THE MA’RUF AMIN WAY “KEADILAN KEUMATAN KEDAULATAN”

JAKARTA, DNT News – The Ma’ruf Amin Way merupakan perspektif zaman now tentang tata kelola ekonomi negara atau praktik ekonomi masyarakat yang berlandaskan prinsip keadilan (ekonomi moral), keumatan (kemitraan), dan kemandirian bagi seluruh elemen masyarakat (redistribusi aset).

Hal inilah yang mendasari Drs Sahala Panggabean MBA dan Dr Anwar Abbas MM MAg menulis buku THE MA’RUF AMIN WAY “KEADILAN KEUMATAN KEDAULATAN”. Mereka dibantu Tim Riset yakni Chandra Saritua MBA, Bayu Winarko MM MBA, Frans Meroga Panggabean MM MBA, dan Iryan Ali Herdiansyah SS.

Buku yang merupakan The New Indonesia Economics Perspective ini meyakini ketiga konsep itu sebagai terobosan untuk “membesarkan yang kecil” dalan ekonomi Indonesia. Buku ini menyajikan praktik dari gagasan tersebut yang dapat menuntun kita menuju kemakmuran bersama. Ketiga konsep itu satu sama lain saling berkaitan untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Penulisan buku ini berisikan gagasan Prof Dr KH Ma’ruf Amin yang disampaikan pada acara Kongres Ekonomi Umat (KEU) yang diselenggarakan MUI tahun 2017 dan dipertajam oleh kedua penulis sebagai pelaku dan penggerak organisasi kemasyarakatan yang memiliki perhatian besar terhadap ekonomi keumatan.

Prof Dr KH Ma’ruf Amin didampingi Drs Sahala Panggabean MBA, Drs Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, dan lainnya meluncurkan buku “The Ma’ruf Amin Way”
Drs Sahala Panggabean MBA Penulis Buku “The Ma’ruf Amin Way” bersama Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM Pemimpin Umum Majalah DALIHAN NA TOLU

Menurut kedua penulis dengan tantangan ekonomi di masa mendatang, ketiga prinsip tersebut masih relevan hingga saat ini. Mereka secara jeli merangkum semua pemikiran yang telah diungkapkan itu ke dalam konsep keadilan, keumatan, dan kedaulatan.

Pertama, Keadilan dengan ekonomi syariah yang memiliki misi bahwa setiap kezaliman harus diperangi. Kedua, Keumatan dengan kerakyatan dimana tata kelola ekonomi pemerintah harus berpihak kepada usaha rakyat. Ketiga, Kedaulatan dengan redistribusi aset dimana usaha ekonomi tidak diperbolehkan hanya dikuasai segelintir orang.

Buku THE MA’RUF AMIN WAY “KEADILAN KEUMATAN KEDAULATAN” berisikan tiga bagian. Diluncurkan Prof Dr KH Ma’ruf Amin, Jumat 01 Februari 2019 pagi, di Smesco Convention Hall, Jln Gatot Subroto Kav 94, Pancoran, Jakarta Selatan.

BAGIAN I: INDONESIA MENUJU 2030. Bab 1: The Miracle of Indonesia Economy. Bab 2: The Big Shift. Bab 3: The Sharia Trends. BAGIAN II: THE MA’RUF AMIN WAY: SEBUAH TEROBOSAN. Bab 4: Ekonomi Berkeadilan. Bab 5: Ekonomi Keumatan. Bab 6: Ekonomi berkemandirian. BAGIAN III: THE MA’RUF AMIN WAY IN ACTION. Bab 7: Cooperative Movement. Bab 8: Pondok Pesantren as Center of Excellence. Bab 9: UMKM Goes Digital.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 141/Februari 2019
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 141/Februari 2019

Buku ini juga diisi dengan Prolog “The Ma’ruf Amin Way sebagai Jalan Kesejahteraan” oleh Drs Sahala Panggabean MBA dan Epilog “Menuju Kemakmuran Bersama” oleh Dr Anwar Abbas MM MAg.

Di buku ini kedua penulis menyebutkan contoh lembaga keuangan mikro sebagai inkubasi bisnis, pondok pesantren dapat menjadi pusat unggulan (center of excellence) di masyarakat, dan ekspansi pasar UMKM melalui digital.

Di sampul belakang buku ini berkenan memberikan semacam testimoni, Drs Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (Menteri Koperasi dan UKM RI), Prof Dr KH Said Aqil Siroj MA (Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama), dan HM Andy Arslan Djunaid SE (Ketua Umum Koperasi Simpan Pinjam Jasa).

Buku ini membawa pesan penting tentang pemikiran ekonomi dalam mengelola ekonomi ke depan. Buku ini sangat komprehensif membahas percikan pemikiran dengan sangat sistematis. Buku ini sangat bermanfaat karena dapat mengisi khasanah pengetahuan dan menjadi referensi tata kelola ekonomi Indonesia yang semakin berkeadilan, keumatan, dan kedaulatan. (HTN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel