BATAK CENTER: Berikan Penghargaan pada Lagu Batak Terpopuler

JAKARTA, DNT News – Di awal tahun 2021 mendatang, BATAK CENTER berencana melakukan suatu kegiatan berupa pemberian penghargaan pada lagu-lagu Batak terpopuler di masyarakat yang diciptakan para Komposer Batak. Ada 3 (tiga) poin penting BATAK CENTER menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Hal ini disampaikan Ketua Umum BATAK CENTER Ir Sintong M Tampubolon pada saat ditemui setelah BATAK CENTER mengadakan rapat terkait rencana tersebut. Rapat itu berlangsung Jumat 04 Desember 2020, di Sekretariat BATAK CENTER, Jln Tanah Abang II, Jakarta Pusat.

Poin pertama, BATAK CENTER ingin mengapresiasi para Komposer lagu Batak yang notabene makin terlupakan. “Banyak Komposer lagu Batak pada 1960-an hingga 1980-an sudah redup namanya dan nyaris tidak dikenal lagi oleh generasi milenial zaman now. Karena itu, BATAK CENTER mau mempopulerkan mereka kembali melalui lagu-lagu Batak terpopuler yang mereka ciptakan,” katanya.

Poin kedua, BATAK CENTER ingin melestarikan lagu-lagu Batak hasil karya Komposer Batak yang luar biasa dengan pendokumentasian melalui audio-visual. “Jadi ada dokumentasi data atas lagu-lagu karya para Komposer Batak tersebut,” ujarnya.

Ketua Umum BATAK CENTER Ir Sintong M Tampubolon memimpin rapat terkait rencana pemberian penghargaan pada lagu Batak terpopuler karya Komposer Batak

Poin ketiga, BATAK CENTER berharap setelah penyelenggaraan kegiatan ini, para Komposer lagu Batak yang saat ini masih hidup (karena ada juga beberapa pencipta lagu Batak sudah tiada) memperoleh manfaat ekonomis. “Misalnya lagunya menjadi pilihan masyarakat Batak ketika mengadakan acara-acara adat, pernikahan, peresmian, ulang tahun, dan sebagainya,” imbuh Ir Sintong M Tampubolon.

Salah seorang Komposer (pencipta) lagu Batak yang turut hadir dalam rapat tersebut, Edison “Aktor Apa Katanya Apa Kau Bilang” Sibuea menjelaskan bahwa dia menyambut baik atas rencana BATAK CENTER tersebut.

“Ini tentu menjadi hal yang positif dan bermakna bagi para Komposer lagu Batak. Saya akan sampaikan gagasan BATAK CENTER ini kepada para Komponis lagu Batak yang cukup banyak saya kenal,” katanya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 161/Desember 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 161/Desember 2020

Sementara itu, Sekretaris Jenderal BATAK CENTER Drs Jerry R Sirait menambahkan, selain ketiga poin yang sudah disebutkan Ketua Umum BATAK CENTER, ada hal lain yang tidak boleh diabaikan.

“Kita (Baca: BATAK CENTER) harus juga memberi perhatian pada karya seni lain. Tahun 2019 BATAK CENTER sudah mengangkat ulos sebagai perhatian untuk dilestarikan dan diantar menjadi warisan dunia yang bakal diakui UNESCO. Tahun 2021 kita akan mengangkat lagu-lagu Batak dan seni musik Batak. Berikutnya kita akan mengangkat seni budaya Batak lainnya, seperti seni pahat, ukiran, gorga, seni tari (tortor), dan alat-alat musik Batak,” ujarnya.


Rapat tersebut dihadiri Ir Sintong M Tampubolon, Drs Jerry R Sirait dan istri, Ir Lambok Sianipar, Freddy FM Pandiangan SE MAP, Jhohannes Marbun SS MA, Ir Joyce Sitompul br Manik, Edison “Aktor Apa Katanya Apa Kau Bilang” Sibuea, Jerry Sibuea, dan Boy Tonggor Siahaan.

Tampaknya kegiatan mempopulerkan lagu-lagu Batak tersebut akan direalisasikan BATAK CENTER di awal tahun 2021. Namun, redaksi dalihannatolunews.com belum memperoleh bocoran dari panitia penyelenggara kapan digelar. (BTS)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel