Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul: Melakukan Bakti Sosial Berbagi “Tali Asih Natal” Bentuk Kepedulian Terhadap Sesama Kepada Warga Desa Sitompul

SIATAS BARITA, DNT News – Saya merupakan anak orang miskin dan kami dulunya tinggal dengan mengontrak rumah di Desa Sitompul ini. Ketika masih duduk di bangku sekolah, saya bekerja memikul pupuk kandang. Setelah tamat SMA tahun 1979, saya berangkat merantau. Saya juga sudah berjanji bila berhasil, saya akan bangun kampung halaman.

Hal ini dikatakan Nelson P Sitompul SE MM, Pendiri dan Ketua Pembina Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul (Yayasan NPS), ketika melakukan bakti sosial berbagi “Tali Asih Natal” sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama kepada warga Desa Sitompul, Jumat 14 Desember 2018, di Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara.

“Selama di perantauan saya selalu berprinsip mengandalkan kekuatan pikiran (mind of power). Karena dengan demikian, kita berkeyakinan semua pasti akan bisa kita capai,” katanya.

Disampaikannya, bakti sosial tersebut dilatarbelakangi oleh kehidupan orang tuanya di tahun 1970-an yang sangat miskin. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun 2004 sebagai komitmen mewujudkan tekadnya sewaktu berangkat merantau meninggalkan kampung halaman.

Nelson P Sitompul SE MM, Pendiri dan Ketua Pembina Yayasan NPS memberikan sambutan pada bakti sosial berbagi “Tali Asih Natal”
Suasana bakti sosial Yayasan NPS berbagi “Tali Asih Natal” sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama kepada warga Desa Sitompul

“Saya merupakan anak ketiga dari pasangan Alm St Gr Toga Sitompul dan Rotua br Hutabarat. Pesan orang tua saya selalu saya ingat. Bila saya berhasil supaya tetap peduli dan harus menolong sesama,” ujarnya.

Nelson P Sitompul SE MM yang juga merupakan Penasihat Hatopan Raja Sitompul Se-Jabodetabek Banten ini mengungkapkan saat ini ingin membangun jalan ke Lobu Panjang. Pembangunan jalan tersebut sudah disetujui oleh masyarakat setempat. Lobu Panjang ini merupakan lokasi makam leluhurnya.

“Kita sebagai orang Batak harus selalu mengenang leluhur. Saya juga sewaktu sekolah sering ke makam ompung di Lobu Panjang. Saya sering menangis di makam ompung karena kehidupan keluarga saya dulu sangat miskin dan selalu mendapat cemohan dari warga kampung,” kenangnya.

Yayasan NPS melakukan bakti sosial berbagi “Tali Asih Natal” kepada 250 warga Desa Sitompul, Siatas Barita, Tapanuli Utara
Nelson P Sitompul SE MM memberikan “Tali Asih Natal” kepada Lansia yang berusia di atas 75 tahun sebagai uang fooding
Nelson P Sitompul SE MM diabadikan dengan anggota majelis dan lainnya ketika memberikan “Tali Asih Natal” di Desa Sitompul

Mula Sitompul, Sekretaris Yayasan NPS, mengatakan bakti sosial ini rutin dilakukan Nelson P Sitompul SE MM untuk kampung halamannya di Desa Sitompul. Ini merupakan bentuk perhatian yang sangat luar biasa dari salah seorang perantau terhadap kampung halamannya.

“Kita bangga dengan sosok Nelson P Sitompul SE MM atas perhatiannya. Selain ini, bentuk perhatiannya sangat luar biasa dimana di Desa Sitompul ini ada didirikan ‘PAUD Moses of Siatas Barita’. Tenaga guru di PAUD ini juga mendapatkan uang insentif masing-masing senilai Rp 5 juta,” ujarnya.

Sementara itu Resman Sitompul, Pengawas Yayasan NPS, mengatakan bantuan tali asih ini jangan dinilai dari harganya tapi lihat ketulusan yang memberinya. Semua ini bentuk rasa kepedulian terhadap sesama.

“Pembagian tali asih ini tidak ada kaitannya dengan pemilihan legislatif (Pileg). Semua ini tidak ada kaitannya dengan politik. Kegiatan ini merupakan agenda rutin dilakukan oleh Yayasan NPS kepada warga Desa Sitompul,” ungkapnya.


Yayasan NPS yang didirikan Nelson P Sitompul SE MM, Penasihat Majalah DALIHAN NA TOLU ini membagikan bingkisan kepada 250 warga Desa Sitompul berisikan daging kerbau, gula, dan uang senilai Rp 100 ribu. Selain itu kepada Lansia yang berusia di atas 75 tahun mendapatkan uang fooding masing-masing Rp 300 ribu.

Terlihat warga Desa Sitompul menyambut penuh sukacita atas kepedulian putra perantau yang memberikan perhatiannya untuk kampung halaman atau bona pasogitnya. (AAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel