Senandung Simalungun: Sukses Berkumandang Memberikan Kepuasan Kepada Hadirin di Siantar Hotel Kota Pematangsiantar

PEMATANGSIANTAR, DNT News – Tepat pukul 19.00 WIB pagelaran “Senandung Simalungun” diawali MC Anca Damanik. Lagu “Sipukkah Huta” menjadi perdana dinyanyikan Arlinda br Damanik dipimpin langsung sang komponis Agus Erdiaman Purba. Saat lagu ini dikumandangkan, para penonton langsung berdiri dan bersama bernyanyi hingga menambah kemeriahan suasana.

Selanjutnya, Arlinda melantunkan dua buah lagu yang salah satunya merupakan lagu sendiri berjudul “Ulang Pala Sangsi”. Tepuk tangan gemuruh dari penonton tidak terbendung usai lagu dibawakannya, karena terpukau dengan keindahan suara serta keapikan dalam membawa lagu.

Kemudian Maria br Saragih tampil membawakan lagu “Sirang Padan” sekaligus sebagai penghormatan kepada legenda Seniman Simalungun alm Saruddin Saragih. Seakan dibawa sekilas ke masa lalu, dia mampu memukau penonton dengan tembang yang dibawakannya termasuk di antaranya “Batang Na Marrongga” dan “Lang Tampil” ciptaan Lamser Girsang.

Acara diselingi Tor-tor kreasi oleh Sihoda Home Dancer menampilkan beberapa kombinasi tari dengan lagu-lagu Simalungun. Seluruh pengisi acara serasa berlomba-lomba untuk memberikan kepuasan kepada penonton dengan berbagai tampilan yang memukau.

Ketua Panitia Joan Berlin Damanik SSi MM dan penanggung jawab Maruli Damanik bersama tim penari Sihoda Home Dancer
Wagner Damanik diabadikan dengan Ketua Panitia Joan Berlin Damanik SSi MM, penanggung jawab Maruli Damanik, dan lainnya
Ketua Panitia Joan Berlin Damanik SSi MM dan penanggung jawab Maruli Damanik dengan peragaan tarian Tor-tor

Salah seorang artis yang dinanti-nantikan yakni Supra Purba Tambak tampil dengan lagu “Ilah Nasiholan” dibalut tarian yang semakin menambah kesakralan lagu tersebut. Tidak sedikit penonton yang secara spontanitas tampil ke depan untuk memberikan saweran. Untuk tembang kedua “Botou Botou”, penonton diajak bergembira sehingga suasana semakin menyenangkan. Dia mengakhiri tembang ketiga dengan “lovely” yang mengajak audience bernyanyi bersama.

Taur-taur dari Sanggar Sihoda yang dibawakan oleh remaja pria Ivan Deo Damanik, remaja putri Jesica br Saragih, dan pemain seruling Riduan Purba menjadi salah satu klimaks dari acara, terlebih kepada penonton yang sudah berumur mengingatkan pada kehidupan di masa lalu. Seorang penonton bergumam salut dan tidak menyangka panitia sampai menyajikan rangkaian acara sebagus ini.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 154/Maret 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 154/Maret 2020

Untuk breaking ice di acara ditampilkan bual pokkalan (standing comedy) yang dibawakan Mardi Purba Dasuha. Penonton dibuat terpingkal-pingkal termasuk di antaranya Anita Martha br Hutagalung.

MC Anca Damanik akhirnya memanggil nama Jhon Ellyaman Saragih. Tepuk tangan gemuruh dari penonton menjadikan suasana malam minggu itu semakin terasa nikmat. Dia langsung membawakan hitsnya “Iluh I Bandara”. Sang idola melanjutkan “Kabar Kabar Angin”. Hampir enam lagu hits dinyanyikan termasuk lagu berirama gembira “Rimbang Pok”. Dia juga mengajak Wagner Damanik yang hadir di acara itu untuk bernyanyi bersama lagu “Elvi”.


Ketua Panitia Joan Berlin Damanik SSi MM didampingi panitia lainnya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan kepada acara itu. Pihaknya berencana mengadakan acara “Senandung Simalungun International”. Maruli Damanik sebagai penanggung jawab juga menyampaikan rasa senangnya akan lagu-lagu Simalungun. “Sudah banyak konser besar yang kita hadiri termasuk Gun and Roses dan Rod Stewart. Namun semua itu masih dikalahkan dentuman nada Simalungun,” ucapnya.

Salah satu acara yang dinanti-nantikan yakni manortor bersama. Hampir seisi ruangan, manortor bersama terlebih setelah dikumandangkan lagu “Sitalasari” dan “Deideng”. Semua larut dalam kegembiraan dan kebersamaan. Di penghujung acara panitia mengumumkan best dress yang diraih salah seorang penonton yakni Joice br Harefa. Penari pria terbaik diraih Panner Damanik dan penari wanita terbaik diraih Asnah br Saragih.


Sebelum acara berakhir, kepada penonton diberikan kesempatan bernyanyi lagu kesukaannya diiringi Raden Saragih dan Doddy Purba. Penonton yang mendapat kesempatan bernyanyi merasa bangga dan senang. Tidak disangka salah seorang penonton adalah artis terkenal Simalungun yakni Intan br Saragih yang melantunkan hitsnya “Soroddni Ranggiting”. Saat dia bernyanyi tidak sedikit penonton yang maju ke depan untuk memberikan saweran.

Akhirnya menjelang tengah malam acara “Senandung Simalungun” Sabtu 14 Maret 2020 yang sukses berkumandang di Convention Hall Siantar Hotel, Jln WR Supratman No 3, Pematangsiantar, Sumatera Utara, berakhir dengan bernyanyi bersama semua pengisi acara dengan lagu “Ida Gambiri” dan acara berphoto bersama. (PR)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel