Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si: Resmikan Rumah Pembibitan Kemenyan di Dusun Tornauli Kecamatan Parmonangan

PARMONANGAN, DNT News – Ini suatu kebanggaan bagi saya. Masyarakat bisa berpikir kreatif dan inovatif. Mudah-mudahan ini bukan hanya seremonial, tetapi harus berhasil dan berkembang. Harus ada ungkapan ‘cari kemenyan… Datanglah ke Tornauli’. Sebagai permulaan, kami Pemkab Taput pesan 20.000 batang bibit kemenyan untuk tahun depan untuk dibagikan ke kecamatan lain dan akan ditampung anggarannya.

Hal ini dikatakan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi ketika bersama Anggota DPRD Taput Ombun Simanjuntak dan Maradona Simanjuntak serta beberapa Pimpinan OPD meresmikan Rumah Pembibitan Kemenyan, Rabu 12 Agustus 2020, di Desa Manalu Dolok, Dusun Tornauli, Kecamatan Parmonangan.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa persoalan tanah adat ini Perdanya sudah diproses dan akan ada lagi Perbupnya baru bisa digarap. Pihaknya akan mengatur sesuai kebutuhan dan asas keadilan.

“Saya juga melihat gunung di sekitar sini agak gundul. Tolong ditanami kembali. Ini akan longsor karena kemiringannya. Ini kebutuhan kita bersama, keselamatan bersama, tolong diremajakan. Sudah diambil kayunya, diganti lagi,” katanya.

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi meresmikan Rumah Pembibitan Kemenyan, Rabu 12 Agustus 2020, di Desa Manalu Dolok, Dusun Tornauli, Kecamatan Parmonangan

Bupati Drs Nikson Nababan MSi menyampaikan bahwa pihak keamanan agar lebih memperhatikan kesepakatan antara pengusaha dan pemilik lahan. Harus ada penanaman kembali ketika kayunya diambil.

“Kita harus sadari, gunung gundul itu bisa membuat banjir, longsor, dan juga kekeringan. Kita yang dirugikan. Kita yang merasakan akibatnya. Jadi, harus kita yang mengantisipasi itu. Pastikan pengusaha sudah bawa bibit baru. Ini untuk kepentingan kita bersama,” ujar Bupati mengakhiri.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 157/Agustus 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 157/Agustus 2020

Pada kesempatan itu, Anggota DPRD Taput Ombun Simanjuntak dan Maradona Simanjuntak menyampaikan terima kasih atas kebersamaan masyarakat adat Tornauli dan terima kasih atas kesigapan Bapak Bupati dan mengeluarkan usulan Perda tentang masyarakat adat ini.

“Untuk pengembangan bibit kemenyan ini juga, kami sangat berharap perhatian pemerintah untuk seterusnya. Terima kasih kehadiran bapak Bupati,” ujar Maradona.


Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Roganda Simanjuntak menyampaikan rasa terima kasih karena ini merupakan cita-cita masyarakat Tornauli untuk melestarikan kembali tanaman kemenyan yang sejak dulu adalah tanaman yang menghidupi masyarakat setempat. “Terima kasih atas perhatian Bapak Bupati yang begitu besar kepada masyarakat adat Tornauli. Ini juga sudah disampaikan kepada Menteri Lingkungan Hidup. Diharapkan Rumah Pembibitan Kemenyan bisa memasok bibit untuk wilayah kawasan Danau Toba,” katanya.

Kepala Desa Manalu Dolok, Pardomuan Manalu mengatakan bahwa pertemuan tersebut merupakan kerinduan masyarakat Tornauli kepada pak Bupati. “Terima kasih pak. Selanjutnya kami berharap ke depan kami tetap difasilitasi, khususnya masyarakat adat Tornauli,” ujarnya. (TAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel