Ketua Dekranasda Taput: Bazar Pasar Murah Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Wilayah Tapanuli Utara

TARUTUNG, DNT News – Saya mengapreasiasi kerja keras seluruh panitia pelaksana Bazar ini sekaligus membantu meringankan beban ibu rumah tangga. Paling utama diperhatikan adalah bahwa yang ditampulkan adalah benar-benar produk UMKM lokal. Disebut pasar murah harus ada pembanding, sehingga harganya mampu bersaing. Asosiasi UMKM harus melakukan survey pasar dan juga berikan kemurahan lainnya agar masyarakat semakin terbantu.

Hal ini dikatakan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tapanuli Utara Satika Simamora SE MM ketika membuka pelaksanaan Bazar Pasar Murah Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Wilayah Tapanuli Utara, Jumat 18 Desember 2020, di depan Gedung Kesenian Sopo Partungkoan, Jln Sisingamangaraja, Tarutung.

Selain memberikan apresiasi, dalam sambutan Ketua Dekranasda juga memberikan beberapa masukan untuk kemajuan UMKM lokal.

“Produk harus diperhatikan kualitasnya sehingga mampu menimbulkan kesan pertama yang enak, konsumen akan selalu mencari produknya. Semoga UMKM kita semakin maju apalagi Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah sudah memberikan berbagai bantuan. Itu sebagai modal awal dan modal utama untuk bangkit kembali berkarya,” katanya.

Ketua Dekranasda Tapanuli Utara Satika Simamora SE MM membuka pelaksanaan Bazar Pasar Murah UMKM Wilayah Tapanuli Utara

Ketua Dekranasda juga mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai produk UMKM terutama karya kearifan lokal. “Bukan tidak menghargai produk daerah lain, tapi kita harus turut mempromosikan produk lokal sendiri. Mari mulai dari diri kita sendiri. Apabila UMKM kita semakin berkembang, maka kedepannya upaya seperti ini akan semakin kreatif karena masih banyak karya UMKM kita yang dapat ditampilkan termasuk berbagai kuliner,” ujarnya.

Pada akhir sambutannya Satika Simamora SE MM mengatakan bahwa panitia dan pengunjung harus memperhatikan protokol kesehatan dengan 3M, agar terhindar dari Covid-19 dan tetap sehat terutama jelang Natal dan Tahun Baru.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 161/Desember 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 161/Desember 2020

“Saya juga berpesan agar seluruh UMKM harus kompak, Bersatu dan bersaing secara sehat. Hilangkan perbedaan pendapat dan pilihan pada masa lalu. Jangan saling memburukkan. Harus saling mendukung sehingga semuanya bersinar maka UMKM kita akan semakin maju,” pungkasnya.

Seusai persembahkan 2 tembang yang salah satunya merupakan ciptaannya sendiri yang berjudul “Malumma”, Satika Simamora SE MM juga membagikan bingkisan ‘manis’ berupa gula kepada ratusan pengunjung yang hadir masing-masing menerima 1 kg gula pasir.


Kepala BPD Bonggas Pasaribu mewakili Pimpinan OPD yang hadir pada kesempatan tersebut mengharapkan para pelaku UMKM tetap semangat untuk menampilkan karya terbaik. “Bukan hanya daerah kita saja, seluruh dunia tertimpa pandemi Covid-19, tetap semangat berkreasi, Pemerintahan Bapak Bupati Drs Nikson Nababan MSi bersama seluruh jajarannya akan mendukung UMKM demi peningkatan perekonomian,” ujarnya.

Dengan penjagaan ketat oleh panitia yang dibantu petugas Satpol PP untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan, tampak antusiasme masyarakat Tarutung untuk mengunjungi Bazar Pasar Murah Asosiasi UMKM Tapanuli Utara tersebut.

Ketua Asosiasi UMKM wilayah Tapanuli Utara Deddy Lumbantobing menyampaikan bahwa pelaksanaan pasar murah di Tarutung akan dilaksanakan selama 2 hari hingga hari Sabtu 18 Desember 2020 pada tempat yang sama. (AAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel