Sinode Distrik 2018 HKBP Distrik VIII DKI Jakarta: Menghasilkan Keputusan Sebagai Usulan Pada Sinode Godang Kerja HKBP, 08-12 Oktober 2018 Mendatang, di Sipoholon, Tarutung

PUNCAK, DNT News – Tentu masih segar dalam ingatan kita bersama bahwa dalam Sinode Godang HKBP pada 12-17 September 2016 yang lalu, telah diputuskan agar dilakukan Amandemen terhadap Aturan dan Peraturan HKBP tahun 2002 Amandemen II yang berangkat dari ekklesiologi yang tepat.

Hal ini dikatakan Pdt Midian KH Sirait MTh, Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta, pada Pengantar Sinode Distrik 2018 HKBP Distrik VIII dengan acara tunggal Membahas Draft Amandemen III Aturan dan Peraturan HKBP 2002, Selasa 28 Agustus 2018, di Yasmin Hotel, Puncak, Jawa Barat.

“Kita menyambut baik draft Amandemen III Aturan dan Peraturan HKBP tahun 2002. Kita juga mengharapkan seluruh peserta Sinode Distrik, baik dalam kelompok dan pleno, menggumuli draft amandemen tersebut sehingga menghasilkan keputusan bersama sebagai usulan HKBP Distrik VII DKI Jakarta,” katanya.

Sinode Distrik yang diikuti 52 Ressort dalam Distrik VIII HKBP berjalan lancar dan penuh kedamaian. Acara tersebut mengambil Tema: “Membangun dan Menanam dengan Sopan dan Teratur” (Yeremia 1:10c dan 1 Korin 14:40) dan Sub Tema: “Merevitalisasi Pendidikan, Kesehatan, Kepedulian Siosial, dan Pemberitaan Injil.”

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 136/September 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 136/September 2018

Sinode yang berlangsung selama 2 hari tersebut dibagi dalam dua sidang yakni Sidang Kelompok terdiri lima bagian dan Sidang Pleno diikuti seluruh peserta.

Hari pertama, Selasa 28 Agustus 2018, dilakukan Sidang Kelompok. Pertama, membahas Pamonai, Aturan, dan Bagan dengan Ketua Pdt Manuasa Sidabutar SmTh dan Sekretaris Pdt Abednego Sirait STh. Kedua, membahas Peraturan Huria, Ressort, dan Bagan dengan Ketua Pdt Rich Janzoon Simamora STh MM dan Sekretaris Pdt Sabam Sirait MTh. Ketiga, membahas Peraturan Distrik, Pusat, dan Bagan dengan Ketua Pdt Japati Napitupulu STh MPd dan Sekretaris Pdt Pantas Jr Lumbantobing MTh. Keempat, membahas Peraturan Komisi, Tohonan, dan Bagan dengan Ketua Pdt Parlindungan M Tampubolon STh dan Sekretaris Pdt Simon P Sihombing STh. Kelima, membahas Peraturan Rapot, Penutup/Peralihan dengan Ketua Pdt Chrisvandoli Harahap MTh dan Sekretaris Pdt Wilson Saragih STh.

Hari kedua, Rabu 29 Agustus 2018, dilakukan Sidang Pleno dipimpim Pdt Midian KH Sirait MTh didampingi masing-masing Ketua dan Sekretaris Sidang Kelompok dengan membahas hasil dari kelima Sidang Kelompok yang dilakukan sehari sebelumnya.

Melalui pembahasan yang krusial dengan penuh perdebatan, berbagai keputusan dihasilkan pada Sidang Kelompok dan Sidang Pleno. Hasil Sidang Pleno menjadi usulan HKBP Distrik VIII DKI Jakarta yang akan dibawakan pada Sinode Godang Kerja HKBP, Senin-Jumat 08-12 Oktober 2018 mendatang, di Sipoholon, Tarutung.


Selama Sinode Distrik 2018 ini dilakukan empat kali ibadah. Ibadah Pembukaan Pdt Ramlan Hutahaean MTh (pengkotbah), Pdt Leonard Sigalingging MH (liturgist), dan Pdt Kaminter Hutagalung STh (doa syafaat). Ibadah Malam Pdt Manuasa Sidabutar SmTh (liturgist) dan utusan Sinode Distrik (doa syafaat). Ibadah Pagi Pdt Japati Napitupulu MPd (pengkotbah), Pdt Sumihar Sinaga DMin (liturgist), dan Pdt Ridoi Batubara MPdk (doa syafaat). Ibadah Penutupan Pdt Syarif Amsal Pasaribu STh (pengkotbah), Pdt Sawari Togatorop STh (liturgist), dan Pdt Sintong Manalu STh (doa syafaat).

HKBP Sola Gratia Ressort Kayu Mas Jakarta Timur yang merupakan salah satu ressort di Distrik VIII DKI Jakarta mengikutsertakan Pdt Agustinus Nainggolan STh (Pendeta Ressort), St B Siadari SPd (Utusan Sinode Godang), St Ny Sidabutar br Napitupulu (Utusan Ressort dari Sintua), dan Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM (Utusan Ressort dari Jemaat). (TN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel