Drs. Nikson Nababan, M.Si: Luar Biasa Panen Perdana Penangkar Benih Bawang Merah Hasil 25 Ton per Hektar

MUARA DNT News – Saya selalu fokus bagaimana masyarakat Tapanuli Utara bisa jadi pelopor. Petani menjadi pelopor. Di era keterbukaan informasi dan media sosial, persaingan sudah semakin ketat dan terbuka. Dengan terpublikasi hasil seperti ini, pembeli bisa langsung melakukan permintaan.

Hal ini dikatakan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi bersama Kepala BPS Tarutung Ester Sitorus didampingi Kadis Pertanian Sey Pasaribu, Kadis Ketahanan Pangan Longgos Pandiangan, Camat Muara, dan beberapa Pimpinan OPD lainnya ketika melakukan panen perdana “Penangkar Benih Bawang Merah” Kelompok Tani Taput Hebat dengan hasil 25 ton per hektar, Senin 25 Januari 2021, di Huta Lontung Kecamatan Muara.

Dalam panen perdana tersebut, pihak BPS langsung melakukan ubinan untuk mengetahui jumlah produksi per ton dengan lahan bawang merah seluas 2,5 x 2,5, dipanen, dikopek, dan langsung ditimbang.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa hasil yang langsung diubin pihak BPS menghasilkan angka produksi 25 ton per hektar. “Saya semakin semangat karena petani bisa tersenyum dengan hasil seperti ini. Dengan hasil konsisten seperti ini, kita pasti bisa surplus,  katanya.

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi melakukan panen perdana “Penangkar Benih Bawang Merah” Kelompok Tani Taput Hebat dengan hasil 25 ton per hektar

Kepala BPS Tarutung Ester Sitorus mengatakan sangat bangga dengan ubinan karena hasilnya sungguh luar biasa. “Tugas kami mencari data dan mengolahnya sebagai bahan kebijakan Bupati Taput dalam membangun daerah kita ini,” ujarnya.

Kelompok Tani Tapanuli Utara Hebat Huta Lontung Penangkar Benih Bawang Merah Bersertifikat Desa Hutalontung Kecamatan Muara seluas 0,4 hektar varietas Bima Brebes dengan pemilik lahan Edo Rajagukguk.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pertanian Sey Pasaribu menyampaikan bahwa besarnya perhatian Bupati Taput ke sektor pertanian, baik berupa bantuan bibit maupun pengolahan lahan dan alsintan telah menaikkan produktivitas petani. Salah satunya hasil dari penangkar benih bawang merah ini bisa mencapai 25 ton per hektar. Di Siarangarang juga telah dibuat penangkar benih bawang merah seluas 2 hektar.

Cover Depan DALIHAN NA TOLU
Edisi 163/Februari 2021
Cover Belakang DALIHAN NA TOLU
Edisi 163/Februari 2021

Mewakili masyarakat, Tigor Rajagukguk menyampaikan rasa haru dan bangga atas hasil yang telah diperoleh. “Terimakasih pak Bupati, produksi bawang merah sudah semakin bagus di Muara. Begitu besar perhatian pemerintah dan kami juga sangat mengharapkan terus perhatian bapak. Terimakasih pak Bupati,” katanya.

Kepala Desa Huta Lontung, Rommel Rajaguguk juga mengatakan bangga dengan pak Bupati yang tidak henti-hentinya memberikan perhatian kepada rakyat kecil. Langsung turun ke lokasi pertanian dan memberikan motivasi luar biasa kepada petani. “Terimakasih perhatian yang luar biasa dan membuat kami semangat bekerja dan turun ke masyarakat,” ujarnya.


Sementara PPL Kecamatan Muara, Lenni Purba PPL menyampaikan kesiapan mewujudkan Taput sebagai lumbung pangan. “Kami tetap melakukan yang terbaik seperti pak Bupati, yang tidak henti-hentinya memotivasi masyarakat dengan segala bantuan di sektor pertanian dan turun langsung memberikan semangat. Penangkar bawang merah ini telah bersertifikat dan sudah kita buat juga di tempat lain,” ucapnya.

Seusai panen perdana, Bupati Drs Nikson Nababan MSi langsung mengadakan diskusi dengan para petani membicarakan bibit yang akan dibantu pemerintah, Alsintan yang dibutuhkan, dan infrastruktur lainnya. Melalui interaksi langsung melalui tanya jawab, masyarakat petani Huta Lontung langsung menyampaikan hal-hal yang masih perlu dilakukan pemerintah. (TAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel