersebut ditandai dengan penandatanganan Giant Mock Up buku, yang diawali dengan prosesi budaya dan audio visual.

Secara simbolis buku tersebut diberikan Sahala Panggabean MBA kepada KH Ma’ruf Amin untuk diserahkan kepada Menteri Koperasi UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (Perwakilan pemerintah), Ir Lukmanul Hakim MSi PhD (Perwakilan MUI), Misbahul Ulum (Perwakilan NU), Andi Arslan (Perwakilan Asosiasi Gerakan Koperasi), Sunjoto (Perwakilan Swasta Pan Pacific), Pariaman (Perwakilan Nasari Group), dan lainnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 141/Februari 2019
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 141/Februari 2019

Frans Meroga MM MBA (Direktur Utama KSPPS Nasari Mandiri Syariah) didampingi Sahala Panggabean MBA menyerahkan cinderamata berupa plakat kepada KH Mar’ruf Amin dan Adiwarman Azwar Karim.

Pada kesempatan itu Menteri Koperasi UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyerahkan izin operasional dan pembukaan cabang di seluruh Indonesia Nasari Syariah kepada Direktur Utama KSPPS Nasari Mandiri Syariah Chandra Saritua MBA.

Terlihat hadir Dr Ir Benny Pasaribu MEc (Pakar Ekonomi Kerakyatan), Ir SM Tampubolon (Mantan anggota DPR-RI), Drs Tonny Hasibuan SH MM (Akademisi), Dr Anwar Fuady (Politisi), Raymond Pardede SH (Pengacara), Bahwan Pakpahan (Profesional), dan lainnya. (HTN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel