Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si: Perjuangkan Ketahanan Pangan! Kembali Tabur 3.000 Benih Ikan di Kolam Masyarakat Desa Dolok Nauli

ADIANKOTING, DNT News – Kita harus semangat terus untuk melewati musibah yang melanda saat ini. Apabila corona ini berkepanjangan minimal masyarakat Tapanuli Utara tidak akan kelaparan. Kita siapkan ketahanan pangan. Kiata telah programkan pengadaan ternak dan bibit ikan, mudah-mudahan mencukupi kebutuhan masyarakat. Salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan tersebut harus terlebih dahulu mempersiapkan kandang ataupun kolam.

Hal ini dikatakan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi didamping Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Longgos Pandiangan dan beberapa pimpinan OPD serta Camat Adiankoting Junjungan Silaban dalam arahannya ketika kembali menabur benih ikan mas dan ikan nila sebanyak 3.000 ekor di kolam kelompok tani Satahi Saoloan, Rabu 01 Juli 2020, sore di Desa Dolok Nauli Kecamatan Adiankoting.

Di lokasi sekitar 1,5 hektar dengan 12 kolam ikan tersebut, Bupati memberikan bantuan pakan ikan sebanyak 2 sak kepada kelompok tani.

Bupati mengajak agar masyarakat semakin bergairah dalam beternak dan budidaya ikan air tawar. “Kita sudah surplus padi dan tanaman hortikultura. Namun untuk daging, telur, dan ikan, kita masih memasok dari luar Tapanuli Utara. Untuk mendukung swasembada daging dan ikan tersebut, kita targetkan agar secepatnya memiliki pabrik pakan ternak/ikan sehingga biaya produksi peternakan akan lebih murah,” katanya.

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi kembali menabur benih ikan mas dan ikan nila sebanyak 3.000 ekor di kolam kelompok tani Satahi Saoloan
Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi memberikan bantuan pakan ikan sebanyak 2 sak kepada kelompok tani Satahi Saoloan di Desa Dolok Nauli
Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi memberikan bantuan pakan ikan sebanyak 2 sak kepada kelompok tani Satahi Saoloan di Desa Dolok Nauli

Bupati Drs Nikson Nababan MSi memberikan gambaran agar masyarakat semakin gigih berupaya sehingga bisa mandiri dan berdikari pada masa Covid-19. Dia juga menjelaskan arah pembangunan kedepannya termasuk beberapa pembangunan yang tertunda akibat refocusing dan relokasi anggaran serta memastikan bahwa pembangunan tidak hanya terpusat di Tarutung dan Siborongborong.

“Pembangunan di Tapanuli Utara kita terapkan dan dilaksanakan berdasarkan dengan data yang detail. Kita tetap berupaya agar kerjaan semakin baik termasuk menyelesaikan target pembangunan yang belum tercapai,” ujarnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 156/Juli 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 156/Juli 2020

Parlindungan Lumbantobing perwakilan kelompok tani mengatakan merasa sangat bahagia atas berbagai kunjungan dan perhatian Bupati ke daerah tersebut. “Beberapa bulan lalu Bapak meresmikan jembatan dan sekarang sudah turun lagi untuk memberikan bantuan bibit ikan. Semoga Bapak Bupati semakin diberikan anugerah dan panjang umur oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” katanya.

Bapak Sinaga sebagai Kepala Desa Dolok Nauli juga mengucapkan terima kasih atas respon cepat dari Bupati untuk mendukung upaya budidaya ikan tawar di desanya. “Kami yakin Bapak akan selalu memperhatikan pembangunan hingga pelosok desa di Tapanuli Utara,” ujarnya. (MAR)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel