Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si: Pendirian Universitas Tapanuli Raya akan Semakin Cepat Terwujud dengan Dukungan DPRD dan Gubernur Sumut

TARUTUNG, DNT News – Terimakasih atas kunjungan kerja Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara. Ini merupakan suatu momentum yang tepat bagi kami untuk menyampaikan usulan pembangunan di Tapanuli Utara terutama sektor infrastruktur jalan seperti jalan penghubung Tarutung menuju Sipahutar, Siborongborong-Sipahutar, Pangaribuan menuju Tapsel, dan beberapa ruas jalan provinsi lainnya.

Hal ini dikatakan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi bersama Ketua DPRD Ir Poltak Pakpahan didampingi Sekda Drs Indra Simaremare MSi ketika menerima kunjungan kerja (Kunker) Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara dipimpin Ketua Komisi H Anwar Sani Tarigan, Kamis 24 September, di Sopo Rakyat Kanopi Rumah Dinas Bupati Taput, Tarutung.

“Pembukaan jalan sebagai interkoneksi antar kabupaten sangat penting. Salah satu dampaknya adalah kabupaten-kabupaten yang ada di kawasan Tapanuli ini akan turut berperan dalam geliat Kawasan Industri Sei Mangke karena jarak tempuhnya singkat. Interkoneksi ini juga akan turut mendukung pariwisata Sumatera Utara. Wisatawan dari Danau Toba akan mudah menuju Nias sehingga menambah waktu berkunjung di Sumatera Utara. Saya yakin dengan kekayaan sumber alam yang kita miliki, Sumatera Utara mampu semakin maju,” katanya.

Bupati berharap dukungan DPRD dalam penetapan kebijakan Pembagian Bagi Hasil yang bersumber dari PT. Inalum serta menyampaikan perlunya optimalisasi keterlibatan Pemerintah Daerah terhadap pengembangan potensi Sarulla Operation Ltd (SOL). “Potensi yang dimiliki oleh SOL perlu semakin dikembangkan dan lebih maksimal lagi dengan melibatkan Pemerintah Daerah. Sehingga lebih mampu mendukung terhadap pembangunan daerah terutama melalui program CSR,” ujarnya.

Bupati Drs Nikson Nababan MSi menerima Kunker Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara dipimpin Ketua Komisi H Anwar Sani Tarigan

Bupati Drs Nikson Nababan MSi juga menyampaikan bahwa saat ini masih terus memperjuangkan pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya yang sudah selayaknya berdiri untuk mengejar ketertinggalan dibandingkan daerah lain. Tapanuli Raya dapat dibangkitkan, salah satunya melalui pendirian Universitas Negeri dengan melibatkan seluruh kabupaten se-kawasan Tapanuli. Selain dapat meningkatkan kualitas SDM, ini akan meningkatkan ekonomi masyarakat termasuk tidak lagi ‘mengeksport’ uang keluar Tapanuli.

“Salah satu kendala yang dihadapi saat ini adalah dibutuhkan transformasi institut negeri yang sudah ada. Para Pemerintah Daerah di Tapanuli dan berbagai pihak telah menyatakan dukungannya untuk pendirian Universitas Negeri ini. Dengan dukungan DPRD Sumatera Utara dan Bapak Gubernur, saya yakin pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya akan semakin cepat terwujud,” ucap Bupati mengakiri sambutannya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 159/Oktober 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 159/Oktober 2020

Pada saat itu Bupati menyerahkan proposal usulan berbagai sektor kepada Ketua Komisi D DPRD Sumatera H Anwar Sani Tarigan.

Dalam sambutan H Anwar Sani Tarigan menyatakan sangat mendukung dan akan turut memperjuangkan atas usulan dan program pembangunan oleh Bupati Tapanuli Utara.

“Harapan saya, kita dari Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara mari bersama-sama dan bekerjasama agar apa yang didambakan Bapak Bupati Tapanuli Utara ini dapat terlaksana pada tahun 2021. Kami dari Komisi D melihat perjuangan dan kinerja Bapak Bupati. Kami terharu melihat kegigihan Bapak Bupati yang terus mendobrak hingga ke Pemerintah Pusat agar anggaran dapat dibawa ke Tapanuli Utara. Semoga cita-cita kita ini dapat tercapai,” kata Tarigan.


Dalam sesi diskusi, Wakil Ketua Komisi D DPRD Sumatera Utara Edi Susanto Ritonga ST menyatakan siap mendukung cita-cita mulia Bupati dalam memajukan Tapanuli Utara termasuk Tapanuli Raya secara global.

“Saya melihat konsep pemikiran Bapak Bupati yang sangat luas sangat pantas untuk kita perjuangkan. Ini sangat super sekali. Konsep pemikiran untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat juga termasuk untuk mencerdaskan masyarakat. Kalau mau memajukan kawasan Danau Toba, mari saling mendukung. Saya juga melihat dengan kemampuan Bapak Bupati dengan konsep pembangunan yang sangat luas. Saya yakin cita-cita yang mulia ini dapat terwujud,” ujar Ritonga.

Pada sesi itu juga, Tangkas Manimpan Lumbantobing sebagai Anggota DPRD Sumatera Utara asal Tapanuli Utara berharap Kunker ini mampu memberikan hasil positif.

“Saya berharap kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dan DPRD Sumut akan mampu memajukan kesejahteraan masyarakat. Saya yakin rekan-rekan sekalian dari Komisi D akan turut membantu Bapak Bupati memperjuangkan program pembangunan Tapanuli Utara ini,” ucap Manimpan. (YAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel