Pomparan Raja Marsundung Simanjuntak Bona Pasogit: Pasada Tahi Membangun Tugu Raja Marsundung Simanjuntak

BALIGE, DNT News – Doa, perhatian, pikiran, tenaga, dan bantuan dana, kiranya dapat diberikan sebagai bentuk sumbangsih atas kerinduan bersama dari gagasan untuk menyatukan persepsi dalam pembangunan Rugu Raja Marsundung Simanjuntak ini.

Hal ini dikatakan Jamres Simanjuntak, Penggagas Tugu Raja Marsundung Marsundung, pada “Pertemuan Pomparan Raja Marsundung Simanjuntak dan Pasada Tahi Pajongjongkon Tugu Raja Marsundung Simanjuntak” yang digelar, Rabu 10 Oktober 2018, di Gedung Serbaguna HKBP, Balige, Kabupaten Toba Samosir.

“Pataluma roham sampe so boi ho dipatalu (kalahkan hatimu hingga tidak dapat dikalahkan) dan unang alani parsalisihan gabe moru parsaudaraan (jangan karena permasalahan jadi hilang persaudaraan. Namun tinggalkan kekurangan demi kesehatian sebagai amal untuk menghormati pencipta dan leluhur,” katanya.

Jamres Simanjuntak yang berdomisili di Papua ini berharap kepada seluruh keluarga besar Simanjuntak yang belum bisa hadir pada saat itu untuk mendukung keputusan Nota Kesepakatan punguan pomparan Raja Marsundung Simanjuntak, pomparan Raja Parsuratan, Mardaup, Sitombuk, dan Hutabulu Se-Bona Pasogit. “Mari kita dukung untuk kita keturunannya yang ada di luar Bona Pasogit atau perantauan,” imbuhnya.

Jamres Simanjuntak dari Papua, Penggagas Tugu Raja Marsundung Simanjuntak, memberikan kata sambutan
Berlin Simanjuntak, Ketua Simanjuntak Raja Marsundung Bona Pasogit memberikan sambutan
Jhon Piter Simanjuntak SH MH, Ketua Simanjuntak Raja Marsundung Indonesia memberikan sambutan

Berlin Simanjuntak, Ketua Simanjuntak Raja Marsundung Bona Pasogit mengatakan bahwa marga Simanjuntak itu adalah satu, makanya dikatakan Simanjuntak rii. Dia mengharapkan tidak ada lagi yang menolak pembangunan Tugu Raja Marsundung Simanjuntak ini. “Mari kita sebarkan berita ini. Bahwa pertemuan yang telah kita lakukan sekarang, telah bersepakat untuk membangun Tugu Raja Marsundung Simanjuntak,” imbuhnya.

Sementara Tumbur Simanjuntak, Ketua Tim Sosialisasi mengatakan sosialisasi pembangunan Tugu Raja Marsundung Simanjuntak ini telah dilakukan di seluruh wilayah bona pasogit meliputi empat kabupaten. Mulai dari Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Humbahas, Kabupaten Samosir, serta kabupaten Tapanuli Tengah.

“Pada sosialisasi kepada pomparan Raja Marsundung Simanjuntak untuk keseluruhan tempat yang ada di Bona Pasogit, pada intinya sepakat membangun Tugu Raja Marsundung Simanjuntak,” katanya.

Dia juga menyampaikan bahwa sosialisasi telah dilakukan kepada hula-hula Raja Hasibuan dan hula-hula Sihotang, bahkan boru sihabolonan Namora Jobi Sirait. “Mereka sangat menyambut, menyetujui, dan sehati atas pembangunan Tugu Raja Marsundung Simanjuntak,” ujarnya.

Jamres Simanjuntak dari Papua, Penggagas, menandatangani Nota Kesepakatan Pembangunan Tugu Raja Marsundung Simanjuntak
Penyerahan Nota Kesepakatan dari Tumbur Simanjuntak (Ketua Tim Sosialisasi) kepada Humala Simanjuntak SH (Ketua Simanjuntak Raja Marsundung Se-Dunia)
Suasana pertemuan Pomparan Raja Marsundung Simanjuntak dan Pasada Tahi Pajongjongkon Tugu

Pertemuan yang diprakarsai pomparan Simanjuntak Raja Marsundung Bona Pasogit ini dihadiri sekitar seribuan jiwa. Kegiatan diawali kebaktian dengan mengambil thema “Ida ma dengganna i dohot sonangna i molo tung pungu sahundulan angka na namarhahamaranggi” (Psalmen 133:1) dan sub-thema “Pomparan Raja Parsuratan, Raja Mardaup, Raja Sitombuk, Raja Hutabulu sisada tangiang laho mangeahi angka nauli tu joloan ni ari on”.

Setelah itu dilakukan penandatanganan Nota Kesepakatan para perwakilan yakni Humbil Simanjuntak (Raja Parsuratan), Bosur Simanjuntak (Raja Mardaup), Efendi Simanjuntak (Raja Sitombuk), Banjir Simanjuntak (Raja Hutabulu), Wilmar Sirait (Mewakili Boru Naompon), Mastiur Simanjuntak (Boru Bere Ibebere), Jamres Simanjuntak (Penggagas) dan Tumbur Simanjuntak (Tim Sosialisasi).

Jamres Simanjuntak dari Papua (Penggagas) bersama Asri br Simanjuntak dan Nelson Simanjuntak (Mewakili Pengurus Group Parhobas Raja Marsundung Simanjuntak Se-Tapanuli Raya)
Penampilan artis Dennis Simanjuntak (Artamas Trio), Nikson Simanjuntak (Lamtama Trio), dan Erika Simanjuntak
Panji P Simanjuntak (Humas Simanjuntak Raja Marsundung Indonesia)

Pada pertemuan tersebut terlihat hadir Humala Simanjuntak SH (Ketua Simanjuntak Raja Marsundung Se-Dunia), John Piter Simanjuntak (Ketua Simanjuntak Raja Marsundung Se-Indonesia), Nelson Simanjuntak (Penasihat Tim Sosialisasi), Raja Tartar Simanjuntak, dan lainnya.

Pertemuan ini merupakan lanjutan dari “Pertemuan Raya” Marga Simanjuntak yang dilakukan, Sabtu 14 April 2018, di Desa Parsuratan. Ketika itu diawali dengan ziarah ke Makam Raja Marsundung Simanjuntak, kebaktian, dan berlanjut penyerahan tugas kepada Tim Sosialisasi untuk mengunjungi seluruh keturunan marga Simanjuntak.

Sesuai informasi yang diperoleh dari Pandji P Simanjuntak (Humas) rencana peletakan batu pertama pembangunan Tugu Raja Marsundung Simanjuntak ini dijadwalkan dilakukan Rabu 19 Desember 2018 mendatang, di Bona Pasogit. (TR)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel