PERJALANAN YANG JAUH: MENEMBUS MENGGAPAI CAKRAWALA Bunga-rampai Kumpulan Ceramah, Artikel, Bahan Diskusi, dan Lain-lain, Kurun Waktu 1972-2015

JAKARTA, DNT News – Mengumpulkan tulisan berupa paper yang dimuat dalam artikel maupun disampaikan dalam ceramah, seminar, bahan diskusi, dan lainnya yang selanjutnya disusun dan dicetak menjadi sebuah buku, merupakan pekerjaan mulia. Karena dapat memberi bimbingan kepada generasi muda untuk mengantisipasi perkembangan dan perubahan zaman.

Hal inilah yang dilakukan Prof Dr PTD Sihombing MSc SPd, Komunitas MARSIRARION (Pemerhati Habatahon) dalam buku “PERJALANAN YANG JAUH; MENEMBUS DAN MENGGAPAI CAKRAWALA” Bunga-rampai Kumpulan Ceramah, Artikel, Bahan Diskusi, dan Lain-lain, Kurun Waktu 1972-2015.

Buku Volume-2 yang merupakan capita selecta ini diterbitkan dalam rangka menjalani Emeritasi jabatan Guru Besar STT Inalta Jakarta (Agustus 2012), menjalani Jubileum Pernikahan (Mei 2014), serta diluncurkan menyambut usia genap 80 tahun pada Jumat 26 Februari 2016. Penerbitannya bukan untuk tujuan komersial, melainkan hanya untuk mengumpulkan dan memadukan, lalu mengabdikan untuk anak cucu, kerabat, dan sahabat.

Buku ini diterbitkan “Albert-Orem Ministry”, organisasi Kumpulan Doa keturunan ayah-ibunya, Pdt Albert Sihombing-Orem br Hutabarat, berisikan 294 halaman dengan ukuran 17 x 24 cm. Sementara Volume-1 “PERJALANAN YANG JAUH; SEBUAH OTOBIOGRAFI” sudah diterbitkan ketika menjalani ulang tahun ke-70 pada 26 Februari 2006 silam.

Semua paper yang dimuat dalam buku ini sudah pernah disajikan dalam bentuk ceramah dan bahan seminar untuk suatu unit kategorial gereja, komunitas, lembaga khusus, paguyuban, dan lainnya. Selain itu berupa artikel dan kolom dalam berbagai majalah, rubrik kebudayaan koran dan mass media lainnya. Sebagian lainnya dalam buku kenangan “bunga-rampai emeritasi” para sahabat.

Buku ini dibagi dalam 4 (empat) bagian yang seluruhnya berjumlah 23 (duapuluh tiga) tulisan. Pertama, Puncak Gapaian dan Data Diri. Kedua, Huria Kristen Batak Protestan (HKBP). Ketiga, Mengenai Beberapa Tokoh Keperintisan Batak Kristen. Keempat, Pembinaan Warga, Remaja, Kaum Ibu, Bapak dan “Lansia” Dalam Gereja Tuhan.

Dalam buku ini berkenan memberikan kata sambutan Pdt Dr JR Hutauruk (Ephorus Emeritus HKBP), Pdt Dr Einar M Sitompul (Dosen STT Jakarta), Dr HP Panggabean SH MS (Ketua Umum DPP KERABAT), Dr Frieda Mangunsong S Med Psi (Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia). Catatan Editorial disampaikan Pdt Sukanto Limbong MTh (Kandidat Doktor Teologi Biblika).

Buku yang diterbitkan dengan jumlah sangat terbatas ini layak dibaca. Bagi yang ingin memiliki dengan sekedar mengganti ongkos cetak dan ongkos kirim dapat menghubungi langsung anak-anaknya: Oktavianus Sihombing HP 0811-8118817; Tridecy Sihombing HP 0812-8099481; atau penulisnya PTD Sihombing HP 0815-74173767. (Hutanta)

Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 124/September 2017

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel