Ketua Umum BATAK CENTER Ir. Sintong M. Tampubolon: Tantangan Berat Bagi Kepala Daerah di Sumatera Utara adalah Mempersiapkan SDM

JAKARTA, DNT News – Tantangan berat ke depan bagi para bupati dan walikota di Sumatera Utara adalah mempersiapkan SDM (Sumber Daya Manusia). Karena itu, BATAK CENTER akan menjalin kerjasama dengan para bupati dan walikota tersebut untuk mempersiapkan SDM. Pembangunan di Sumut akan semakin berat dengan adanya kemajuan di berbagai bidang.

Hal ini dikatakan Ketua Umum BATAK CENTER Ir Sintong M Tampubolon dalam acara Webinar Lapo Zoom yang diselenggarakan BATAK CENTER dengan topik “Gagasan BATAK CENTER Pasca Pilkada 2020 dan Pandemi Covid-19” pada akhir November 2020 lalu sebagai poin-poin kepada seluruh Kepala Daerah di Sumut, baik yang baru terpilih maupun yang masih menjabat.

“Karena itu, kita harus memiliki SDM berkualitas yang mampu mengikuti kemajuan tersebut dan semakin tingginya daya saing yang akan dihadapi,” katanya.

Muncul pertanyaan baginya. Apakah hal ini dapat ditangkap oleh para bupati dan walikota yang terpilih nanti? “Inilah masalah utama yang harus dapat dijawab oleh mereka. Apalagi di era kemajuan teknologi dan informasi yang makin pesat ini memaksa kita harus terus-menerus meningkatkan kualitas SDM tersebut,” ujarnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 161/Desember 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 161/Desember 2020

Dalam hal inilah, BATAK CENTER ingin mengajak para bupati dan walikota yang baru menduduki jabatannya ini mempersiapkan SDM masyarakat bona pasogit yang inspiratif, kreatif, dan inovatif. Menurutnya, hanya negara yang memiliki kreativitas dan inovasi yang akan maju pesat dan mampu bersaing dengan negara lain. Dia mencontohkan Tiongkok yang mampu meningkatkan perekonomiannya hingga dua digit, sehingga mereka mampu menemukan ribuan paten.

“Bagaimana dengan kita sebagai orang-orang Batak ini? Apakah kita mampu mencontoh Tiongkok? Nah, inilah yang ingin dititipkan BATAK CENTER kepada para kepala daerah tersebut. Mereka setidaknya menjadi pemimpin yang memiliki idealisme untuk membangun daerah masing-masing,” tegasnya.


Ir Sintong M Tampubolon yang juga Ketua Umum Forum Peduli Bona Pasogit (FPBP) ini berharap agar kepala daerah di Sumut ini jangan hanya menjalankan tugas, tetapi mampu berbuat sesuatu dalam membangun daerahnya. Sehingga ada yang dapat dipetik generasi berikutnya dari melihat kiprah mereka. Idealisme mereka itulah yang dapat diwariskan kepada generasi berikutnya.

Dalam hal pembangunan pariwisata di Kawasan Danau Toba, dia menegaskan bahwa ada baiknya para bupati dan walikota yang terkoneksi dengan pariwisata tersebut bersinergi dalam pengelolaannya. Jadi masing-masing daerah dapat saling terkait dan tidak berjalan sendiri-sendiri.

“Pariwisata Danau Toba tidak hanya berada di tujuh kabupaten kawasan Danau Toba, tetapi juga terkoneksi dengan bona pasogit lainnya. Seperti Tapanuli Selatan, Sibolga, Pematangsiantar, dan lainnya di mana daerah-daerah tersebut juga memiliki destinasi wisata yang menarik,” ucapnya.


Ir Sintong M Tampubolon yang merupakan mantan Anggota DPR-RI Partai Golkar selama 4 periode ini menambahkan bahwa pariwisata Danau Toba tidak hanya bicara soal keindahan alam Danau Toba di mana setiap orang mengaguminya. Ada hal lain yang lebih spesifik, misalnya Kopi Lintong yang beraroma kemenyan.

“Kopi Lintong dari Humbang Hasundutan ini selain dapat dinikmati kopinya oleh para turis asing dan lokal, juga perkebunan kopinya dapat menjadi destinasi wisata yang menarik. Aroma kemenyan di Kopi Lintong inilah yang unik dan kemenyan itu sendiri pun bermanfaat bagi kita,” urainya.

Hal yang sama juga disampaikannya tentang kopi Sidikalang dengan aroma khas nilamnya. Di Karo pun ada hal sepesifik seperti buah-buahan, bunga-bungaan, dan sebagainya. “Tentunya di tempat-tempat lain pun di bona pasogit pasti ada hal-hal yang spesifik. Hal spesifik seperti inilah yang perlu kita kembangkan,” pungkasnya. (BTS)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel