Punguan Raja Siagian Wilayah Depok Sekitarnya: Gelar Wisata Rohani Kombinasi Konsep Religi dan Profesionalisme di Puncak, Cisarua, Jawa Barat

CISARUA, DNT News – Tujuan utama Wisata Rohani ini adalah untuk meningkatkan iman kekristenan anggota sehingga semakin mengasihi satu sama lain serta menumbuhkan rasa cinta terhadap kebudayaan Batak khususnya bagi generasi muda. Regenerasi menjadi perhatian khusus pengurus. Oleh karenanya akan merencanakan berbagai kegiatan yang berkonsentrasi kepada generasi muda.

Hal ini dikatakan Ketua Punguan Raja Siagian, Boru & Bere Wilayah Depok Sekitarnya, Hiras Panahatan Siagian pada kegiatan Wisata Rohani yang berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu 29-30 Juni 2019, di Griya Astoeti Hotel, Puncak, Cisarua, Jawa Barat.

Disampaikannya, dalam acara ini panitia menyelipkan pesan kepemimpinan dan kerjasama tim dalam kegiatan permainan yang dilaksanakan. Harapan dan maknanya agar dapat diterapkan dalam punguan sehingga semakin rukun dan saling mengasihi sesama anggota serta dapat menjadi garam dan terang di masyarakat.

Kegiatan Wisata Rohani yang diikuti 150 orang tersebut mengambil tema “Masihaholongan Ma Hita di Bagasan Tuhan” dan subtema “Angkup ni i, saroha ma hamu saluhutna, sapangkilalaan angka na marholong ni roha di dongan, na marasi ni roha, na serep” (1 Petrus 3: 8).

Diabadikan para peserta Wisata Rohani Punguan Raja Siagian, Boru & Bere Wilayah Depok Sekitarnya
Konsep edukasi “Team Building” dan “Leadership” dalam Wisata Rohani Punguan Raja Siagian Wilayah Depok Sekitarnya
Konsep edukasi “Team Building” dan “Leadership” dalam setiap permainan yang diikuti seluruh peserta segala umur

Sementara Ketua Panitia, Sarma Siagian mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang hadir dalam even Wisata Rohani tahun ini. Dia berharap acara seperti ini terus berkesinambungan dan tambah berwarna pada tahun-tahun mendatang. “Harapan saya, semua anggota punguan keturunan Raja Siagian dapat lebih mengenal satu sama lain,” ujarnya.

Selain kegiatan budaya tari tortor, Wisata Rohani ini dikemas dengan konsep yang menarik minat kalangan muda. Konsep edukasi “Team Building” dan “Leadership” mengisi 50 persen dari keseluruhan acara dalam setiap permainan yang diikuti seluruh peserta segala umur. Panitia berharap, peserta mampu menerapkannya dalam keseharian berkeluarga, bermasyarakat, dan bekerja secara profesional.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 146/Juli 2019
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 146/Juli 2019

Sebagian lagi kegiatan difokuskan pada acara religi. Kebaktian pertama pada Sabtu malam, 29 Juni 2019 dipimpin majelis Gabriel Siagian yang menghimbau peserta menjadi garam yang menyedapkan dan menjadi terang bagi sekitar.

Kebaktian kedua pada Minggu pagi 30 Juni 2019 dipimpin St Jannes Siagian dengan khotbah yang menyejukkan agar peserta dapat hidup bergandengan tangan yang dilandasi oleh kasih dari Tuhan Yesus. ”Hendaklah kita semua yang hadir dalam Wisata Rohani ini, khususnya pengurus dan anggota Marga Siagian se-Depok dapat seia-sekata, seperasaan, mengasihi, dan rendah hati,” katanya.


Panitia penyelenggara kegiatan Wisata Rohani Keluarga Raja Siagian Wilayah Depok Sekitarnya ini mendapat apresiasi dari para pengurus serta anggota Punguan Raja Siagian Se-Jabodetabek karena dinilai telah berhasil melibatkan partisipasi yang tinggi generasi muda serta antusiasme dari kalangan orang tua.

Sebelum kegiatan Wisata Rohani tersebut ditutup, panitia mengadakan acara pembagian hadiah, tukar kado, serta foto bersama. (AAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel