St. Dr. P.T.D. Sihombing, MSc, SPd dan Gloria R.A. Simanjuntak-Sarumpaet: MENGENANG KOLONEL (TITULER) DS. PAIDO TUA SARUMPAET, B.D. (1910-1983)

JAKARTA, DNT News – Mengenang para dominee merupakan perbuatan mulia. Riwayat hidupnya dapat menjadi cermin hidup bagi para pendeta berikutnya. Melalui perjalanan hidupnya kita pun dapat belajar tentang bagaimana menyikapi lingkungannya, meraih cita-cita, dan melihat watak sebagai manusia insani yang dapat dijadikan sebagai pergumulan hidup.

Atas dasar itulah diterbitkan buku “MENGENANG KOLONEL (TITULER) DS PAIDO TUA SARUMPAET BD (1910-1983)” sub-judul “DALAM BHAKTI PELAYANAN KEPADA GEREJA, BANGSA, DAN NEGARA”. Buku ini merupakan wujud dambaan orang tua untuk menjadi berkat.

Buku ini terdiri dari dua bagian. Bagian kesatu ditulis St Dr PTD Sihombing MSc SPd (Guru Besar Emeritus STT INALTA Jakarta) berisikan “Pengabdian Kepada Gereja, Bangsa, dan Negara” yang merupakan biografi. Bagian kedua ditulis Gloria RA Simanjuntak-Sarumpaet (Anak ke-3 Putri ke-2 Ds PT Sarumpaet) berisikan “In Memoriam Ds PT Sarumpaet: Kecintaan Kepada Keluarga” sajian kenangan bersifat nostalgia yang khusus disajian para anggota keluarga.

St Dr PTD Sihombing MSc SPd yang merupakan penulis dan sejarawan terkemuka warga HKBP, mengalami kesulitan mencari dan mengumpulkan bahan. Karena hampir tak mungkin menemukan saksi hidup yang merupakan comtemporaries (rekan sebaya atau sezaman) dari sang dominee yang ditokohkan di buku tersebut.


Dia mensyukuri adanya sebuah buklet keluarga berjudul “Bethabara: In memoriam Ds Paido Tua Sarumpaet” yang ditulis Mayor Mangubung Sibarani, kemenakan kandung sang dominee. Karena isi buklet berdurasi 80 halaman itu sebagian besar menyangkut berita keluarga yang justru dinyatakan bersifat confidential (rahasia), membuat penulis menggunakannya secara hati-hati dan cermat.

Sebelumnya Gloria RA Simanjuntak-Sarumpaet selalu tersendat-sendat dan terkendala oleh berbagai kesibukan cukup lama dalam penulisan buku ini. Namun dalam pertemuan yang tidak direncanakan dengan penulis kesatu disepakati “harus” menulis buku yang didambakan banyak orang ini.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 137/Oktober 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 137/Oktober 2018

Kolonel (Tituler) Ds Paido Tua Sarumpaet, lahir 28 November 1910, di Silangkitang, Pangaloan, Pahae, Tapanuli Utara. Karier kependetaan dijalani sejak tahun 1940 sebagai Pendeta Ressort HKBP di Pearaja Tarutung merangkap Praeses Distrik Silindung sampai tahun 1968 sebagai Kepala Pendeta Militer dengan pangkat Kolonel Tituler hingga pensiun penuh.

Kembali dalam lingkungan HKBP, tahun 1968-1977 diperbantukan kepada PGI. Tahun 1979-1983 diangkat menjadi dosen dengan jabatan Guru Besar di STT-HKBP Pematangsiantar. Sang dominee ini pernah menerima tanda penghormatan dan jasa berupa Satya Lencana Penegak (1966) dan Bintang Dharma (1969).

Dalam buku ini selain kedua penulis, berkenan memberi Pengantar Editorial Pdt Dr JR Hutauruk (Ephorus Emeritus HKBP), sambutan Pdt Dr PWT Simanjuntak (Ephorus Emeritus HKBP), Pdt Dr Einar M Sitompul (Pendeta Emeritus HBP), Pdt Midian KH Sirait MTh (Praeses HKBP Distrik VIII Jakata Raya), dan Herry Sarumpaet-Op ni Si Christine (Putra Pertama Ds PT Sarumpaet).

Buku ini sangat bermanfaat untuk dibaca, secara khusus diharapkan dapat menjadi sumbangsih kecil kepada “Sejarah Penginjilan Orang Batak Kristen” yang tentu dapat diperkaya para pegiat di bidang kesejarahan Zending di Tanah Batak. Bagi yang ingin memiliki buku ini dapat memesan langsung ke penulisnya, PTD Sihombing dengan HP 0815-7417-3767. (TAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel