Persatuan Guru Besar (Profesor) Indonesia (PERGUBI): Sumbangan Pikiran Penguatan Kebijakan Pemerintah

JAKARTA, DNT News – Pemikiran dan gagasan disumbangkan mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka pembangunan nasional sebagai wujud niat baik dan kepedulian para insan guru besar Indonesia. Pemikiran tersebut meliputi kajian bidang ekonomi, hukum, lingkungan, pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, dan kebudayaan.

Hal inilah yang dituangkan para guru besar yang tergabung dalam Persatuan Guru Besar (Profesor) Indonesia (PERGUBI) dalam buku “PENGUATAN KEBIJAKAN PEMERINTAH Sumbangan Pikiran PERGUBI”.

Penerbitan buku yang merupakan sumbangan pemikiran ini diharapkan bermanfaat dalam perbaikan kebijakan pembangunan terkait dengan bidang tertentu guna mendukung kebijakan pemerintah Indonesia dalam rangka mensukseskan pembangunan nasional.

Pemikiran PERGUBI ini diawali dengan diskusi di berbagai Forum Group Discussion (FGD) baik yang diselenggarakan sendiri, perguruan tinggi, maupun institusi lain dimana para guru besar Indonesia aktif mengambil bagian di dalamnya.

Prof Dr Sihol Situngkir SE MBA menyerahkan buku kepada Ketua Umum DPP KERABAT Dr HP Panggabean SH MS

Kehadiran buku ini sesuai dengan visi, misi, dan program kerja PERGUBI yang merupakan wujud implementasi dari sebagian mimpi yang pernah dicetuskan para pendiri, pengurus, dan anggota.

Masih banyak yang lain sedang berjalan dan segera diwujudkan guna membumikan kehadiran PERGUBI untuk berkontribusi nyata dalam menyalurkan pikiran positif dan strategik untuk mendukung kebijakan pemerintah Indonesia baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Buku ini berisikan 12 Bab. Pertama, Prof Dr Sihol Situngkir SE MBA “Strategi Pengembangan Sistem Pengelolaan dan Pengamanan Aset Negara”. Kedua, Prof Dr Hendrawan Supratikno “Aplikasi Teori Permainan Dalam Kebijakan Ekonomi”. Ketiga, Prof Dr Adler Haymans Manurung “Kebijakan Fiskal Saat Ini: Tax Amnesty Kah?” Keempat, Prof Dr Ir Hapzi Ali MM CMA “Analisa Kepuasan Investor: Prediktor Kualitas Layanan dan Aksesibilitas”.

Kelima, Prof Dr Ir Gimbal Doloksaribu MM “Degradasi Etika dan Penegakan Hukum Lingkungan”. Keenam, Prof Dr H Faisal Santiago SH MM “Penegakan Hukum di Negara Hukum”. Ketujuh, Prof Dr Adji Suratman CA CPMA “Pencegahan Fraud dan Korupsi di Indonesia”. Kedelapan, Prof Dr Payaman J Simanjuntak “Politik Ketenagakerjaan”.

Kesembilan, Prof Dr Mts Arief SE MBA CPM “Manajemen dan Kepemimpinan di Perguruan Tinggi.” Kesepuluh, Prof Dr Ir Darwati Susilastuti MM “Keterkaitan Dunia Pendidikan Tinggi dengan Ketahanan Pangan Nasional”. Kesebelas, Prof Dr Charles Surjadi “Menyelenggarakan Strategi dan Upaya Kesehatan di Indonesia dengan Pembangunan Berkelanjutan”. Keduabelas, Prof Dr MH Matondang SE MA “Peranan Faktor Kebudayaan Dalam Pembangunan Ekonomi Masyarakat Desa”.

Para penulis berharap, buku ini mendapat respon baik dan bermanfaat guna mendukung kebijakan pemerintah Indonesia dalan rangka membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga pada gilirannya semakin terealisasi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. (HTS)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel