Prof. Dr. Ratlan Pardede Dubes RI untuk Tanzania: Dorong Perdagangan Langsung Produk Indonesia di Kigoma

KIGOMA, DNT News – Dubes RI untuk Tanzania, Prof Dr Ratlan Pardede ingin mendorong perdagangan langsung produk Indonesia di Tanzania, lewat penciptaan distributor-distributor produk Indonesia di Provinsi Kigoma.

Hal tersebut dikemukakannya dalam presentasi potensi ekonomi Indonesia-Kigoma yang dihadiri jajaran tinggi Kamar Dagang Industri dan Agrikultur (TCCIA), pemerintah kota dan kalangan usaha Kigoma.

“Kigoma memiliki pelabuhan dan letaknya amat strategis, berbatasan dengan negara sekitar yang tak berpantai. Sehingga tepat sekali jika dapat diciptakan distributor-distributor di sini, sebagai hub produk Indonesia, tidak hanya untuk pasar Tanzania namun juga merambah ke negara tetangga seperti Burundi, Republik Demokratik Kongo, Zambia Rwanda,” ujar Dubes Pardede.

Sependapat dengan Dubes Pardede, Walikota Kigoma, Althymen Musa juga menambahkan agar pengusaha Kigoma tidak ragu menjadi distributor karena mempercayai daya saing produk Indonesia yang unggul dari segi kualitas.

“Dari pengalaman pribadi saya menggunakan produk-produk buatan Indonesia, khususnya elektronik dan listrik, produk-produk tersebut terbukti berkualitas tinggi, dan tahan lama,” ujarnya.

Selama ini produk Indonesia di pasar Tanzania termasuk Kigoma dipasok dari negara ketiga seperti UAE Dubai, Afrika Selatan, dan Kenya.

“Daya saing produk Indonesia dari segi harga rendah dan kualitas tinggi akan semakin lengkap dengan terciptanya perdagangan langsung,” imbuh Dubes Pardede.

Untuk mendorong hal tersebut, Dubes Pardede mengundang kehadiran pelaku usaha Kigoma untuk hadir dalam Trade Expo Indonesia  (TEI) 2017.

“Lewat TEI pengusaha Kigoma dapat melihat langsung potensi kerjasama dengan Indonesia, dan daya saing produk Indonesia. Hubungan langsung tersebut akan mampu mendongkrak volume perdagangan kedua negara, apalagi, kedua negara memiliki potensi untuk saling melengkapi kebutuhan,” pungkas Dubes Pardede.

Pertemuan dengan kalangan usaha Kigoma tersebut menjadi penutup rangkaian program dalam kunjungan kerja KBRI Dar es Salaam ke Kigoma.Kunjungan tersebut menyasar pemetaan potensi daerah-daerah di Tanzania untuk dipasangkan dalam kerjsama bisnis yang sesuai dengan Indonesia. (K)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel