Drs. Nikson Nababan, M.Si: Narasumber Seminar HKBP Paparkan Topik “Sadar Wisata Bagi Masyarakat”

SIBORONGBORONG, DNT News – Saya sangat apresiasi acara seminar ini dengan topik yang sangat menarik. Kolaborasi yang sangat baik antara pemerintah dan gereja dalam mewujudkan visi mewujudkan Taput sebagai lumbung pangan dan daerah tujuan wisata.

Hal ini disampaikan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi dalam paparannya topik “Sadar Wisata Bagi Masyarakat” dalam seminar HKBP dengan topik “Leadership & Mission for Tourism dengan Pilot Project Agrowisata berbasis Integrated Farming”, Senin 26 Juli 2021, di Aula Jetun Silangit, Kecamatan Siborongborong.

“Saya juga sangat berharap kolaborasi kita awali dari hal hal kecil. Bagaimana HKBP menggerakkan jemaat sebagai pelaku wisata dalam hal kecil seperti membersihkan irigasi yang tersumbat di lingkungan rumahnya dan membabat rumput di sekitar pekarangan rumahnya,” katanya.

Pada kegiatan itu, Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi bersama Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar didampingi Staf Ahli Administrasi Umum Donna Situmeang, Kadis Pertanian Sondang Ey Pasaribu, dan beberapa Pimpinan OPD terkait.

Drs Nikson Nababan MSi memapararkan topik “Sadar Wisata bagi Masyarakat” dalam seminar HKBP topik “Leadership & Mission for Tourism dengan Pilot Project Agrowisata berbasis Integrated Farming”

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa agrowisata ini  menjadi triger bagi Tapanuli Utara karena Danau Toba tidak bisa sendiri. Untuk itu harus memiliki hal menarik lainnya untuk dikunjungi wisatawan.

“Wisatawan datang, ada Danau Toba yang ingin dinikmati, ada laut di Nias dan kita ciptakan agrowisata yang menarik. Dalam waktu dekat, kita akan ciptakan Agrowisata Nenas di Kecamatan Sipahutar. Kita sudah rencanakan itu. Tiap kecamatan one village one product,” ujarnya.

“Di samping agrowisata sebagai triger, kita juga bergerak di dunia pendidikan. Mendidik secara formal sudah ada Paud/TK, SMP, SMK. Tinggal usaha kita bagaimana ada universitas ada di sini. Ini juga menjadi triger (pemicu) untuk kemajuan Taput secara cepat,” sambungnya.

Cover Depan DALIHAN NA TOLU
Edisi 169/Agustus 2021
Cover Belakang DALIHAN NA TOLU
Edisi 169/Agustus 2021

Sebelumnya Bupati Drs Nikson Nababan MSi sudah memaparkan apa itu agrowisata dan sadar wisata. Agrowisata adalah aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian atau fasilitas terkait yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Agrowisata memiliki beragam variasi, seperti wisata petik buah, memberi makan hewan ternak, dan lainnya.

Sementara sadar wisata adalah sebuah bentuk partisipasi serta dukungan masyarakat dalam mendorong iklim yang kondusif terhadap tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di suatu wilayah.

Pada kegiatan tersebut hadir juga narasumber lainnya Pdt Dr Enig S Aritonang, Pdt Andar G Pasaribu, Direktur BPODT Jimmy B Panjaitan, dan Kepala House of Bread Dr Imam Santoso.

Setelah itu, acara dilanjutkan penanaman pertama pohon berbuah, bibit jeruk di lokasi Agrowisata sebagai Pilot Project, Jetun HKBP. (TAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel