Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si: Panen Perdana Kentang Seluas 2,5 Ha di Lahan Masyarakat Silando Kecamatan Muara

MUARA, DNT News – Saya semangat melihat hasil produksi pertanian seperti ini. Semangat melihat petani, semangat ketika melihat petani tersenyum memanen hasil pertaniannya. Semangat ketika semua lahan berisi tanaman yang menghijau maupun menguning dan semangat ketika pemerintah dan petani bergandengan tangan memajukan pertanian Tapanuli Utara.

Hal ini dikatakan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi didampingi Kepala Bappeda, Kadis Pertanian. dan Kadis Perikanan ketika melakukan panen perdana Kentang di lahan masyarakat Martohap Aritonang seluas 2,5 ha dengan kualitas bagus dan bobot satu batang menghasilkan 2 kg, Kamis 02 Juli 2020, di Desa Silando Kecamatan Muara.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa disamping produksi besar, juga harus menjaga kualitas dan jaminan bagi konsumen seperti penggunaan pupuk organik. Sehingga hasil pertanian menjadi produk yang paling dicari.

“Sekarang kita coba menggunakan pupuk organik. Di samping menjaga kesuburan tanah, hasil produksinya juga terjamin lebih aman dikonsumsi. Produksi bawang merah memiliki cita rasa (taste) dan aroma tersendiri yang tidak dimiliki daerah lain. Mari kita ciptakan ini menjadi produk unggulan daerah ini,” katanya.

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi melakukan panen perdana Kentang di Desa Silando Kecamatan Muara

Pada kesempatan itu, Bupati Drs Nikson Nababan MSi memberikan motivasi yang sangat besar bagi para petani agar menanam satu jenis tanaman. Sehingga lebih konsentrasi mengurus satu jenis agar produksinya lebih maksimal.

“Fokus daerah ini menghasilkan satu jenis produksi pertanian seperti saat ini kentang. Tahun depan lahan ini kita persiapkan untuk tanaman bawang merah,” ujarnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 156/Juli 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 156/Juli 2020

Martohap Aritonang selaku pemilik lahan memiliki rasa optimis yang besar akan hasil pertaniannya melihat produksi kentang kali ini. Lahannya yang lebih 10 hektar itu memiliki potensi sangat besar dan sangat subur.

“Di kepemimpinan bapak Nikson, saya yakin pertaniannya akan maju. Khususnya di Desa Silando ini, saya yakin bisa menciptakan seperti kesusksesan Berastagi dulu. Desa Silando akan menjadi desa penghasil kentang. Saya yakin ini bisa karena saya lihat bagaimana bapak Bupati sangat getol menciptakan Tapanuli Utara menjadi lumbung pangan” ucapnya.

Sementara tokoh masyarakat Balduin Oppusunggu menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Tapanuli Utara atas perhatiannya yang luar biasa di sektor pertanian ini. (TAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel