Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul bersama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara: Gelar Ajang Pencarian Bakat “Tapanuli Utara Mencari Bakat III”

TARUTUNG, DNT News – Tapanuli Utara Mencari Bakat dari awal didukung dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Tidak ada niat saya sedikitpun untuk menduduki jabatan publik di Tapanuli Utara atau wilayah manapun di NKRI. Saya bukan penyanyi, bukan pemusik, dan bukan komposer. Tapi saya pecinta musik, pecinta lagu-lagu Batak, dan juga pencinta musik klasik.

Hal ini dikatakan Pendiri dan Ketua Pembina “Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul” (YNPS) Nelson P Sitompul SE MM pada Grand Final “Tapanuli Utara Mencari Bakat III” (TMB) yang digelar Jumat 04 Oktober 2019 malam, di Gedung Sopo Partungkoan, Jln Sisingamangaraja, Hutatoruan VI, Tarutung, Sumatera Utara.

“Karena kecintaan saya sama musik, saya sudah ziarah ke makam komposer besar dunia seperti Ludwig van Bethoven dan Wolfgang Amadeus Mozart di Wina Austria, Johann Sebastian Bach di Leipzig Jerman, dan George Frideric Handel di London Inggris,” katanya.

Pembina TMB ini juga menegaskan, dirinya selalu memfasilitasi Alumni TMB untuk menguji kemampuan ke level yang lebih tinggi dengan mengikuti audisi ke level Sumatera Utara dan nasioanl. Seperti artis TMB I Agnes Lumbantobing pernah mengikuti audisi Indonesia Idol di Jakarta.

Pendiri dan Ketua Pembina YNPS Nelson P Sitompul SE MM bersama Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi, Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT, dan lainnya diabadikan dengan para pemenang TMB III
Pendiri dan Ketua Pembina YNPS Nelson P Sitompul SE MM mengucapkan selamat dan menyerahkan hadiah kepada para pemenang TMB III berupa piala dan uang pembinaan
Pendiri dan Ketua Pembina YNPS Nelson P Sitompul SE MM diabadikan dengan para pemenang TMB III setelah menerima hadiah berupa piala dan uang pembinaan

“Pada kesempatan tertentu, artis TMB selalu kita beri kesempatan untuk tampil di berbagai panggung di Jakarta. Untuk ke depan akan tetap kita lanjutkan. Semoga suatu saat Alumni TMB bisa menjuarai ajang lomba tarik suara tingkat nasional,” imbunya.

YNPS menggelar acara ini bersama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) dalam rangkaian menyemarakkan perayaan Hari Jadi Tapanuli Utara ke-74 Tahun. Yayasan yang tidak henti-henti berbuat berbagai kepedulian ini sebelumnya pada tanggal 08-12 Agustus 2019 lalu telah menggelar “Turnamen Catur Antar Pelajar Se-Tapanuli Utara”, di Desa Sitompul, Siatas Barita, Taput.

Pendiri dan Ketua Pembina YNPS Nelson P Sitompul SE MM diabadikan dengan Juara III TMB III Elisabet Opungsunggu dari Kecamatan Sipoholon
Pendiri dan Ketua Pembina YNPS Nelson P Sitompul SE MM bersama Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi, Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat SH, Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen MPsi, dan Panitia TMB III

Acara TMB kali ini untuk melahirkan artis penyanyi berkualitas dari Bona Pasogit merupakan ke III digelar YNPS yang dipandu MC Hermanto Simanjuntak dengan dipanitiai David Sinaga (Ketua), Elisabeth Gultom (Wakil Ketua), Iwan Panjaitan (Sekretaris), dan Roy Simanjuntak (Bendahara). Sebelumnya telah dilakukan TMB I tahun 2015 dan TMB II tahun 2017. Pada TMB ke III ini, YNPS memulai audisi sejak Kamis 19 September 2019 yang diikuti 284 penyanyi. Dari jumlah ini hanya 15 penyanyi yang masuk babak Grand Final.

Dari penilaian Dewan Juri yakni Pdt Boho Pardede, Elisabeth Gultom, Paima Marbun, Sofian Lumbantobing, dan Helga Hutagalung hanya 5 peserta yang berhasil meraih juara dan mendapat hadiah. Juara I Jeanne Duansirik dari Kecamatan Tarutung meraih piala dan uang pembinaan Rp 3 juta. Juara II Solavide Panjaitan dari Kecamatan Siatas Barita meraih piala dan uang pembinaan Rp 2 juta. Juara III Elisabet Opungsunggu dari Kecamatan Sipoholon meraih piala dan uang pembinaan Rp 1 juta. Juara Harapan I Hannes Hutasoit dari Kecamatan Siborongborong meraih piala dan uang pembinaan Rp 500 ribu. Juara Harapan II Ribka Sitompul dari Kecamatan Pahae Julu meraih piala dan uang pembinaan Rp 500 ribu.

Selanjutnya sesuai tradisi YNPS, piala bergilir yang diperebutkan pada setiap ajang TMB diserahkan kepada Juara I TMB III Jeanne Duansirik (Berdarah NTT) yang sebelumnya dipegang Juara I TMB II Sandy Hutabarat.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 149/Oktober 2019
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 149/Oktober 2019

Pada acara Babak Grand Final TMB III ini hadir Drs Nikson Nababan MSi (Bupati Tapanuli Utara), Ir Ben Brahim S Bahat MM MT (Bupati Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah), AKBP Horas Marasi Silaen MPsi (Kapolres Tapanuli Utara), AKBP Sukamat (Kapolres Tapanuli Tengah), Tatang Darmi SH MH (Kajari Tapanuli Utara), Pangeran Sojuaon Pandiangan SHut MM (Tokoh Masyarakat Batak di Kapuas), sejumlah pimpinan OPD Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Kapuas, serta lainnya.

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi sangat mengapresiasi kegiatan TMB ini yang merupakan bagian dari program pengembangan pariwisata di Taput. “Kita lihat, artis-artis TMB merupakan artis yang berbakat dan sudah sangat diperhitungkan,” katanya.



Sementara Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT mengungkapkan, artis TMB sangat luar biasa dengan suara sangat merdu. “Kita akan mengundang pada tanggal 23 Maret 2020 mendatang artis-artis TMB ke Kabupaten Kapuas,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Taput bersama Bupati Kapuas dan hadirin bergembira menggerakkan badan dan turut bernyanyi bersama artis-artis TMB. (AAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel