Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si: Pimpin Rapat Progres Sensus Penduduk Online Tahap II

TARUTUNG, DNT News – Sensus penduduk ini sangat penting karena data ini menjadi dasar kebijakan dalam pembangunan, baik pembangunan infrastruktur maupun perencanaan tata kelola sumber daya manusia dan juga sebagai dasar alokasi anggaran dari tingkat desa hingga Kabupaten.

Hal ini dikatakan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi ketika memimpin rapat progres sensus penduduk online melalui zoom meeting yang diikuti seluruh Camat, Lurah, dan Kepala Desa se-Kabupaten Taput, Kamis 01 Oktober 2020, di Sopo Rakyat, Kanopi Rumah Dinas Bupati Taput, Tarutung.

Pada rapat tersebut, Bupati didampingi Asisten II Osmar Silalahi dan Kepala BPS Tapanuli Utara Ester Sitorus.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa Camat dan Lurah menjadi kunci keberhasilan sensus ini. Keberhasilan pada sensus ini berarti berhasil untuk verifikasi keabsahan masyarakat Tapanuli Utara. Ini sangat penting dalam pembangunan dan alokasi anggaran dari tingkat desa hingga Kabupaten.

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi memimpin rapat progres sensus penduduk online melalui zoom meeting diikuti seluruh Camat, Lurah, dan Kepala Desa se-Kabupaten Taput

“Ada prosedur pelaksanaan yang harus kita laksanakan. Tolong dikerjakan dengan maksimal. Seluruh penduduk harus tercatat sehingga dana perimbangan sesuai dengan jumlah dan kondisi penduduk,” ujarnya.

Pada akhir sambutannya, Bupati Drs Nikson Nababan MSi berharap agar pada masa mendatang, sensus itu dapat ditingkatkan ke bidang lain. “Ke depan kita harus bisa ke bidang lain, seperti sensus pertanian. Ini akan lebih efektif dan efisien dalam prioritas pembangunan yang langsung menyentuh masyarakat,” pungkasnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 159/Oktober 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 159/Oktober 2020

Hingga hari Kamis 01 Oktober 2020, progres sensus penduduk online tahap II ini masih mencapai 87,7 persen atau 266.325 jiwa.

Adapun data yang harus diperoleh adalah penduduk yang tinggal dan ber-KTP di dusun yang sama, penduduk yang tinggal di dusun tetapi bukan ber-KTP setempat, penduduk yang sudah pindah atau keluar, penduduk yang meninggal, dan memastikan jenis kelamin yang tinggal di dusun tersebut. (TAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel