Perayaan Natal Punguan Raja Naibaho Sitangkaraen Se-Jabodetabek: Merangkai Cinta, Merajut Kasih, Berpengharapan kepada Anak Allah yang Dirayakan Kelahirannya

JAKARTA, DNT News – Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebut orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. Nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan, menyanyilah bagi Tuhan hai segenap bumi.

Votum-Introitus inilah yang dikumandangkan Punguan Raja Naibaho (PRNB) Sitangkaraen Boru, Bere, Ibebere Se-Jabodetabek dalam Ibadah Perayaan Natal yang dihadiri sekitar 500 jiwa, Minggu 17 Desember 2017 sore, di Auditorium FK-UKI, Jakarta Timur. Ibadah dipimpin Pdt Manatar David Naibaho sebagai pengkotbah, liturgis diperankan St Maja Pulo Naibaho, dan doa syafaat dipanjatkan Sumurung Naibaho.

Perayaan Natal tersebut mengambil Thema “Kasih Itu Sabar, Kasih Itu Murah Hati, Ia Tidak Cemburu. Ia Tidak Memegahkan Diri dan Tidak Sombong” (1 Korintus 13:4) dan Sub-thema “Dengan semangat Natal Punguan Raja Naibaho Sitangkaraen Boru, Bere, Ibebere Se-Jabodetabek tahun 2017, menjadi keluarga yang saling mengasihi, sehati sepikir, dan saling tolong menolong dalam keadaan susah dan senang.”

Pada perayaan tersebut dilakukan lima kali kali liturgi. Liturgi 1 Penciptaan dari pomparan Ompu Raja Niega dan Ompu Surta. Liturgi 2 Kejatuhan Manusia ke Dalam Dosa dari Ompu Sotagamon. Liturgi 3 Panggilan untuk Bertobat dari Ompu Lapani Dekke. Liturgi 4 Janji Kedatangan Juru Selamat dari Ompu Tambahur dan Ompu Mangaliat. Liturgi 5 Kelahiran Juru Selamat dari Ompu Ranjo.

Koor Ompu Surta mengumandangkan lagu pujian pada Perayaan Natal Punguan Raja Naibaho (PRNB) Sitangkaraen Se-Jabodetabek
Parulian Naibaho SH MH (Ketua PRNB Sitangkaraen Se-Jabodetabek) beserta jajarannya manortor menerima kedatangan PRNB Se-Jabodetabek

Dengan menyanyikan lagu “Sonang Ni Bornginna i” dilakukan penyalaan Lilin Natal oleh Pdt Manatar David Naibaho, Sumurung Naibaho (Penasihat), Makdin Naibaho (Ketua Panitia), Ir Nikolas Naibaho MBA (Ketua PRNB Se-Jabodetabek), Parulian Naibaho SH MH (Ketua PRNB Sitangkaraen Se-Jabodetabek), Vincent Naibaho (Naposo Bulung), dan Ir Toga Sigalingging (Boru Bere Ibebere).

Pendeta dalam kotbahnya mengatakan konteks yang terjadi di Korintus banyak orang beradab, sukses, hidup terberkati, secara ekonomi jauh di atas rata-rata, tetapi hidupnya sangat tidak sesuai dengan apa yang dikatakan, dilakukan, dan dipikirkannya. “Mereka tidak menyembah Allah dalam Kristus, tapi dalam ilahi lain. Mereka harus merubah hati dan pikirannya agar memperhatikan dan mau peduli kepada orang lain,” ujarnya.

Disampaikannya, kasih itu harus nyata dalam aksi melalui kepedulian kepada sesama. Sehingga kasih itu tidak hanya retorika. “Makna Natal merangkai cinta, merajut kasih, berpengharapan kepada anak Allah yang kita rayakan kelahirannya. Rayakanlah Natal dengan penuh kasih dan penuh kesederhanaan. Jadilah pelaku kasih,” katanya.

Parulian Naibaho SH MH (Ketua PRNB Sitangkaraen Se-Jabodetabek) diabadikan bersama para tetua Punguan Raja Naibaho dohot Boruna Se-Jabodetabek
Para anak punguan Ranking 1 di kelas dan diterima di PTN tahun 2017 yang menerima sipalas roha diabadikan bersama orang tua masing-masing

Parulian Naibaho SH MH, Ketua PRNB Sitangkaraen Se-Jabodetabek, dalam sambutannya mengatakan rasa sukacita akan kehadiran anggota punguan menghadiri perayaan tersebut. Dia bersyukur kepada Tuhan dimana acara tersebut dapat terlaksana berkat kesatuan hati para anggota serta dukungan penasihat.

Sebelumnya Makdin Naibaho, Ketua Panitia, mengatakan perayaan tersebut dilaksanakan dengan serep ni roha (kerendahan hati) untuk menjalin kebersamaan sesama anggota punguan. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus harian, penasihat, anggota, dan donatur sehingga perayaan tersebut terselenggara dengan baik.

Majalah Bulanan DALIHAN NA TOLU edisi 127/Desember 2017

Sehabis Ibadah Natal dilanjutkan makan malam bersama dengan doa dipanjatkan Ompu Josephine Naibaho. Perayaan tersebut berlangsung meriah berkat kehadiran Rian Napitupulu (Juara 2 Indonesian Idol Junior 2015), VG Ompu Ranjo, Koor Ompu Surta, Naposo Raja Oloan Tangerang, dan lainnya.

Satu yang membanggakan dilakukan PRNB Sitangkaraen Se-Jabodetabek yakni memberikan sipalas roha kepada anak punguan Ranking 1 di kelas yakni Elka Saragih, Keysia Naibaho, dan Farel Naibaho. Serta anak anggota yang diterima di PTN tahun 2017 yakni Rachel Dwi Aurindah Naibaho (STAN), Henri Serwindo Hasibuan (STIH Depkumham), Kevin JR Naibaho (STAN), dan Auli Simanjuntak (FH-UI). (Hutanta)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel