Punguan Toga Pandiangan Pomparan Raja Humirtap Se-Jabodetabek: Gelar Partangiangan Bona Taon “Tuhan Akan Mengangkat Engkau Menjadi Kepala”

JAKARTA, DNT News – Luhutan na masihaholongan, di partangiangan bona taon ta Punguan Toga Pandiangan Pomparan Raja Humirtap dohot Boru/Bere Se-Jakarta Nahumaliang sadarion, tahilala do denggan basa ni Tuhan na mansagihon pasu-pasuNa na tau sihangoluonta. Dibahen i, sian nasa malonta, taendehon ma somba-somba ni haporseonta tu Ibana.

Panggilan ibadah inilah yang mengawali Partangiangan Bona Taon Punguan Toga Pandiangan Pomparan Raja Humirtap Se-Jabodetabek, Minggu 15 April 2018, mulai pukul 09.00 WIB, di Gedung Mulia, Kompleks Mulia Raja, Jln Kebun Nanas No 70, Jakarta Timur.

Perayaan tersebut mengambil tema “Tuhan akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah Tuhan, AllahMu, yang kusampaikan pada hari ini kau lakukan dengan setia” (Ulangan 28:13) dan sub-tema “Generasi muda Pandiangan siap berkompetisi dalam era Milenials”.

Kegiatan itu dipanitiai Marolop Pandiangan SH MH (Ketua), Kristofer Pandiangan SE (Sekretaris), dan Mulia Marianus Rumahorbo (Bendahara). Acara berlangsung meriah dan sukses hingga malam hari yang dihadiri sekitar 2.000 jiwa baik orang tua, pemuda, maupun anak-anak.

Acara ini diawali dengan ibadah yang dipimpin Pdt Mangido Tua Pandiangan STh MM (Praeses HKBP Distrik VII Samosir) sebagai pengkotbah. Liturgist diperankan Pdt Robert Pandiangan MTh (Praeses HKBP Distrik XXI Banten) dan doa syafaat dipanjatkan St Drs Harold Pandiangan (Ompu ni si Ribka).

Dari ki-ka: Kamidun Pandiangan SE (Penasihat), Bona Raffles Pandiangan SH Dipl Ins (Ketua Umum), dan Marolop Pandiangan SH MH (Ketua Panitia)
Punguan Toga Pandiangan menyematkan Ulos kepada Pdt Ramses Pandiangan, Pdt Mangido Tua Pandiangan STh MM, Pdt Robert Pandiangan MTh, Pdt Anggiat Pandiangan, dan Pdt Berlin Pandiangan
Para kaum ibu sebanyak 6 orang melelang Songket masing-masing seharga Rp 10 juta yang diserahkan Ketua Umum, Ketua Panitia, Penasihat, dan pengurus lainnya

Acara berjalan lancar dan tertib dengan MC diperankan Drs Liberty Pandiangan SE MSi. Seremoni perayaan dimulai prosesi dengan iringan lagu “Marolop-olop Tondingki” dimana pengurus harian, panitia partangiangan bona taon, dan komisaris wilayah memasuki ruangan yang diterima Dewan Penasihat dan Dewan Adat. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan lagu “Mars Toga Pandiangan.”

Marolop Pandiangan SH MH, Ketua Panitia, dalam sambutannya mengatakan puji syukur kepada Tuhan dapat terselenggara partangiangan bona taon sekali dalam dua tahun. “Walaupun ada rasa sedih (arsak ni roha) dalam perjalanan hidup, namun harus kita ungkapkan bahwa lebih banyak suka cita (las ni roha) yang kita terima dari Tuhan melalui kesehatan, panjang umur, berkat hidup, anak semakin dewasa, dan lainnya,” katanya.

Bona Raffles Pandiangan SH Dipl Ins, Ketua Umum Punguan Toga Pandiangan Pomparan Raja Humirtap Se-Jabodetabek, dalam sambutannya berharap kepada generasi muda agar dapat menjaga citra Pandiangan dan mengangkatnya sehingga menjadi marga yang semakin dikenal dan dapat berperan dalam NKRI. “Jangan terlengah dalam persaingan di era Milenials ini tetapi harus siap dan harus memiliki inovasi. Tanpa inovasi dalam era keterbukaan ini, jangan berharap dapat bersaing. Hanya yang berinovasilah yang dapat bersaing dan berperan dalam segala bidang,” tandasnya.

Lelang Gambar Tugu Pandiangan dan Gambar Rumah Adat diserahkan Ketua Umum Bona Raffles Pandiangan SH Dipl Ins dan Ibu serta Penasihat Kamidun Pandiangan SE dan Ibu
Ketua Panitia Marolop Pandiangan SH MH menyerahkan hadiah pemenang “Games Online Pandiangan” yakni pemilik email pcs_bi_2017, Alfredo Sinaga, dan Freddy
Pelantikan pengurus Naposobulung Pandiangan dengan Jasa Fernando Pandiangan (Ketua), Frans Kevin Pandiangan (Sekretaris), dan pengurus lainnya

Turut memberikan sambutan Ama Elsa Manik (mewakili boru), Ompu Anjas Pandiangan (mewakili dongan tubu), Ama Rosa Pandiangan (mewakili Komisaris Wilayah), Monang Pandiangan BME (mewakili Dewan Adat), dan Ir Harapan Pandiangan (mewakili Dewan Penasihat).

Perayaan ini sarat dengan pemberian penghargaan. Penyematan Ulos kepada Pdt Ramses Pandiangan (Ephorus GPKB), Pdt Mangido Tua Pandiangan STh MM, Pdt Robert Pandiangan MTh, Pdt Anggiat Pandiangan, dan Pdt Berlin Pandiangan. Serta sipalas roha terhadap anggota punguan meliputi anak berprestasi di sekolah, ina namabalu, dan anak yatim piatu.

Pada acara bona taon ini diisi dengan acara manortor dari tiap wilayah dengan membawa parbue sakti. Diawali Wilayah A meliputi Jakarta Utara, Bogor, Depok, Cileungsi, Setu, Bantar Gebang, dan luar Jabodetabek. Wilayah B meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Timur I, Jakarta Timur II, Jakarta Timur III, dan Jakarta Selatan. Wilayah C meliputi Jakarta Barat, Tangerang, Serpong, Ciledug, dan Serang. Wilayah D meliputi Bekasi, Harapan Baru, Cibitung, Tambun, dan Cikarang. Selanjutnya manortor Naposobulung, serta Dakdanak meliputi Anak-anak, TK, dan SD.


Pada acara itu juga dilakukan “Games Online Pandiangan”. Lelang dengan juru lelang Berlin Pandiangan SE dan Tunggul Sianipar SH berupa beberapa Gambar Tugu Raja Pandiangan, Gambar Rumah Adat, Songket, dan Ulos Batak yang menghasilkan dana sebesar Rp 235 juta. Pelantikan koordinator baru dan pelantikan pengurus Naposobulung Pandiangan. Serta doorprize dengan berbagai hadiah alat elektronik berupa blender, rice cooker, Microwave, HP Samsung, dan hadiah utama Sepeda Motor.

Acara berlangsung semakin menarik dengan kehadiran Batara Guru Junior, Laonma Trio, VG Pandiangan, Trio Pandiangan Cibitung Tambun, Trio Pandiangan Setu Batargebang, Ezra Pandiangan, Performance Naposobulung Pandiangan, dan lainnya.

Acara pun berakhir malam hari pukul 20.30 WIB yang ditutup dengan doa dipanjatkan Pdt Ramses Pandiangan (Ephorus GPKB). Selanjutnya para hadirin menyanyikan lagu “O Tano Batak” bersalam-salaman dan pulang ke rumah masing-masing dengan penuh sukacita. (HTS)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel