Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul: Bangkitkan Semangat Bibit Pecatur Muda Se-Tapanuli Utara

SIATAS BARITA, DNT News – Kita coba menggalakkan semangat para generasi muda di Tapanuli Utara melalui pertandingan olahraga catur untuk mendapatkan bibit-bibit yang diharapkan dapat menjadi pecatur handal di kemudian hari. Pertandingan ini dilaksanakan sekaligus menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Hal ini dikatakan Pendiri dan Ketua Pembina “Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul” (YNPS) Nelson P Sitompul SE MM pada “Hiburan Penutupan Turnamen Catur Antar Pelajar Se-Tapanuli Utara Serta Penyerahan Hadiah” yang digelar Kamis 15 Agustus 2019 malam, di Area Tugu Raja Toga Sitompul, Desa Sitompul, Kecamatan Siatas Barita, Tapanuli Utara. “Selamat kepada para pemenang. Jika kamu gagal, coba lagi tahun depan,” katanya.

Pada acara tersebut berkenan hadir Muspida Tapanuli Utara yakni Bupati Drs Nikson Nababan MSi, Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat SH, Kapolres AKBP Horas Marasi Silaen MPsi, Dandim 0210/TU Letkol Rico Julyanto Siagian SSos, dan Ketua DPRD Ir Poltak Pakpahan.

Turnamen Catur tersebut diselenggarakan YNPS selama lima hari, Kamis-Senin 08-12 Agustus 2019, di Desa Sitompul memperebutkan trophy, medali, dan uang pembinaan total Rp 39 juta. Turnamen tersebut diikuti 403 pelajar Se-Tapanuli Utara yang terdiri pelajar SD sebanyak 78 orang, SMP 176 orang, dan SMA/SMK 149 orang. Mereka mengasah pikiran dengan permainan strategi pada sebuah papan persegi yang terbagi menjadi 64 kotak.

Dari ki-ka: Pendiri dan Ketua Pembina YNPS Nelson P Sitompul SE MM bersama Muspida Taput yakni Bupati Drs Nikson Nababan MSi, Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat SH, Dandim 0210/TU Letkol Rico Julyanto Siagian SSos, Ketua DPRD Ir Poltak Pakpahan, dan Kapolres AKBP Horas Marasi Silaen MPsi
Dari ki-ka: Keturunan Raja Toga Sitompul yang datang dari berbagai daerah Sarda Sitompul (Depok), Pdt Abednego Sitompul MTh (Medan), Saut Sitompul (Surabaya), Jansen Sitompul SE SH (Jakarta), dan Nathan Sitompul SE (Jakarta)
Pdt Ridoi Batubara STh MPdk (ketiga kanan), Lasmaria Simanjuntak (kedua kanan), dan lainnya pada “Hiburan Penutupan Turnamen Catur Antar Pelajar Se-Tapanuli Utara Serta Penyerahan Hadiah”

Dalam pertandingan dengan 32 buah catur yang terbagi sama rata dalam kelompok warna terang dan gelap itu diterapkan Sistem Gugur Hitam Putih dua babak. Dari babak ini peserta yang tersisa untuk kelompok SD sebanyak 18 orang, SMP 36 orang, dan SMA/SMK 36 orang. Setelah itu dilanjutkan dengan Sistem Swis 5 babak dengan sistem perwasitan Swis Perpec 98.

Hasil pertandingan menghasilkan juara pada setiap kelompok. Kelompok SD Juara I Kristo Panggabean, Juara II Juan Tores Nadapdap, Juara III Adytia Hutauruk, dan Juara Harapan Raja Silaen. Kelompok SMP Juara I Jesminton Gultom, Juara II Fajar Sibarani, Juara III Onesimus Simatupang, dan Juara Harapan Laurenov Lumban Tobing. Kelompok SMA/SMK Juara I Midian Nababan, Juara II Edo Tampubolon, Juara III Carlos Hutagalung, dan Juara Harapan Markus Marbun.

Pendiri dan Ketua Pembina YNPS Nelson P Sitompul SE MM bersama Ketua Umum Hatopan Raja Toga Sitompul Se-Jabodetabek Banten Jansen Sitompul SE SH, dan lainnya larut menikmati hiburan
Style Voice bersama Nelson P Sitompul SE MM dan Jansen Sitompul SE SH menghibur hadirin pada “Hiburan Penutupan Turnamen Catur Antar Pelajar Se-Tapanuli Utara Serta Penyerahan Hadiah”
Nelson P Sitompul SE MM bersama Trio Sitompul Bona Pasogit menyumbangkan lagu menghibur hadirin pada “Hiburan Penutupan Turnamen Catur Antar Pelajar Se-Tapanuli Utara Serta Penyerahan Hadiah”

Para pemenang turnamen ini memperoleh trophy, medali, dan hadiah uang masing-masing Juara I Rp 5 juta, Juara II Rp 4 juta, Juara III Rp 3 juta, dan Juara Harapan Rp 1 juta. Sementara kepada para finalis di setiap kelompok memperoleh pengalungan medali. Pada kesempatan itu Bupati Tapanuli Utara memberikan hadiah kepada para pemenang Rp 5 juta. Kapolres juga memberikan tambahan hadiah Rp 2 juta kepada Raja Silaen Juara Harapan kelompok SD.

Nelson P Sitompul SE MM berharap para pecatur muda ini terus mengasah kemampuan agar bisa berprestasi lebih tinggi di masa mendatang. Sehingga kelak muncul pecatur tangguh baru dari Tapanuli Utara bergelar Master Nasional (MN), Master FIDE (MF), Master Internasional (MI), bahkan Grand Master Internasional (GMI).


Terlihat hadir Ketua Umum Hatopan Raja Toga Sitompul Se-Jabodetabek Banten Jansen Sitompul SE SH serta para keturunan Raja Toga Sitompul yang datang dari berbagai kota seperti Jabodetabek, Medan, Pematangsiantar, Parapat, Pekanbaru, Surabaya, Papua, dan lainnya.

Acara hiburan penutupan Turnamen Catur YNPS tersebut berlangsung sukses dan meriah dengan MC diperankan Hermanto Simanjuntak dan Elisabeth Gultom. Acara menjadi lebih semarak berkat kehadiran artis Batak top Style Voice dari Jakarta, All Artist Taput Mencari Bakat (TMB), Trio Naposo Sipahutar, Trio Sitompul Bona Pasogit, dan lainnya. (TON)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel