Victor M.L. Tobing: Pemimpin Yang Berkarakter dan Transformatif (Character and Transformative Leaders)

JAKARTA, DNT News – PGI (Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia) tidak menjalankan visi-misi pribadi pengurus, tapi visi-misi Kristus. Terutama dalam hal mengakselerasi kegiatan pemberitaan kabar baik atau Amanat Agung melalui gereja-gereja di Indonesia.

Hal ini dikatakan Victor ML Tobing, seorang trainer pengembangan SDM pada Syukuran YPDT yang digelar Jumat 31 Januari 2020, di Sekretariat YPDT, Jln Mesjid Bendungan, Cililitan, Jakarta Timur. Syukuran tersebut atas tugas panggilan baru Pdt Gomar Gultom MTh sebagai Ketua Umum PGI.

Dia mengungkapkan harapannya ini di hadapan Pengurus YPDT (Yayasan Pencinta Danau Toba) dan para tamu undangan lainnya pada percakapan yang dilaksanakan sebelum jamuan kasih, makan siang bersama.

Dikatakannya, kalau ada hambatan umat dalam memberitakan kabar baik, apakah itu gereja aggota PGI atau tidak, PGI harus hadir membelanya. Pembelaan itu didasarkan pada amanat UUD Negara RI Tahun 1945 yakni hak semua warga negara untuk menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

Diabadikan para peserta Syukuran YPDT atas tugas panggilan baru Pdt Gomar Gultom MTh sebagai Ketua Umum PGI
Suasana Syukuran YPDT dengan berbagai diskusi yang disampaikan berjalan penuh keakraban, kekeluargaan, dan sukacita
Syukuran YPDT diisi dengan sesi percakapan tentang permasalahan gereja, lembaga gerejawi, dan lembaga keumatan

“Para pemimpin Kristen jangan bersifat  transactional  leader yang berprinsip reward-punishment (apa untuk saya?). Harus pemimpin yang transformational leader yang menginspirasi pemimpin atau pelayan dan berkarakter seperti Kristus,” katanya.

Menurutnya, kegiatan gereja utamanya di gereja-gereja mainstream cenderung mengutamakan atau fokus pada memperbesar seating capacity (kapasitas dan kenyamanan tempat beribadah), bukan sending capacity (pengutusan/pekabaran Injil) yang seharusnya sebagai peran utama gereja. “Kita berharap agar PGI, melalui pemimpin sinode gereja-gereja anggotanya dapat lebih menggalakkan kegiatan sending capacity yakni memberitakan kabar baik oleh umat gereja-gereja anggotanya,” ujarnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 153/Februari 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 153 Februari 2020

Ketua Umum PGI Pdt Gomar Gultom MTh mengiyakan apa yang dikatakan Victor ML Tobing bahwa yang dijalankannya adalah visi-misi PGI. Dalam responnya, dia menginformasikan bahwa tema tahunan HKBP 2020 adalah “Reposisi Pekabaran Injil/Zending”. PGI bersama-sama lembaga-lembaga keumatan dan sinode-sinode gereja lainnya telah menyelenggarakan seminar nasional dengan tema pokok Pekabaran Injil,” katanya.

Disampaikannya, PGI bersama-sama gereja-gereja di Indonesia menciptakan peran strategis tidak saja internal Kristen tetapi juga dalam kehidupan berbangsa bernegara. Masing-masing warga negara sungguh-sungguh memahami teks kitab sucinya dan konteknya, tidak saja kontek ayat itu tetapi kontek kekiniannya. Perlu pula memoderasi cara berfikir dalam kerangka mengatasi intoleransi dan radikalisme.


“Kalau pun kita perjuangkan adanya Christian Centre di Jakarta, baiklah semua umat Kristen memahami urgensinya. Tidak sekedar memperjuangkan karena saudara-saudara sepupu yang lain sudah memilikinya. Tidak saja dalam kaitan dengan perjuangan keadilan di tengah bangsa ini,” ujarnya.

Pada Syukuran YPDT itu hadir Drs Maruap Siahaan MBA (Ketua Umum YPDT), Ir Sintong M Tampubolon (Ketua Umum BATAK CENTER), Drs Jerry R Sirait (Sekjen BATAK CENTER), Laksma (Purn) Bonar Simangunsong (Ketua Dewan Pembina BATAK CENTER), Mardi FN Sinaga (Ketua Departemen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif YPDT), Pdt Marihot Siahaan STh (Sekretaris YPDT), Arta Peto Sinamo (Sekretaris YPDT), Jhohannes Marbun SS MA (Sekretaris Eksekutif YPDT), Boy Siahaan (Humas YPDT), Try Sarmedi Purba (Tim Litigasi YPDT), Panusunan Simanjuntak, Drs Saut Poltak Tambunan, dan Harli Sibarani. (YAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel