Presiden Jokowi akan Sambut Penerbangan Perdana Singapore-Silangit

SINGAPURA, DNT News – Kebijaksanaan Pemerintah Republik Indonesia tentang pengembangan kawasan wisata di seluruh Indonesia yang disebut 10 Bali Baru salah satunya adalah Danau Toba di Sumatera Utara.

Hal ini dikatakan Duta Besar Indonesia untuk Singapura, HE Ngurah Swajaya, pada “Singapore-Silangit Air Connectivity Gala Night” yang digelar, Selasa 17 Oktober 2017, di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura.

Kegiatan yang terlaksana berkat kerjasama KBRI Singapura dengan Kementerian Perhubungan RI, Kementerian Pariwisata RI, dan Garuda Indonesia ini diselenggarakan dalam rangka mendukung penerbangan perdana dari Singapura ke Silangit pada Sabtu 28 Oktober 2017 mendatang guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke kawasan pariwisata Danau Toba. Maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan melayani rute Changi Singapura ke Bandara Silangit di Tapanuli Utara.

Sementara Direktur Utama BPODT, Ir Arie Prasetyo, menjelaskan perkembangan kawasan wisata Danau Toba dewasa ini termasuk pembangunan Infrastruktur dari Medan ke Parapat.

“Rencananya, penerbangan perdana dari Singapura ke Silangit akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2017. Di Bandara Silangit, rombongan wisata perdana dari Singapura akan disambut langsung oleh Presiden Jokowi,” katanya.

Ir Sanggam Hutapea MM (kanan) bersama Brigjen TNI (Purn) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH, dan Adil Anwar pengusaha Travel dari Medan
Ir Sanggam Hutapea MM (kiri) bersama para pengusaha Travel dan beberapa bupati kawasan Toba

Acara tersebut diisi dengan hiburan tarian dari enam puak Batak serta diwarnai tarian dari Melayu dan Nias.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumut, Drs Elisa Marbun MSi, mengatakan bahwa ragam tarian tersebut merupakan gambaran inclusivitas Danau Toba. “Dengan demikian, Danau Toba adalah milik semua karena memang seluruh dunia kita undang untuk datang ke Danau Toba,” ujarnya.

Acara hiburan berupa tarian dari enam puak Batak serta diwarnai tarian dari Melayu dan Nias

Pada acara tersebut terlihat hadir dari kalangan diplomatik yakni Duta Besar Malaysia untuk Singapura, Duta Besar Vietnam untuk Singapura, dan kalangan diplomatik lainnya.

Dari dalam negeri tampak Wakil Gubernur Sumut Brigjen TNI (Purn) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH, beberapa Kepala Daerah seperti Ir Darwin Siagian (Bupati Tobasa), Drs Rapidin Simbolon MM (Bupati Samosir), Ir Remigo Y Berutu MBA (Bupati Pakpak Bharat) serta Direksi BPODT, Direksi Garuda, dan Kementerian Perhubungan.

Selain itu tampak hadir beberapa pengusaha industri pariwisata dari Sumut seperti pengusaha Travel Agent dan Hotel. Dari Singapura sendiri hadir banyak pengusaha Travel Agent.

Ir Sanggam Hutapea MM, Pemerhati dan Pengusaha Pariwisata, yang turut hadir dalam acara tersebut kepada wartawan mengatakan keterharuannya. “Inilah saat kebangkitan dunia wisata Toba setelah dua puluh tahun mati suri. Kita harus bersyukur, setelah dua puluh tahun, baru inilah pemerintah memberi perhatian ke Danau Toba,” ungkapnya.

Dia berharap agar seluruh kabupaten terkait berbenah di kawasan masing masing. “Sebab yang bertanggung jawab membenahi kawasan wisata di luar kawasan yang dikembangkan oleh BPODT adalah Pemerintah Kabupaten,” pungkasnya. (Yansen)

Komentar (1)

One Comment on “Presiden Jokowi akan Sambut Penerbangan Perdana Singapore-Silangit”

  1. Horas Bapak/Ibu…
    Maaf melalui ini saya bertanya, bolehkah kami memberikan berita ke Berita Online Dalihannatolu serta ke Majalah?

    Kalau boleh, kemanakah kami boleh mengirimkan tulisan atau berita lainnya?

    Terimakasih…
    Salam, Pdt. Alter Pernando Siahaan. (HKBP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel