Perayaan Natal Kabupaten Tobasa: Dihadiri dan Dimeriahkan Anak Rantau Sebagai Bentuk Empati Kepedulian Terhadap Bona Pasogit

JAKARTA, DNT News – Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian telah mengeluarkan SK Panitia No 868 Tahun 2018 tentang Perayaan Natal Oikumene Pemerintah Gereja, Masyarakat, dan Anak Rantau Kabupaten Tobasa akan dilaksanakan, Jumat 28 Desember 2018, pukul 15.00 WIB, di Lapangan Kantor Camat Porsea.

Dalam rapat yang dilakukan, Minggu 02 Desember 2018 sore, di Lapo Mora Tabo, Jln ciliman No 1, Cikini, Jakarta Pusat, dibahas rencana kerja panitia. Dalam rapat itu hadir Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian diwakili Ir Jhon Piter Silalahi (Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Tobasa yang juga Sekretaris Umum Panitia Natal), Robert Manurung (Camat Porsea), St Dr Ir Serirama Butarbutar SE SH MSi MH (Ketum Panitia), St Edison Manurung SH MM (Wakil Ketum), Rosti Sibarani SE dan Ramses Butarbutar SH MKn (Wakil Bendahara), dan lainnya.

Pada puncak perayaan Natal yang diperkirakan dihadiri sekitar 5.000 orang itu akan dibuat berbagai stand yang menampilkan pameran kerajinan Pemda Tobasa dan jenis makanan unik seperti Naniura, Arsik, dan lainnya.

Saat perayaan diadakan rekayasa lalu lintas untuk menghindari macet sehingga mobil yang biasanya datang dari Medan melintasi Porsea akan dialihkan ke Siraituruk dari depan rumah Camat Porsea keluar di Jembatan Porsea. Sementara parkir mobil tamu ditempatkan sekitar Pom Bensin dan Terminal Porsea.

Pengkotbah pada perayaan tersebut adalah Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing bersama pelayan dari berbagai sekte gereja lain untuk menunjukkan Natal Oukumene ini diikuti oleh seluruh denominasi gereja yang ada di Tobasa.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 139/Desember 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 139/Desember 2018

Panitia dan Pemda mengharapkan perayaan ini didominasi Anak Muna atau Naposobulung dari berbagai gereja yang ada di Kabupaten Tobasa. Untuk itu disepakati agar seluruh panitia tingkat kecamatan Se-Tobasa dan Camat Se-Tobasa agar berkoordinasi dengan semua gereja untuk mengundang peserta.

Dalam rangkaian perayaan tersebut terlebih dahuhulu dilakukan seminar tentang UKM dan Anti Narkoba dengan menghadirkan narasumber dari Jakarta, Kamis 27 Desember 2018, di Sopo Marpikkir, Pantai Pasifik, Porsea. Seminar ini diperkirakan akan dihadiri 300-an orang dari kalangan Anak Muda, pelaku UKM, dan petani dari berbagai sekte gereja yang ada di Tobasa.


St Edison Manurung SH MM Caleg DPR-RI yang juga Wakil Ketum Panitia pertama di Kecamatan Balige, kedua di Kecamatan Sigumpar, dan sekarang ke-3 di Kecamatan Porsea mengharapkan kepada semua anak rantau agar menghadiri dan memeriahkan Perayaan Natal ini sebagai bentuk empati kepedulian terhadap Bona Pasogit.

Natal Oikumene Tobasa di era Bupati Ir Darwin Siagian dan Wakil Bupati Ir Hulman Sitorus MM ini dilakukan tiap tahun yang digilir di tiap kecamatan. “Kebetulan saya setiap perayaan hadir. Momen yang dibuat Pemda Tobasa ini adalah sangat bagus karena melibatkan Anak Rantau yang akhirnya satu sama lain saling berkontribusi,” katanya.


Dia juga mengatakan bahwa Kecamatan Porsea saat ini sudah memiliki daya tarik yakni Wisata Pantai Pasifik dan Pasir Putih Parparean. Khusus zona di Kecamatan Porsea sudah diakui Pemda dan Pemerintah Pusat. Hanya saja masyarakat sekitarnya harus bekerjasama dengan Pemda dimana di era Presiden Jokowi keberadaan wisata Danau Toba sangat didukung.

St Edison Manurung SH MM menyampaikan bukti nyata Kapal Ikan Batak sebagai fasilitas keliling Danau Toba di pantai Kecamatan Porsea dan yang sedang dikerjakan saat ini. Dia sudah beberapa kali meninjau bersama rombongan DPD dan DPR serta menteri.

“Jadi momen seperti ini sangat perlu didukung Anak Rantau. Kami juga mengucapkan terimakasih ke Pemda Tobasa agar kepercayaan ini dapat menjadikan Kecamatan Porsea menjadi pusat rangkaian perayaan Natal Pemda Tobasa tahun 2018,” pungkasnya. (FAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel