Yayasan Pencinta Danau Toba: 15 Menit Kidung Natal 2017 di Siborongborong Kembali Digelar, Jalan Ditutup dan Listrik Dipadamkan

SIBORONGBORONG, DNT News – Pada saat Natal, Senin 25 Desember 2017 malam, di Siborongborong bakal kembali meriah dan khidmat merayakan kelahiran Yesus Kristus dengan mengumandangkan 15 menit Kidung Natal. Selain itu jalan utama akan ditutup dan dialihkan melalui jalan lain serta listrik akan dipadamkan sementara.

Hal ini dikatakan Edward Tigor Siahaan, Ketua Panitia acara “15 Menit Kidung Natal”, Jumat 22 Desember 2017 pagi. Dia menduga acara ini merupakan yang pertama di dunia dan itu dimulai dari kota Siborongborong. “Jikalau ada kegiatan penutupan jalan dan pemadaman lampu di berbagai belahan dunia, sepengetahuan saya biasanya dilakukan pada saat perayaan malam tahun baru atau dilakukan pada saat perayaan hari besar keagamaan lainnya,” katanya.

Lebih lanjut Pengurus Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) Perwakilan Tapanuli Utara ini menjelaskan bahwa acara “15 Menit Kidung Natal” itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan Gerakan Cinta Danau Toba (GCDT) yang digelar oleh YPDT Perwakilan Tapanuli Utara setiap tahun sejak tahun 2015.

Pada 30 Desember 2015 lalu diselenggarakan acara “10 Menit Kidung Natal” didukung oleh PLN, Kepolisian, dan Pemkec Siborongborong. Setahun kemudian atas permintaan masyarakat Siborongborong kembali digelar dengan menambah durasi menjadi “15 Menit Kidung Natal” pada 25 Desember 2016. Pada 2017 ini, masyarakat Siborongborong merasakan acara tersebut semakin bermakna maka kembali bakal semakin meriah karena banyak pihak terlibat secara swadaya.

Dari ka-ki: Edward Tigor Siahaan (Ketua Panitia), Siasep Manalu SE (Camat Siborongborong), Pdt Kancon Nababan (Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran), Pdt Daniel Sitorus Pane (Ketua BKAG Siborongborong)
Drs Maruap Siahaan MBA Ketum YPDT (tengah), Jhohannes Marbun SS MA (Sekretaris Eksekutif YPDT), Boy Tonggor Siahaan (Staft YPDT), dan lainnya pada “15 Menit Kidung Natal” 25 Desember 2016 lalu di Siborongborong

Edward Tigor Siahaan menjelaskan, sebagaimana acara “15 Menit Kidung Natal” tahun sebelumnya, panitia telah bekerjasama dengan beberapa pihak seperti PLN, Kepolisian Sektor Siborongborong, Pemkab Tapanuli Utara, Pemkec Siborongborong, Ikatan Anak Siborongborong (IAS), Generasi Anak Siborongborong (GRASI), Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Kecamatan Siborongborong, serta didukung penuh oleh Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran.

“Pada pukul 21.00 WIB masyarakat dapat menggunakan jalan utama yang ditutup tersebut secara beramai-ramai sambil membawa lilin atau obor. Panitia juga bekerjasama dengan Pemkec Siborongborong untuk memobilisasi masyarakat turun ke jalan utama menuju lokasi acara 15 Menit Kidung Natal di Terminal Siborongborong,” terangnya.

“Sementara itu, Pihak Kepolisian Sektor Siborongborong dibantu Koramil akan menutup sementara jalan utama Siborongborong mulai pukul 19.00-22.00 WIB dan kendaraan dialihkan melalui jalan lain,” sambungnya.

Majalah Bulanan DALIHAN NA TOLU edisi 127/Desember 2017

Sementara itu Pdt Kancon Nababan SmTh (Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran) mengatakan bahwa ia sangat mendukung kegiatan “15 Menit Kidung Natal”. Dia mengajak Pendeta dan Warga HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran untuk menyukseskan kegiatan tersebut dan pada pukul 21.00-21.15 WIB diharapkan membunyikan lonceng di gereja masing-masing.

Pdt Daniel Sitorus Pane STh (Ketua BKAG Kecamatan Siborongborong) juga merespons hal yang sama. “Kami sangat mendukung acara 15 Menit Kidung Natal agar gereja-gereja mengutus jemaatnya, baik pemuda, bapak, ibu, anak-anak, maupun Penatua menghadiri acara tersebut dan menyanyikan Kidung Natal,” ujar Pendeta HKI ini.

Penyelenggaraan GCDT ke-3 tahun 2017 ini meliputi beberapa kegiatan. Pertama, “15 Menit Kidung Natal” pada 25 Desember 2017. Kedua, Seminar “Parenting Pola Asuh Anak Berbasis Budaya Batak” pada 27 Desember 2017 dan kegiatan “Anak Batak Ceria”. Ketiga, “Jelajah Wisata Rohani dan Alam” di Kabupaten Tapanuli Utara pada 26 dan 28 Desember 2017. (SP)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel