Togar Sitorus, SE, MM: Terpilih Menjadi Wakil Wali Kota Pematangsiantar Melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRD Pematangsiantar

SIANTAR, DNT News – Togar Sitorus SE MM akhirnya ditetapkan DPRD Kota Pematangsiantar menjadi Wakil Wali Kota untuk mendampingi Wali Kota Hefriansyah SE MM menjalankan roda pemerintahan periode 2017-2022. Dia meraih seluruh suara dari 29 anggota DPRD yang diberikan hak memilih, sedangkan pesaingnya Rudi Hasudungan Pardede tidak memperoleh suara.

Penetapan Wakil Wali Kota ini dilaksanakan melalui Rapat Paripurna istimewa, Senin 11 September 2017, di Ruang Harungguan DPRD, Jln Adam Malik, Pematangsiantar. Rapat dipimpin ketua DPRD Eliakim Simanjuntak serta wakilnya Timbul Lingga dan Mangatas Silalahi. Pemilihan berjalan dengan lancar secara langsung umum bebas dan rahasia yang disaksikan masing-masing dari fraksi.

Rapat Paripurna DPRD pun mengesahkan hasil pemilihan kemudian Pimpinan DPRD menerbitkan surat keputusan yang diserahkan kepada Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah SE MM untuk disampaikan ke Mendagri melalui Gubernur Sumatera Utara.

Menanggapi kemenangan itu, Togar Sitorus SE MM berjanji akan melaksanakan roda pemerintahan dengan baik secara khusus melanjutkan cita-cita almarhum Hulman Sitorus SE. “Cita-cita beliau tetap hidup bila Wali Kota dan Wakil Wali Kota mampu menerjemahkan dan berjuang sesuai dengan visi dan misi mantap, maju dan jaya. Sebanyak 650 ribu suara masyarakat Kota Pematangsiantar akan kami pertanggungjawabkan,” katanya.

Togar Sitorus SE MM Wakil Wali Kota terpilih (kanan) bersama Hefriansyah SE MM Wali Kota Pematangsiantar

Dikatakannya, dirinya bersama Wali Kota tidak hanya milik masyarakat yang memilih mereka tetapi untuk semua warga Kota Pematangsiantar. Untuk itu selaku Wakil Wali Kota, dia akan segera membantu kepala daerah dalam menyelenggarakan pemerintahan dilandasi hubungan yang harmonis. “Saya siap memberikan saran dan pertimbangan kepada Wali Kota dan akan menjaga hubungan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku sampai habis masa jabatan,” serunya.

Dia juga mengatakan siap membantu Hefriansyah SE MM menyambut pembangunan destinasi wisata di kawasan Danau Toba dengan menjadikan momentum tersebut untuk meningkatkan pembangunan Kota Pematangsiantar. “Silahturhmi harus tetap kita jalin dengan baik sebagai eksekutif, legislatif dan yudikatif,” katanya.

Sebagai informasi, proses pemilihan Wakil Wali Kota ini dilaksanakan DPRD berkaitan dengan meninggalnya Human Sitorus SE. Sebelumnya, almarhum yang berpasangan Hefriansyah SE MM meraih suara terbanyak dari rakyat dengan mengalahkan tiga pasangan lainnya. Karena kematian Hulman Sitorus SE, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan maka yang menggantikannya posisinya sebagai Wali Kota adalah Wakilnya yaitu Hefriansyah SE MM.

Sedangkan jabatan yang ditinggalkan Hefriansyah SE MM digantikan orang lain dalam hal ini Togar Sitorus SE MM sebagaimana usulan dari partai pemenang yaitu Partai Demokrat kepada Wali Kota, dilanjutkan kepada DPRD, dan kemudian ditentukan lewat pemilihan suara terbanyak. (AH)

Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 124/September 2017

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel