Pilkada Dairi: Bakal Hanya Diikuti 2 Pasangan Calon, Paslon Rimso Maruli Sinaga-Bilker Purba Tidak Memenuhi Syarat

DAIRI, DNT News – Jumlah dukungan perbaikan untuk pasangan calon (paslon) independen untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Dairi, Rimso Maruli Sinaga-Bilker Purba tidak memenuhi syarat (TMS) sesuai dengan ketentuan PKPU yang berlaku.

Hal ini dikatakan Komisioner KPUD Dairi, Freddy Sinaga, yang membidangi Devisi Teknis dan Penyelenggaraan, Jumat 09 Februari 2018, di Hotel Beristra Dairi, Jln Sidikalang, Km 6,4, Panji Bako, Desa Sitinjo.

Pada hari itu setiap PPS membacakan hasil jumlah perbaikan rekapitulasi dukungan yang telah diverifikasi di lapangan. “Dari hasil verifikasi yang dilakukan di 15 kecamatan di Kabupaten Dairi, pasangan calon perseorangan Bupati-Wakil Bupati, Rimso Maruli Sinaga-Bilker Purba, kami nyatakan TMS karena jumlah dukungan yang harus dipenuhi tidak mencukupi,” katanya.

Disampaikannya, syarat utama untuk maju paslon perseorangan harus menyerahkan 20.450 dukungan berupa suket atau fotocopy KTP-elektronik. Namun pada tahap awal diverifikasi, jumlah dukungan Rimso Maruli Sinaga-Bilker Purba sekitar 12.532 dukungan. Sehingga kekurangan dukungan sekitar 7.918 untuk memenuhi syarat. Untuk itu Kamis-Sabtu 18-21 Januari 2018 diberikan masa perbaikan untuk memenuhi kekurangan syarat dukungan.

“Pada masa perbaikan, Rimso-Bilker menyerahkan 18.306 dukungan. Namun setelah diverifikasi faktual, jumlah rekapitulasi untuk Rimso-Bilker hanya 2.006 dukungan. Sehingga jumlah total untuk dukungan Rimso-Bilker sekitar 12.532 ditambah 2.006, sebesar 14.538 dukungan,” katanya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU Edisi 129/Februari 2018

Sementara, Rimso-Bilker mengaku telah mempersiapkan tim pengacara untuk melakukan gugatan. Ia mengatakan banyak sekali kecurangan dan intervensi dari berbagai pihak saat proses verifikasi faktual. “Kita sudah siapkan tim lawyer. Kita tidak mengenal kata menyerah. Banyak sekali intimidasi di lapangan terhadap pendukung saya,” katanya.

Rimso Maruli Sinaga juga telah mempersiapkan gugatannya yakni melakukan perhitungan faktual ulang dan melarang Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) untuk ikut dalam verifikasi. “Panwaslih sudah cukup banyak mengintimidasi pendukung saya. Padahal jelas, Panwaslih hanya bersifat mendampingi bukan ikut memverifikasi,” tambahnya.

Sebelumnya, Komisioner Panwaslih Bidang Sengketa, Pandapotan Rajagukguk mengatakan siap menerima gugatan tersebut.

Dengan TMS nya paslon Rimso Maruli Sinaga-Bilker Purba dari jalur independen, maka kemungkinan Pilkada Dairi akan diikuti 2 paslon yang menempuh jalur partai politik yakni Eddy Keleng Ate Berutu-Jimmy Sihombing diusung enam partai dengan total 19 kursi yakni Hanura (5 kursi), PDI-Perjuangan (4 kursi), Gerindra (4 kursi), NasDem (3 kursi), Demokrat (2 kursi), dan PKPI (1 kursi).

Serta paslon Depriwanto Sitohang-Azhar Bintang diusung dua partai dengan total 15 kursi yakni Golkar (11 kursi) dan PAN (4 kursi). (BH)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel