Rosdiana Hutapea SPd: Cerpenis Wanita Berdarah Batak Mampu Menggetarkan Hati dan Membangkitkan Tekad Berbuat dan Peduli Sesama

JAKARTA, DNT News – Selama 7 tahun terakhir sejak Januari 2011 hingga saat ini September 2017, Majalah DALIHAN NA TOLU selalu dihiasi tidak kurang 81 rubrik Cerpen. Pemuatan Cerpen ini mendapat tanggapan positif dari berbagai golongan pembaca, sehingga DNT-CENTER penerbit majalah itu tergerak untuk selalu memuatnya.

Penulis Cerpen tersebut adalah Rosdiana Hutapea SPd, Wanita Berdarah Batak, kelahiran 19 September 1963, di Desa Sintong Marnipi, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara. Dia anak kedua dari delapan bersaudara lahir dari kalangan petani yang membuatnya dekat dengan alam pedesaan serta terlatih hidup mandiri sejak anak-anak.

Dia menyelesaikan pendidikan tinggi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi (FKIP-UNJA) jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Cita-citanya sejak kecil menjadi seorang guru mengantarkannya mengajar di SMP Negeri 7 Batanghari Jambi, melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Dari pernikahannya tahun 1991 dengan Jumintar Hutajulu, dia memiliki empat orang anak yang masih dalam pendidikan yakni Arifson Sahata Hutajulu, Victor Caesar Hutajulu, Ridho Marudut Hutajulu, dan Meliana Yosepha Hutajulu.


Umumnya cerpen yang ditulisnya diangkat dari realita kehidupan yang diracik seperlunya agar menjadi bacaan yang layak. Penyampaiannya selalu menginspirasi karena muatannya yang bernas dan penuh nilai edukasi. Cerpennya pun mudah dipahami dan dicerna, karena ditulis dengan lugas dan sederhana. Sehingga mampu menggetarkan hati dan membangkitkan tekad untuk mau berbuat dan peduli kepada sesama.

Atas dasar itulah pada April 2016 lalu, DNT-CENTER berkenan menerbitkan 45 cerpennya dalam bentuk buku Kumpulan Cerpen Karya Rosdiana Hutapea berjudul “MENGUAK NILAI-NILAI KEHIDUPAN”. Penerbitan buku ini sudah lama dinanti-nantikan dan kesampaian dengan segala keterbatasan kemampuan.

Sejalan dengan profesi seorang guru, dia pernah mengikuti lomba. Tahun 2012 berhasil mengantar siswanya lolos ke tingkat provinsi dalam “Lomba Cipta Puisi” lewat kegiatan FLS2N. Tahun 2013 meraih Juara I “Menulis Surat Terbuka Kepada Dahlan Iskan” diselenggarakan Harian Jambi Ekspres. Tahun 2015 “Aku Anak Indonesia“ cerpen siswa bimbingannya berhasil meraih juara pertama diselenggarakan Kantor Bahasa Provinsi Jambi. Beberapa anekdot pernah dimuat dalam Majalah “Hai”. Cerpen “Aku Anak Polisi” karyanya menghiasi Majalah “Pertiwi”.

Cerpen yang ditulis Rosdiana Hutapea SPd merupakan upaya yang sangat penting dan perlu. Semakin banyak benih kebajikan ditaburkan, maka akan semakin banyak pihak yang tergerak. Sehingga kelak bertumbuh dan berbuah etos-positif yang memaknai agar dalam kehidupan selalu punya niat dan mau untuk berbuat maupun peduli kepada sesama. (Taruliasi)

Telah terbit!!!
Majalah Bulanan DALIHAN NA TOLU edisi 124/September 2017. Mau berlangganan??? Hubungi kami segera.

 

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel