Drs. Nikson Nababan, M.Si: Jadilah Pelopor Mandiri Mewujudkan Visi Misi Kabupaten Tapanuli Utara Menjadi Lumbung Pangan

SIPOHOLON, DNT News – Visi misi Taput menjadi lumbung SDM, lumbung pangan, dan tujuan wisata harus kita capai. Untuk ternak seperti ayam, telur, jangan sampai minus. Apalagi ikan tawar keramba Danau Toba sudah berkurang hampir 90 persen yang mengakibatkan kebutuhan akan ikan tawar semakin menipis.

Hal ini dikatakan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan beserta Muspika Kecamatan Sipoholon dalam acara Pembagian Benih Ikan pada Kelompok Perikanan, Rabu 28 Juli 2021, di Balai Benih Ikan (BBI) Silakitang, Kecamatan Sipaholon.

“Maka dari itu, inilah kesempatan yang baik buat kita agar BBI yang sudah dibangun dari tahun 2016 diharapkan tiap tahun harus berproduksi” katanya.

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi dalam acara Pembagian Benih Ikan pada Kelompok Perikanan, di Balai Benih Ikan (BBI) Silakitang, Kecamatan Sipaholon

Jenis-jenis benih ikan yang diberikan adalah ikan mas, nila, lele, dan juga pemberian pakan ikan. Totalnya ada kurang lebih 15.000 ekor. Warga yang menerima benih ikan antara lain adalah Kelompok Perikanan Desa Sitompul Kecamatan Siatas Barita.

Pembudidaya Ikan individu antara lain dari Kecamatan Adian Koting adalah Desa Pancur Batu, Kecamatan Tarutung adalah Desa Jambur Nauli dan Hutapea Banuarea, Kecamatan Siatas Barita adalah Desa Sitompul, Kecamatan Siborongborong adalah Desa Paniaran, serta Kecamatan Sipoholon adalah Desa Sipahutar dan Keluarga Situmeang Habinsaran.

Cover Depan DALIHAN NA TOLU
Edisi 169/Agustus 2021
Cover Belakang DALIHAN NA TOLU
Edisi 169/Agustus 2021

Bupati Drs Nikson Nababan MSi berharap agar warga penerima benih dan pangan ikan tawar ini, jadilah pelopor. Bila sudah terima bibit, kiranya bisa memproduksi bibit juga. Agar APBD bisa dibagi juga untuk pembangunan jalan, sekolah, dan hal penting lainnya untuk kemajuan Tapanuli Utara.

“Saya berharap penerima bibit menjadi sejahtera. Kepada Dinas Ketapang diharapknan memberi penyuluhan kepada warga penerima bibit agar bisa bikin pakan sendiri dan produksi sendiri. Jadilah pelopor mandiri mewujudkan visi misi Kabupaten Tapanuli Utara menjadi lumbung pangan. Kita harus bersatu padu membangun Tapanuli Utara,” ujar Bupati mengakhiri. (MAR)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel