Punguan Sagala Raja Hutabalian Nabolak Se-Jabodetabek: Gelar Pesta Ucapan Syukur Ke-6 Tahun Dirangkai dengan Pelantikan Pengurus Harian Periode 2018-2022

BEKASI, DNT News – Kepengurusan sebelum ini sangat bagus. Kita tinggal meningkatkan kinerja daripada pengurus lama. Itu bisa kita pertahankan saja sudah termasuk bagus, apalagi kalau kita tingkatkan cara kinerjanya. Persoalannya hanya tinggal bagaimana kerjasama pengurus yang terpilih dari mulai ketua umum sampai seksi-seksi.

Hal ini dikatakan St Wilson Sagala (Op Pangeran), Ketua Umum Punguan Sagala Raja Hutabalian Nabolak Boru Bere Se-Jabodetabek periode 2018-2022 pada Pesta Ucapan Syukur Ke-6 Tahun, Minggu 02 September 2018, di Gedung Pertemuan Graha Cibening, Gg H Sekum No 160, Jatibening, Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat. “Kebetulan anggota Punguan Sagala Raja Hutabalian Nabolak ini boleh dikatakan baik-baik. Jadi gampang diarahkan dalam arti mudah mengerti,” katanya.

Disampaikannya, punguan marga apa pun baik besar maupun kecil, nuansanya adalah adat. Karena adat itu adalah kasih yang sudah diciptakan nenek moyang. “Nah, inilah yang perlu kita canangkan kepada naposo generasi muda untuk meneruskannya. Kita akan mengarahkan mereka dan memberikan masukan-masukan terkait adat-istiadat supaya jangan kehilangan budaya Bataknya,” katanya.

Pesta Ucapan Syukur yang dipanitiai T Marungkil Sagala (Ketua) dan St Bustamin Sigiro (Sekretaris) ini mengambil thema “Serahkanlah Perbuatanmu Kepada Tuhan Maka Terlaksanalah Rencanamu” (Ams 16:3) dan Sub-Thema “Dengan Pesta Ucapan Syukur kita tingkatkan ibadah kepada Tuhan agar rencana Punguan Sagala Raja Hutabalian Nabolak Boru Bere dapat terlaksana dengan baik.”

Para tetua Punguan Sagala Raja Hutabalian Nabolak Boru Bere Se-Jabodetabek dengan tekun mengikuti Pesta Ucapan Syukur Ke-6 Tahun
Para tetua Punguan Sagala Raja Hutabalian Nabolak Boru Bere Se-Jabodetabek dengan tekun mengikuti Pesta Ucapan Syukur Ke-6 Tahun
St Wilson Sagala/br Sitohang (Op Pangeran) dilantik Penasihat sebagai Ketua Umum Punguan Sagala Raja Hutabalian Nabolak periode 2018-2022

Kegiatan tersebut diawali dengan ibadah dipimpin Pdt Hengky Haposan Butarbutar MTh. Acara dirangkai dengan pelantikan Pengurus Harian periode 2018-2022 dengan St Wilson Sagala/br Sitohang (Ketua Umum), St Jaharap Sagala/br Purba (Sekretaris Umum), dan St Winter Sigiro/br Sagala (Bendahara Umum).

Daulat Sagala SE, Ketua Umum lama, menyampaikan laporan tentang perjalanan punguan selama empat tahun. Selanjutnya, Penasihat melantik pengurus baru dengan Ketua Umum St Wilson Sagala beserta jajarannya. Pelantikan tersebut ditandai dengan penyerahan buku anggota dan tongkat kepemimpinan dari pengurus lama ke pengurus baru.

Dr Jimmy Simanjuntak SH MH (kedua kanan)/Dessy Tiurlan Christiawati br Sagala SH MH dengan penuh sukacita diabadikan bersama anggota lainnya
Dr Jimmy Simanjuntak SH MH menyalurkan hobby dengan menyumbangkan suaranya membawakan beberapa lagu Batak pada acara hiburan
Para kaum ibu diabadikan pada Pesta Ucapan Syukur Ke-6 Tahun Punguan Sagala Raja Hutabalian Nabolak Boru Bere Se-Jabodetabek

T Marungkil Sagala, Ketua Panitia, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dipersiapkan selama empat bulan. Acara dapat berjalan dengan baik berkat kerja keras panitia dan dukungan dari para tetua punguan baik dari segi material maupun moril.

Dia berharap kepada naposobulung agar acara tersebut tidak hanya sebatas seremonial dalam bentuk sosial dan kekerabatan. Ke depan harus semakin baik dan sukses dalam perjalanan kehidupan. “Namun yang paling utama untuk keluarga, dalam hal empati dan simpati yang saling terbuka baik dalam kegiatan sukacita maupun dukacita,” katanya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 136/September 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 136/September 2018

Sementara Dr Jimmy Simanjuntak SH MH yang merupakan Seksi Pengembangan SDM Generasi Muda mengatakan sebagai pihak boru melihat acara tersebut sangat baik. “Ada kesempatan bagi Hula-hula Sagala bersama Boru Bere untuk saling mengenal dan mensyukuri anugerah Tuhan,” katanya.

Pria yang berprofesi sebagai lawyer dan Penasihat Majalah DALIHAN NA TOLU ini berjanji akan serius melakukan pembinaan terhadap naposobulung punguan agar bisa meneruskan yang sudah dilakukan para tetua tentang pemahaman budaya Batak khususnya di marga Sagala itu sendiri. “Ini sudah baik. Kita akan tingkatkan dengan kegiatan khusus yang dilakukan naposobulung seperti retreat. Lalu seminar dengan cara yang tidak terlalu kaku tetapi bisa mengajak naposobulung berperan-serta,” ujarnya.


Sebagaimana layaknya Pesta Ucapan Syukur dalam masyarakat Batak, selalu diisi dengan acara manortor. Diawali dengan mangido tua ni gondang, manortor pengurus, Sagala Raja Hutabalian Nabolak, Sagala Karawang, Sagala Rumah Pintu, Parsadaan Sagala Raja Se-Jabodetabek, dan Boru Bere. Selanjutnya manortor dakdanak dan naposobulung.

Acara pun berakhir pada sore hari dengan menyanyikan lagu “O Tano Batak” dan ditutup dengan doa. Para hadirin bersalam-salaman dan pulang ke rumah masing-masing dengan penuh sukacita. (AAN)

====================================
BADAN PENGURUS HARIAN
PUNGUAN SAGALA RAJA HUTABALIAN
NABOLAK DOHOT BORU & BERE
SEJABODETABEK PERIODE 2018-2022
====================================
Penasihat:
Abidin Sagala/br. Panjaitan (Op. Fajar)
Batuel Sagala/br. Simbolon (Op. Kevin)
Charles Sagala/br. Napitupulu (Op. Javiar)
Makdin Sagala/br. Siagian (A. Vina)
Daulat Sagala/br. Sinurat (Op. Ribka)

Ketua Umum:
St. Wilson Sagala/br. Sitohang (Op. Pangeran)
Wakil Ketua I:
Darkon Sagala/br. Sihombing (A. Faith)
Wakil Ketua II:
Mangisar Sagala/br. Sinaga (A. Jesica)
Sekretaris Umum:
St. Jaharap Sagala/br. Purba (A. Bangga)
Wakil Sekretaris I:
Marungkil Sagala/br. Sitanggang (A. Leonil)
Wakil Sekretaris II:
Maju Doar Sagala/br. Limbong (A. Gabriel)
Bendahara Umum:
St. Winter Sigiro/br. Sagala (A. Gracea)
Wakil Bendahara:
Palti Tambunan/br. Sagala

Seksi Kerohanian:
St. Dame Tua/br. Simbolon (A. Tika)
Seksi Paradaton:
Dokkin Sagala/br. Simbolon (+) (A. Osin)
Seksi Pemuda Pemudi:
Janner Sagala/br. Gultom
Seksi Seni Budaya dan Kearifan Lokal:
Pardi Sagala/br. Siagian
Seksi Pengembangan SDM Generasi Muda:
Dr. Jimmy Simanjuntak, SH, MH
Seksi Pengembangan Usaha dan Ek. Kreatif:
Febry Aditya Pratama AG Sigiro
Seksi Pembangunan Infrast dan Pariwisata:
Ir. Ridwan Sagala/br. Marpaung
Seksi Humas dan Dokumentasi:
Walman Sagala/br. Simalango
Seksi Sosial dan Kesehatan:
Op. Javiar boru (Boru Napitupulu)
Seksi Keamanan:
Wulan Darma Sagala

Komisaris Wilayah Jakarta Timur I:
Walman Sagala/br. Simalango
Komisaris Wilayah Jakarta Timur II:
Mustapa Sagala/br. Sitanggang
Komisaris Wilayah Jakarta Selatan:
Jaralam Sagala/br. Limbong
Komisaris Wilayah Jakut dan Jakpus:
Bob Sagala/br. Samosir
Komisaris Wilayah Jakarta Barat:
Andika Sagala/br. Sidauruk
Komisaris Wilayah Tangerang:
Maju Sagala/br. Siahaan
Komisaris Wilayah Bekasi:
Aden Sagala/br. Purba
====================================

Komentar (1)

One Comment on “Punguan Sagala Raja Hutabalian Nabolak Se-Jabodetabek: Gelar Pesta Ucapan Syukur Ke-6 Tahun Dirangkai dengan Pelantikan Pengurus Harian Periode 2018-2022”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (1)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel